Cara Download Foto dan Video di Telegram ke Galeri

Seperti WhatsApp, Signal dan Messengers, kita tidak hanya dapat mengirim pesan teks namun juga pesan multimedia seperti gambar dan video.

Ini dapat kamu manfaatkan untuk banyak hal. Pertama, tentu saja adalah untuk mengirim foto dan gambar ke teman atau rekan kamu. Baik itu yang kaitannya dengan pekerjaan, atau pribadi.

Tidak hanya itu, kamu dapat memanfaatkan ini untuk mengirim gambar dan video dalam jumlah banyak. Karena untuk email sendiri memiliki batasan ukuran video tidak boleh melebihi 25MB.

Jadi, Telegram bisa menjadi sarana yang bagus untuk saling mengirim gambar dan video.

Namun untuk pengguna yang baru saja menggunakan Telegram terkadang akan kebingungan bagaimana cara menyimpan gambar dan video yang dia dapatkan di Telegram.

Jika kamu termasuk salah satunya, ikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Nomor Ponsel di Telegram

Cara Otomatis

Cara pertama yang dapat Sobat Androbuntu lakukan adalah cara otomatis, yang artinya setiap kali kamu mendapatkan kiriman foto dan video, semuanya akan tersimpan di galeri tanpa perlu di download secara manual.

Tidak hanya foto dan video yang dikirim secara pribadi, tapi juga yang terkirim di grup Telegram yang kamu ikuti. Berikut ini caranya:

Buka aplikasi Telegram, kemudian masuk ke menu Settings.

Cara Download Foto dan Video di Telegram ke Galeri by Androbuntu 1

Setelah itu pilih menu Chat Settings.

Cara Download Foto dan Video di Telegram ke Galeri by Androbuntu 2

Gulir ke bawah, lalu kamu akan menemukan pilihan Save to Gallery. Aktifkan fitur tersebut.

Cara Download Foto dan Video di Telegram ke Galeri by Androbuntu 3

Setelah fitur diatas diaktifkan, kini semua foto dan video yang dikirim ke kamu di Telegram akan secara otomatis tersimpan di galeri.

Catatan: Jika kamu mengikuti banyak grup di Telegram, saya tidak merekomendasikan untuk mengaktifkan fitur diatas.

Terlebih karena grup di Telegram biasanya diikuti oleh ribuan orang dan banyak yang mengirim foto dan video ke grup tersebut.

Jika kamu mengaktifkan fitur diatas, maka penyimpanan internal ponsel kamu akan berpotensi dipenuh oleh gambar dan video dari grup Telegram.

Apalagi jika kamu menggunakan paket data, maka akan cepat habis karena digunakan untuk mengunduh foto dan video dari grup.

Fitur diatas hanya cocok diaktifkan jika kamu hanya mengikuti sedikit grup di Telegram.

Cara Manual

Cara kedua ini adalah cara manual, yang artinya kamu harus memilih foto dan video yang ingin disimpan ke dalam galeri. Cocok digunakan jika kamu mengikuti banyak grup di Telegram.

Dengan begitu, penyimpanan internal kamu tidak akan penuh dengan gambar dan video kiriman anggota grup. Sedangkan kamu tetap dapat menyimpan gambar dan video yang kamu inginkan.

Silahkan masuk ke obrolan, lalu pilih gambar atau video yang ingin disimpan ke dalam galeri. Setelah itu, pada video atau gambar ketuk menu titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Save to gallery.

Cara Download Foto dan Video di Telegram ke Galeri by Androbuntu 4

Sekarang silahkan cek galeri di ponsel kamu, maka gambar atau video tersebut sudah tersimpan dan dapat kamu lihat kapan saja tanpa koneksi internet.

Cara kedua ini cocok digunakan jika kamu tidak ingin menyimpan seluruh gambar dan video yang terkirim ke kamu.

Ini akan menghemat kuota internet dan juga penyimpanan internal ponsel.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.