Cara Memblokir Spam di Google Drive

Para spammer tidak pernah kehabisan ide untuk mengirimkan spam kepada kita semua. Mulai dari email, sosial media, dan kini Google Drive.

Ya, beberapa diantara kamu mungkin merasakan hal ini. Baru-baru ini banyak sekali spammer yang melakukan spam di Google Drive.

Spammer akan membagikan sebuah file dengan kita di Google Drive. File ini berisi promosi, dan pesan-pesan semacamnya.

Untungnya, Google cukup cepat dalam menangani masalah ini. Google Drive akhirnya memiliki fitur untuk memblokir pengguna lain.

Baca juga: Cara Membuat Folder Baru di Google Drive

Cara Memblokir Spam di Google Drive

Untuk mengikuti tutorial dibawah ini, buka browser kemudian kunjungi drive.google.com dan masuk menggunakan Akun Google milik Sobat Androbuntu.

Semua file yang dibagikan dengan akun kamu di Google Drive dapat kamu temukan pada menu Dibagikan kepada saya. Atau jika kamu menggunakan pengaturan Bahasa Inggris, maka menunya menjadi Shared with me. Klik menu tersebut.

Cara Memblokir Spam di Google Drive by Androbuntu 1

Selanjutnya kamu akan melihat seluruh file yang dibagikan ke akun Google Drive kamu. Pilih salah satu file yang menurut kamu merupakan file spam dan tidak berguna. Klik kanan pada file tersebut.

Cara Memblokir Spam di Google Drive by Androbuntu 2

Setelah itu akan muncul banyak pilihan. Pilih Blokir [email protected] (sesuaikan dengan yang tampil di layar kamu).

Cara Memblokir Spam di Google Drive by Androbuntu 3

Kemudian akan muncul jendela kecil berisi pertanyaan apakah kamu benar-benar ingin memblokir orang ini atau tidak. Konfirmasi dengan klik tombol Blokir.

Cara Memblokir Spam di Google Drive by Androbuntu 4

Setelah itu, orang tersebut tidak akan bisa lagi membagikan file kepada kamu di Google Drive.

Untuk mengetahui daftar orang yang sudah kamu blokir di Google Drive, kamu dapat mengunjungi halaman Pengguna yang diblokir. Pastikan kamu udah login dengan Akun Google.

Jika kamu ingin memblokir seseorang di iPhone dan Android, caranya tidak jauh berbeda.

Buka aplikasi Google Drive, kemudian ketuk tab Dibagikan. Sentuh titik tiga disamping file spam, kemudian pilih Blokir pengguna.

Kesimpulan

Fitur ini memang terbilang simpel. Namun jika kamu menjadi target spam di Google Drive, fitur ini akan menjadi sangat berguna.

Kamu tidak akan lagi mendapatkan notifikasi Google Drive dari file spam.

Untuk menghindari akun Google Drive kamu menjadi target spam, hindari untuk membagikan alamat email kamu secara sembarangan di internet. Misalnya di kolom komentar blog, forum, dan semacamnya.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.