Pengertian Adobe Creative Cloud

Untuk kamu yang sedang belajar desain atau edit foto, kamu tentu tidak asing dengan Adobe. Ini merupakan perusahaan yang terkenal dengan aplikasi-aplikasi seperti Photoshop, Lightroom hingga Acrobat Pro.

Jika kamu membutuhkan aplikasi edit foto, edit video hingga pembuatan poster dan desain, maka Adobe menyediakan semua aplikasi untuk itu.

Kini, Adobe menerapkan sistem berlangganan untuk aplikasi-aplikasi dan layanan buatan mereka.

Tidak seperti dulu yang menerapkan sistem jual putus. Kini kamu harus berlangganan bulanan atau tahunan untuk menggunakan aplikasi buatan Adobe.

Layanan tersebut diberi nama Adobe Creative Cloud.

Baca juga: Cara Membuat Foto Kolase di Photoshop

Table of Contents

Apa itu Adobe Creative Cloud?

Adobe Creative Cloud
Logo Adobe Creative Cloud

Adobe Creative Cloud adalah aplikasi dan layanan dari Adobe yang berisi akses ke aplikasi-aplikasi Adobe, mulai dari Photoshop, InDesign, Lightroom, Acrobat Pro, dan lain-lain.

Pengguna dapat berlangganan pada beberapa tier langganan yang ada di Adobe Creative Cloud, yang masing-masing memiliki spesifikasi aplikasi yang dapat digunakan.

Selain dapat mengakses aplikasi-aplikasi milik Adobe, pelanggan yang berlangganan Adobe Creative Cloud juga akan mendapatkan akses ke layanan cloud milik Adobe.

Dengan layanan cloud tersebut, pengguna dapat menyimpan seluruh file yang mereka buat dari aplikasi Adobe seperti Photoshop, InDesign, dan lain-lain.

Untuk para pelanggan yang berlangganan Adobe Creative Cloud dapat menyimpan dan melanjutkan pekerjaan di perangkat mana saja menggunakan akun Adobe yang sama.

Bagaimana Cara Berlangganan Adobe Creative Cloud?

Jika Sobat Androbuntu ingin berlangganan Adobe Creative Cloud, kamu harus mendaftar akun Adobe terlebih dahulu di adobe.com. Kemudian pilih tier Adobe Creative Cloud yang kamu inginkan.

Tersedia beberapa tier yang berbeda, tergantung dari aplikasi Adobe yang ingin kamu gunakan serta jumlah kapasitas cloud yang ingin kamu gunakan.

Tersedia paket Individuals, Business, Students & Teachers, dan Schools & Universities. Setiap langganan berbeda harganya, jadi silahkan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk metode pembayaran sendiri saat ini yang tersedia hanya menggunakan kartu kredit. Namun jika kamu tidak memiliki kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan Jenius.

Kesimpulan

Itu dia tadi informasi lengkap mengenai Adobe Creative Cloud, layanan berbayar dari Adobe yang memungkinkan kamu untuk menggunakan aplikasi-aplikasi Adobe.

Omong-omong, semua aplikasi Adobe dapat kamu pasang di Windows dan Mac. Sampai saat ini Adobe belum mengembangkan aplikasinya untuk Linux.

Apakah layanan Adobe Creative Cloud layak untuk digunakan? Jawabannya tentu tergantung dari kebuthan masing-masing.

Jika pekerjaan kamu memang membutuhkan aplikasi Adobe dan kamu mendapatkan uang dari pekerjaan kamu, tentu berlangganan Adobe Creative Cloud sangat layak.

Namun jika kamu belum pernah mendapatkan klien dan pekerjaan tetap, tentu tidak layak.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari