Cara Mengubah Android Jadi Remote TV dan AC

Kamu sering kehilangan remot TV di rumah? Entah itu tertindih oleh barang lain sehingga tidak kelihatan, atau karena tersempil di sudut ruangan?

Atau remot TV kamu kehabisan baterai dan kamu belum sempat menggantinya? jangan panik.

Tahukah kamu kalau HP Android yang kamu gunakan itu dapat dipakai sebagai pengganti remot TV?

Penasaran ‘kan bagaimana caranya?

Baca juga: Cara Nonton TV di Laptop

Cara Mengubah Android Jadi Remote

Untuk dapat mengubah channel yang ada di TV menggunakan HP Android layaknya menggunakan remote, mita membutuhkan sebuah aplikasi remote.

Untungnya, aplikasi jenis ini sudah banyak tersedia di Google Play Store.

Beberapa diantaranya bahkan dikembangkan langsung oleh perusahaan elektronik besar yang sudah kita kenal.

Langsung saja unduh salah satu aplikasi dibawah ini:

1. Mi Remote

Cara Mengubah Android Menjadi Remot by Androbuntu 1

Aplikasi remot pertama ialah dari perusahaan yang sangat populer dan sudah kita kenal produk-produknya, mulai dari HP dan tablet Android, hingga laptop dan beberapa alat elektronik lainnya, yaitu Xiaomi.

Walaupun dibuat oleh Xiaomi, aplikasi remot ini juga dapat digunakan di HP Android buatan pabrikan lainnya seperti Huawei, Samsung, dan HTC.

Jika kamu pengguna Mi TV atau Mi Box, maka aplikasi remot ini wajib kamu pasang di HP agar jika remot fisik dari perangkat tersebut hilang, kamu dapat menggunakan HP Android sebagai remot.

Menariknya, aplikasi remot buatan Xiaomi ini tidak hanya dapat digunakan pada TV, tapi juga AC, set top box, DVD player, proyektor, A/V receiver, kamera, dan lain-lain.

Saat pertama kali aplikasi ini dibuka, kamu dapat memilih perangkat apa yang ingin kamu kendalikan menggunakan aplikasi ini.

2. Universal Remote Control

Cara Mengubah Android Menjadi Remot by Androbuntu 2

Seperti namanya, Universal Remote Control adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengontrol berbagai macam barang elektronik, mulai dari TV, DVD, proyektor, sound bar, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dari aplikasi ini ialah dukungan perangkat yang lumayan banyak, jadi jika aplikasi remot buatan Xiaomi gagal untuk mengenali suatu perangkat, kamu dapat menggunakan Universal Remote Control sebagai gantinya.

Selain memiliki kelebihan, tentu aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya ialah antarmukanya yang tidak begitu indah, bahkan terkesan jadul.

Namun tenang saja, itu tidak akan mengurangi fungsionalitas dari aplikasi ini. Kamu tetap dapat menggunakannya tanpa kendala untuk mengganti-ganti channel TV.

Ukuran aplikasi ini juga cukup ringan, hanya 9,6MB dan sudah di unduh sebanyak 5 juta kali oleh pengguna Android dari seluruh planet bumi.

Minimum versi Android yang dapat menjalankan Uiversal Remote Control juga cukup rendah, minimal adalah Android 4.4.

Dengan kata lain, kamu dapat menggunakan aplikasi ini pada HP Android keluaran terbaru mau pun yang sudah cukup jadul.

3. Polytron IR Remote

Cara Mengubah Android Menjadi Remot by Androbuntu 3

Ya, kamu benar. Seperti namanya, aplikasi ini dikembangkan oleh Polytron, brand yang memproduksi banyak sekali perangkat elektronik, mulai dari TV, radio, mini kompo dan lain-lain.

Yang menarik dari Polytron IR Remote adalah aplikasi ini akan menampilkan antarmuka yang berbeda tergantung dari perangkat yang ingin kamu kendalikan.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai remot TV, maka antarmuka aplikasi akan menampilkan tombol-tombol seperti layaknya remot TV.

Sedangkan jika Sobat Androbuntu menggunakaan aplikasi ini sebagai remot AC, maka tombol-tombol yang ditampilkan adalah tombol-tombol seperti pada remot AC.

Jika kamu memiliki banyak perangkat elektronik di rumah dan malas harus menggunakan banyak remot, maka dengan aplikasi ini kamu dapat menggunakan HP Android sebagai remot untuk seluruh perangkat yang ada di rumah.

Sayangnya halaman Google Play Store untuk aplikasi ini minim sekali informasi, hanya ada tulisan “Application for controlling devices devices via IR.“.

Jika dapat diberikan informasi tambahan seperti perangkat apa saja yang di dukung, mungkin akan menjadi jauh lebih baik.

4. ZaZa Remote

Cara Mengubah Android Menjadi Remot by Androbuntu 4

Tidak seperti beberapa aplikasi remot TV sebelumnya, ZaZa Remote adalah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk TV dan perangkat elektronik yang menggunakan Infra Red.

Itu artinya, HP Android kamu juga harus memiliki Infra Red, dan aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk TV pintar seperti beberapa aplikasi remot TV lainnya.

Karena dikembangkan khusus untuk perangkat dengan Infra Red, aplikasi ini memiliki basis data yang cukup besar dan dapat digunakan di sebagian besar TV analog.

Jadi jika aplikasi lainnya tidak kompatibel dengan TV kamu, ZaZa Remote memiliki kemungkinan besar dapat digunakan.

Namun kekurangan dari aplikasi ini ialah ukurannya yang cukup besar, yaitu 44MB. Ini terbilang ukuran yang besar untuk sebuah aplikasi remot TV.

5. UniMote

Cara Mengubah Android Menjadi Remot by Androbuntu 5

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol TV dengan merk Samsung, LG, Android TV, TCL, Roku, Hisense, Vizio, Insignia dan beberapa merk TV lainnya.

Selain tampilannya yang modern, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur mirroring.

Kamu dapat menampilkan layar ponsele ke TV menggunakan aplikasi ini. Keren bukan?

Jadi jika kamu ingin menonton sebuah film yang ada di HP Android milik Sobat Androbuntu, kamu tidak perlu memindahkan film tersebut lebih dulu ke TV. Cukup gunakan saja fitur ini.

Aplikasi ini sebenarnya dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis, namun ada beberapa fitur yang hanya dapat digunakan jika kamu menggunakan versi premiumnya.

Kenapa HP Android Saya Tidak Bisa Menggunakan Aplikasi Remote Diatas?

Jika TV yang coba ingin Sobat Androbuntu ganti channel-nya merupakan TV analog (bukan TV pintar), maka HP Android kamu harus memiliki fitur Infra Red.

Infra Red lah yang akan menghubungkan HP Android kamu dengan TV, yang kemudian dapat menggunakannya menjadi remote.

Jika HP Android kamu tidak memiliki Infra Red, maka sangat wajar jika kamu tidak dapat mengganti channel TV menggunakan aplikasi remote diatas.

Itu bukan karena aplikasinya error, atau TV kamu yang bermasalah, namun karena HP Android kamu tidak memiliki Infra Red.

Untuk mengetahui apakah HP Android yang kamu gunakan memiliki Infra Red atau tidak, silahkan cari di Google dengan kata kunci “Apakah HP[spasi]Tipe HP Kamu[spasi]dilengkapi Infra Red?”.

Sebagai contoh: Apakah HP Xiaomi Redmi A1 dilengkapi Infra Red?.

Berbeda jika TV di rumah kamu adalah TV pintar, maka HP Android kamu tidak wajib memiliki Infra Red karena nanti cukup melakukan pairing menggunakan kode atau menggunakan jaringan WiFi yang sama.

Jika HP Android kamus udah terkonfirmasi memiliki Infra Red namun tetap tidak dapat menggunakan salah satu aplikasi remot diatas, maka coba gunakna aplikasi remot lain.

Coba lah satu per satu sampai menemukan yang dapat digunakan. Karena biasanya, satu aplikasi remot hanya mendukung untuk beberapa merk TV.

Jadi kamu harus menggunakan aplikasi remot yang mendukung TV yang kamu gunakan.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.