Cara Menggunakan Flip untuk Transfer Gratis ke Semua Bank

Untuk kamu pernah melakukan transfer beda bank, tentu sudah tahu bahwa bank akan menarik biaya transfer sebesar Rp 6.500,-.

Jika dilakukan satu atau dua kali, mungkin masih terasa ringan.

Namun jika kamu adalah orang yang sering melakukan tranfser uang ke rekening beda bank, tentu baiaya transfer akan sangat membebani kamu.

Bayangkan, jika 10 kali melakukan transfer beda bank, itu aritnya kamu sudah mengeluarkan uang sebesar Rp 65.000,- sebagai biaya transfer.

Bagaimana jika 100 kali, atau 1000 kali? Jika dikumpulkan, tentu akan lumayan ‘kan?

Nah, untungnya, kini hadir aplikasi bernama Flip. Dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan transfer secara gratis ke rekening bank yang berbeda.

Baca juga: Cerita Pengalaman Saya Menggunakan Flip

Cara Menggunakan Flip

Sebelum menggunakan Flip, kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu. Cukup gunakan email dan nomor HP, maka Sobat Androbuntu sudah bisa memiliki akun Flip secara gratis.

Ketuk tombol dibawah ini untuk mendaftar dan mendapatkan bonus senilai Rp. 15.000,-.

Jika sudah memiliki akun Flip, silahkan unduh aplikasinya di App Store atau Play Store tergantung dari jenis ponsel yang kamu gunakan.

Kemudian buka aplikasi Flip dan login menggunakan akun yang tadi baru saja kamu buat.

Ketuk tombol Kirim Uang Gratis.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 1

Ketuk tombol +TAMBAH REKENING BARU.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 2

Lalu cari nama bank rekening tujuan. Kamu bisa memanfaatkan kolom pencarian untuk mempercepat menemukan bank yang diinginkan.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 3

Masukkan nomor rekening tujuan kamu ingin mengirim uang. Flip akan secara otomatis mengecek nama pemilik rekening tersebut. Dan jika cocok, kamu bisa langsung ketuk tombol LANJUT.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 4

Masukkan nominal tranfer uang yang ingin kamu kirim. Kamu juga dapat menuliskan berita transfer pada kolom yang sudah disediakan. Ketuk tombol LANJUT.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 5

Kemudian layar aplikasi Flip akan menampilkan ringkasan transaksi, mulai dari nama dan bank penerima, hingga nominal dan nomor rekening. Jika semua informasi itu sudah benar, ketuk tombol LANJUT KE METODE PEMBAYARAN.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 6

Layar berikutnya akan menampilkan metode pembayaran. Silahkan pilih bank yang sama dengan bank yang kamu gunakan agar saat melakukan transfer kamu tidak perlu membayar biaya transfer.

Dalam tutorial kali ini, saya akan menggunakan Jenius atau BTPN. Silahkan sesuaikan dengan bank yang kamu gunakan.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 7

Selanjutnya akan muncul nomor rekening milik Flip dengan nama FLIPTECH LENTERA INSPIRASI PERTIWI. Kamu juga dapat melihat nominal transfer yang sudah ditambahkan kode unik di akhir nominal transfer seharusnya.

Silahkan salin nomor rekening tersebut dan juga nominal transfer. Perlu diingat bahwa nominal transfer harus sama persis dengan yang tertera di layar.

Jika kamu sudah melakukan tranfser ke nomor rekening milik Flip, ketuk tombol SAYA SUDAH TRANSFER.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 8

Berikutnya tugas kamu adalah menunggu hingga pihak Flip meneruskan uang kamu ke nomor rekening tujuan. Waktu yang dibutuhkan cukup bervariasi, namun biasanya tidak lebih dari 10 menit.

Cara Menggunakan Flip by Androbuntu 9

Jika uang kamu sudah diteruskan ke nomor rekening tujuan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi dari Flip.

Cara Kerja Flip

Untuk kamu yang penasaran kenapa Flip dapat memberikan layanan transfer, kamu mungkin bertanya, bagaimana cara kerja Flip?

Cara kerja Flip sebenarnya cukup sederhana. Flip memiliki banyak rekening bank, mulai dari CIMB Niaga, BCA, BRI, Jenius, dan lain-lain.

Ketika ada pengguna rekening BRI ingin mentransfer uang ke Jenius, maka pengguna tersebut perlu mentransfer uangnya ke rekening BRI milik Flip.

Flip kemudian akan mentransfer uang ke rekening Jenius tujuan dari rekening Jenius tujuannya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu membayar biaya transfer.

Apakah Flip Aman untuk Digunakan?

Flip merupakan perusahaan yang terdaftar di BI pada tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor izin 18/196/DKSP/68. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa cek di situs resmi BI.

Flip tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK karena mereka bukanlah perusahaan pendanaan, pasar modal, asuransi, atau institusi keuangan semacamnya. Karenanya, Flip terdaftar di BI, bukan di OJK.

Jam Operasional Flip

Sobat Androbuntu dapat menggunakan layanan Flip pada jam waktu waktu berikut: Senin-Minggu pukul 07.00-20.00 WIB.

Namun berdasarkan pengalaman saya, walaupun saya mentransfer uang diluar jam operasional tersebut, transfer akan tetap diproses oleh pihak Flip.

Ya walaupun memang waktunya lebih lambar dari biasanya.

Kekurangan Flip

Salah satu kekurangan Flip ialah jumlah maksimal transaksi gratis perharinya, yaitu maksimal 5 juta rupiah.

Jika kamu sudah melakukan transfer uang lebih dari 5 juta rupiah, maka transfer berikutnya kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500,-.

Sedangkan maksimum uang yang dapat ditransfer melalui Flip dalam satu kali transaksi ialah Rp. 20.000.000,-.

Semoga di masa yang akan datang pihak Flip dapat meningkatkan lagi batas transfer gratis dan juga transfer maksimalnya.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.