Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Apakah kamu sudah vaksin?

Saat ini untuk pergi ke berbagai tempat kamu harus memiliki sertifikat vaksin contohnya ke pusat perbelanjaan, kamu akan diminta menunjukan sertifikat vaksin untuk memasukinya.

Sertifikat itu bisa kamu dapat jika sudah vaksin, akan ada dua sertifikat jika kamu sudah vaksin kedua kali namun jika kamu baru satu kali melakukan vaksin kamu akan tetap mendapat sertifikat vaksin pertama dengan mengaksesnya melalui aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat untuk mengakses sertifikat vaksin kamu dengan memasukkan nama serta NIK kamu, maka sertifikat akan muncul dan juga sebagai bukti kalau kamu sudah terdaftar sebagai orang yang sudah menerima vaksin.

Namun tidak semua orang bisa dengan mudah mengakses PeduliLindungi tanpa kendala, salah satu kendala yang paling banyak adalah tidak munculnya sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi walaupun kamu sudah mengisi nama dan NIK kamu dan yang muncul hanyalah keterangan kamu sudah divaksin seperti gambar dibawah ini:

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 1

Itu juga yang saya alami sebelumnya, dimana sertifikat vaksin saya tidak muncul di PeduliLindungi seperti milik orang lain meskipun saya sudah vaksin yang kedua.

Untuk itu saya mencari tahu cara mengatasi kendala tersebut, jadi tutorial kali ini berdasarkan pengalaman saya yang sudah saya aplikasikan dan ternyata berhasil.

Jika hal seperti itu terjadi pada kamu, jangan khawatir. Untuk memunculkan sertifikat vaksin kamu di PeduliLindungi, yang perlu kamu lakukan adalah mengaksesnya melalui website terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Menghapus Banyak Aplikasi Secara Bersamaan di HP Xiaomi

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Langkah-langkahnya adalah kamu hanya tinggal mengunjungi situs pedulilindungi.id dan masuk menggunakan Akun Google.

Setelah masuk akan ada tampilan seperti dibawah ini, Sobat Androbuntu klik yang ada tulisan (disini) dan isi beberapa informasi seperti nama lengkap, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksin dan juga jenis vaksin yang kamu dapatkan kemudian klik Periksa.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 2

Setelah itu akan muncul sertifikat vaksin kamu jika kamu baru vaksin pertama akan ada satu sertifikat vaksin dan jika kamu sudah vaksin kedua maka ada dua sertifikat vaksin.

Tampilan sertifikat itu akan sama dengan sertifikat vaksin di PeduliLindungi seperti orang lain dan juga bisa langsung kamu download untuk menyimpannya.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 3

Setelah kamu mengisinya melalui website, untuk memastikannya kamu sudah bisa mengaksesnya di aplikasi PeduliLindungi kamu bisa mematikan HP kamu terlebih dahulu dan buka kembali aplikasi PeduliLindungi.

Buka aplikasi PeduliLindungi dan klik tulisan Akun.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 4

Setelah itu klik menu *Sertifikat Vaksin*.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 5

Akan muncul nama kamu, klik nama tersebut.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 6

Maka akan langsung muncul sertifikat vaksin kamu di aplikasi PeduliLindungi. Sekarang kamu sudah bisa melihat sertifikat vaksin kamu melalui aplikasi PeduliLindungi dan bisa langsung kamu Unduh sertifikatnya.

Cara Memunculkan Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi by Androbuntu 7

Jadi begitu langkah-langkahnya, mudah bukan? Dengan begitu kamu sudah bisa tenang jika ingin bepergian, namun harus tetap patuh ProKes ya.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

I believe in making the impossible possible because there’s no fun in giving up.