Min: Peramban Paling Simpel di Planet Bumi

Berbicara mengenai peramban atau browser, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk menyebutkan peramban-peramban yang ada saat ini. Ada Chrome, Firefox, Safari, dan masih banyak lagi.

Belum lagi browser-browser yang dikembangkan menggunakan kode sumber dari Chromium yang jumlahnya tidak terhitung itu. Mulai dari Brave, Edge, Opera dan lain-lain.

Namun, apakah kamu pernah mendengar browser bernama Min?

Jika belum, ini mungkin akan menjadi browser paling simpel yang akan pernah kamu coba. Silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah.

Baca juga: Review Brave, Peramban yang Dibenci Para Publisher

Sekilas Tentang Min Browser

Min merupakan peramban web yang dikembangkan menggunakan framework yang disebut dengan Electron. Ini merupakan framework yang sama yang digunakan oleh aplikasi editor teks populer Atom.

Peramban minimalis ini tersedia untuk Linux, Mac dan Windows. Kamu tinggal kunjungi saja situs resminya di minbrowser.org, lalu klik tombol Download Min.

Saya sendiri menggunakan Mac, dan ternyata Min juga tersedia di Homebrew, jadi saya hanya perlu menggunakan perintah brew install –cask min untuk memasangnya di Macbook Air saya.

Berikut ini adalah tampilan Min Browser ketika saya gunakan untuk mengunjungi Androbuntu:

Min Browser by Androbuntu 1
Androbuntu dikunjungi dari Min Browser

Seperti yang dapat Sobat Androbuntu lihat pada screenshot diatas, tampilan Min Browser sangat sederhana, minimalis, bersih.

Bagian atas Min Browser akan berubah warnanya menyesuaikan dengan warna tema situs yang sedang kita kunjungi, seperti pada Chrome di Android. Ini cukup menarik bagi saya.

Fitur-fitur Min Browser

Seperti namanya, Min merupakan peramban web yang minimalis. Karenanya kamu mungkin tidak akan menemukan beberapa fitur yang ada di Firefox dan Chrome di Min.

Fokus utama Min ialah menyederhanakan peramban web, tidak membebaninya dengan jutaan fitur yang belum tentu digunakan oleh pengguna. Min hanya membawa beberapa fitur esensial yang paling berguna.

Seperti kebanyakan peramban web, Min juga memungkinkan kita untuk menjelajahi beberapa situs sekaligus menggunakan beberap tab yang berbeda. Min bahkan memiliki fitur bernama Task.

Task sejatinya ialah fitur untuk mengumpulkan beberapa tab menjadi satu kelompok. Misal, kamu dapat mengelompokkan seluruh tab yang berhubungan dengan pekerjaan ke dalam satu Task agar tidak tertukar dengan tab-tab lainnya pada Task yang berebeda.

Mesin pencari default yang digunakan Min adalah DuckDuckGo. Ini merupakan pilihan yang tepat karena di situs resminya sendiri peramban ini mengatakan bahwa ini merupakan peramban yang menghargai privasi penggunanya.

Namun jika Sobat Androbuntu tidak begitu suka menggunakan DuckDuckGo, kamu dapat mengubah mesin pencari dengan yang lainnya di menu Preferensi.

Min Browser juga sudah dilengkapi dengan pemblokir iklan dan pelacak bawaan. Jadi kamu tidak perlu memasang plugin atau add-on tambahan. Fitur ini sudah aktif secara default dan dapat kamu nonaktifkan di menu Preferensi.

Min Browser by Androbuntu 4
Menu Preferensi Min Browser

Ini salah satu fitur yang paling saya suka dari Min, yaitu mode baca. Ketika mengunjungi suatu situs dan membuka artikel di situs tersebut, kita dapat mengaktifkan mode baca.

Min akan mengubah tampilan situs tersebut, menghapus seluruh bagian yang tidak perlu dan hanya menampilkan isi artikel. Sehingga kita dapat fokus membaca isi artikelnya.

Min Browser by Androbuntu 2
Mode baca di Min Browser

Untuk kamu yang membutuhkan add-on pengelola password, Min Browser sudah menyediakannya di menu Preferensi. Tersedia tiga pengelola password yang dapat kamu gunakan, yaitu bawaan, 1Password dan Bitwarden.

Fitur yang Tidak Ada

Seperti yang sudah saya katakan di awal artikel bahwa tujuan utama dari pengembangan browser ini ialah memberikan fitur-fitur dasar pada pengguna tanpa memasukkan fitur-fitur yang tidak perlu.

Jadi, kamu mungkin akan menemukan banyak fitur yang tidak ada yang biasa kamu temukan pada Chrome atau Firefox.

Kamu tidak dapat memasang add-on seperti saat menggunakan Chrome. Namun ini tidak terlalu penting bagi saya pribadi.

Bagi kamu yang membutuhkan add-on tertentu yang harus kamu pasang di setiap browser yang kamu gunakan, maka Min Browser bukan untuk kamu.

Min Browser juga tidak memiliki fitur sinkronisasi seperti pada Chrome dan Firefox.

Kesimpulan

Min bukanlah peramban web untuk semua orang. Peramban ini hanya cocok digunakan oleh orang-orang tertentu, contohnya mereka yang menyukai aplikasi yang simpel, sederhana dan minimalis.

Walaupun saya tidak merekomendasikan ini untuk semua orang, bukan berarti ini adalah browser yang jelek. Hanya saja tidak semua orang akan menyukainya.

Saya sendiri cukup menyukainya karena kesederhanaan dan juga tampilannya yang minimalis. Silahkan coba sendiri.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.