Cara Mengatasi Game Not Responding

Apakah kamu baru saja membeli sebuah game, mengunduhnya kemudian memasangnya di komputer kamu?

Jika itu adalah game yang sudah kamu ingin mainkan dari dulu, tentu kamu tidak sabar untuk memainkannya.

Namun apa jadinya jika tiba-tiba game tersebut tidak dapat berjalan di komputer kamu? Hang, Freeze, dan Not responding.

Game yang tidak dapat berjalan di komputer memang sebuah hal lumrah, karena setiap game membutuhkan spesifikasi minimum yang berbeda-beda.

Berbeda dengan game konsol yang sudah pasti dapat berjalan pada konsol targetnya.

Jadi sebenarnya, apa yang terjadi? Mengapa sebuah game tidak dapat berjalan di komputer kamu? Mengapa ada pesan Not responding?

Beberapa cara dibawah ini mungkin dapat mengatasinya.

Baca juga: Cara Download Game di Laptop dan Komputer

1. Restart PC Kamu

Ya, ini memang terdengar sepele dan sangat mudah untuk dilakukan. Namun me-restart perangkat kamu kemudian menyalakannya lagi memang sering berhasil untuk mengatasi beberapa jenis error.

Terutama jika error yang terjadi ialah error ringan seperti perangkat yang kehabisan memori, atau semacamnya. Cara ini dapat dilakukan entah kamu menggunakan komputer atau ponsel.

Jika cara ini tidak berhasil untuk mengatasinya dan tetap ada pesan “game not responding“, minimal Sobat Androbuntu sudah mencoba cara termudah.

Selanjutnya, silahkan ikuti cara lainnya dibawah ini.

2. Pastikan PC Kamu Memenuhi Spesifikasi Minimum

Untuk kamu yang belum tahu, game untuk PC biasanya memiliki spesifikasi minimum agar dapat berjalan dengan lancar.

Berbeda dengan game konsol yang pasti dapat berjalan di konsol tersebut karena memang sudah dioptimasi untuk dimainkan di satu jenis konsol.

PC atau komputer merupakan perangkat yang dapat dirakit dengan spesifikasi yang berbeda-beda, karenanya tidak semua PC dapat menjalankan semua game.

Begitu juga sebaliknya, tidak semua game dapat berjalan di semua PC, terutama game keluaran terbaru.

Untuk mengetahui apakah komputer kamu dapat menjalankan game tertentu atau tidak, kamu dapat membacanya pada situs resmi pengembang game tersebut.

Biasanya akan ada informasi mengenai minimal prosesor, kartu grafis hingga jumlah RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan game tersebut.

Jika PC kamu spesifikasinya berada dibawah speisfikasi minimum yang dibutuhkan, itu artinya kamu tidak akan dapat menjalankan game tersebut.

Silahkan upgrade PC kamu terlebih dahulu.

3. Nonaktifkan Antivirus dan Aplikasi Sejenis Lainnya

Terkadang aplikasi antivirus akan kebingungan dengan mana aplikasi berbahaya dan mana yang bukan. Ini sering terjadi pada game, yang berakibat game tidak dapat dijalankan karena terblokir oleh antivirus.

Jika di PC kamu terasang program antivirus seperti AVG, Bitdefender, Avast dan sejenisnya, coba nonaktifkan untuk mengetahui apakah mereka penyebabnya.

4. Jalankan Game dalam Mode Admin

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, klik kanan pada ikon game yang ingin kamu jalankan lalu klik “Run as administrator”.

Maka game akan diluncurkan dalam mode administrator.

5. Tanya ke Forum

Terkadang ada beberapa judul game yang membutuhkan penanganan khusus dan spesifik. Karenanya, mungkin butuh langkah-langkah yang berbeda untuk mengatasi masalah ini dibandingkan game lain.

Namun jangan menyerah. Kamu dapat bergabung ke forum diskusi yang membahas game tersebut. Biasanya tersedia forum diskusi khusus untuks uatu game.

Sobat Androbuntu dapat menemukannya di Reddit, Kaskus, Facebook, atau forum pengembang resmi game tersebut. Googling dan cari tahu.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.