Cara Withdraw Binance ke Semua Bank di Indonesia

Binance merupakan platform jual-beli aset kripto terbesar di dunia. Namun sayangnya hingga saat ini, Binance belum mendukung deposit dan penarikan menggunakan rekening bank yang ada di Indonesia.

Padahal pengguna Binance di Indonesia cukup banyak.

Ini sedikit banyaknya mempersulit kita para trader yang ingin melakukan deposit dan penarikan ke rekening bank kita.

Namun tenang saja. Saat ini setidaknya ada tiga cara yang dapat kamu gunakan untuk melakukan withdraw rupiah dari Binance ke rekening bank kamu.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini jika tertarik.

Baca juga: Cara Deposit di Binance

Cara Withdraw Binance Melalui Tokocrypto

Tokocrypto merupakan aplikasi jual-beli kripto di Indonesia yang terintegrasi dengan Binance. Ya, aplikasi ini menggunakan teknologi Binance Cloud.

Semua uang yang kita setor ke Tokocrypto akan diubah menjadi BIDR (Binance Rupiah), yang kemudian dapat kita gunakan untuk membeli kripto.

Begitu juga sebaliknya, jika kita ingin menarik (withdraw) uang, kita tinggal tarik BIDR yang kemudian akan diubah menjadi IDR ke rekening bank kita.

BIDR adalah stable coin yang dipatok 1:1 dengan rupiah.

Binance dan Tokokriptoo sama-sama mendukung BIDR. Jadi, dengan kata lain, kita dapat mentransfer BIDR dari Binance ke Tokocrypto, kemudian baru menariknya ke rekening kita.

Lantas, bagaimana dengan biaya transfer dari Binance ke Tokocrypto? Pasti mahal!

Tidak sama sekali. Seperti yang saya tulis tadi, Binance dan Tokocrypto ini terhubung, jadi proses transfer antara Binance dan Tokocrypto akan menjadi sangat murah.

Sampai dengan tulisan ini terbit, saat saya mentransfer BIDR dari Binance ke Tokocrypto, biayanya hanya BIDR 2.985,-. Murah sekali bukan?

Jadi jika kamu ingin menarik uang dari Binance ke rekening bank yang ada di Indonesia, jual aset kripto kamu terlebih dahulu ke BIDR.

Untuk cara melakukan penarikan dana dari Binance ke Tokocrypto hingga sampai ke rekening bank kamu, langkah-langkah berikut:

  • Pertama, kamu tentu harus mendaftar Tokocrypto. Silahkan daftar dan lakukan verifikasi KYC. Untuk pengguna yang belum melakukan verifikasi tidak dapat melakukan withdraw ke bank;
  • Masuk ke Tokocrypto, buka menu Dompet > Setoran BIDR. Kemudian salin alamat wallet BIDR tersebut;
  • Berikutnya berpindah ke Binance. Buka menu Wallets > Withdraw > BIDR. Tempel alamat wallet BIDR yang sudah kamu salin di langkah sebelumnya, masukkan jumlah BIDR yang ingin di tarik, kemudian klik tombol Withdrawal;
  • Setelah BIDR diterima di akun Tokocrypto kamu (biasanya butuh waktu 3 hingga 5 menit), lakukan penarikan BIDR ke rekening bank;
  • Cara melakukan penarikan BIDR ke rekening bank ialah dengan masuk ke menu Dompet > BIDR > Penarikan. Setelah itu klik Tambahkan akun jika kamu belum pernah menambahkan rekening bank. Jika sudah, pilih rekening bank dan masukkan jumlah BIDR yang ingin di tarik. Tunggu hingga Tokocrypto mentransfer BIDR ke rekening bank kamu.

Cara Withdraw Binance Melalui Pintu

Sama seperti BIDR, IDRT adalah stable coin yang dipatok 1:1 dengan rupiah. Pintu dan Binance sama-sama mendukung deposit dan withdraw IDRT.

Jadi, Sobat Androbuntu dapat memanfaatkan ini untuk melakukan penarikan uang dari Binance ke rekening bank yang ada di Indonesia. Tentunya dengan melalui perantara dari aplikasi Pintu.

Sebelum melakukan penarikan, pastikan kamus udah menjual aset kamu menjadi IDRT di Binance. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Daftar Pintu, unduh aplikasinya di Play Store atau App Store. Omong-omong, masukkan kode YUSYU849 untuk mendapatkan bonus;
  2. Lakukan verifikasi KYC dan tambahkan nomor rekening bank kamu di Pintu;
  3. Masih di aplikasi Pintu, klik tombol Lainnya pada informasi saldo rupiah, lalu pilih Terima > Wallet Address;
  4. Kamu akan melihat ada dua tipe wallet address, yaitu Ethereum (ERC-20) dan Binance Chain (BEP-2). Untuk meminimalisir biaya withdraw dari Binance, gunakan yang Binance Chain (BEP-2). Salin wallet address dan Memo yang muncul;
  5. Buka Binance, kemudian masuk ke menu Dompet > IDRT > Penarikan. Tempel wallet address yang tadi sudah disalin dari aplikasi Pintu, lalu masukkan jumlah IDRT yang ingin ditarik, lalu klik tombol Withdrawal;
  6. Tunggu hingga IDRT masuk ke Pintu. Setelah masuk ke Pintu, klik tombol Tarik lalu masukkan jumlah rupiah yang ingin ditarik ke rekening bank kamu;
  7. Tunggu hingga uang ditransfer ke rekening bank kamu.

Melalui Binance P2P

Binance juga memiliki fitur P2P. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk membeli dan menjual aset kripto dengan orang lain secara langsung, terpisah dari fitur jual-beli utama.

Kita dapat membeli aset kripto menggunakan metode pembayaran seperti transfer bank, Jenius, OVO, Gopay, Shopee Pay, dan lain-lain.

Ini dapat Sobat Androbuntu manfaatkan untuk melakukan penarikan dana dari Binance ke rekening bank kita secara langsung. Tidak hanya rekening bank, tapi bisa juga ke akun e-wallet.

Namun untuk dapat menggunakan fitur ini, terlebih dahulu akun Binance kamu harus sudah terverifikasi KYC. Silahkan verifikasi terlebih dahulu akun Binance milik kamu ya.

Jika sudah, ikuti tutorial berikut:

  • Buka Binance, lalu masuk ke menu P2P Tading;
  • Setel metode pembayaran kamu, contohnya rekening bank. Pastikan nama akun di bank sama dengan nama di Binance;
  • Cari penawaran yang sesuai, misalnya BTC atau BIDR;
  • Setelah itu tunggu hingga pihak pembeli melakukan pembayaran ke rekening bank kamu;
  • Jika sudah masuk, konfirmasi pada jendepa P2P di Binance untuk menyelesaikan transaksi.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.