Cara Melihat Sisa Penyimpanan iCloud di iPhone dan iPad

Apple memberikan ruang penyimpanan iCloud gratis sebanyak 5GB untuk para penggunanya. Walaupun tidak banyak, namun bagi sebagian orang ini sudah cukup untuk menyimpan berkas-berkas penting.

Namun jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan iCloud yang lebih besar, kamu dapat berlangganan paket iCloud yang lebih besar.

Berikut ini adalah cara melihat sisa penyimpanan iCloud di iPad atau iPhone kamu.

Baca juga: Cara Mengirim File dari iPhone ke Mac Menggunakan AirDrop

Cara Melihat Sisa Penyimpanan iCloud

Pastikan iPhone atau iPad kamu sudah terhubung dengan akun iCloud ya. Jika belum, silahkan login.

Kemudian masuk ke menu Pengaturan, lalu ketuk foto profil ID Apple kamu. Kamu dapat menjangkaunya dengan mudah karena foto ID Apple terpampang cukup besar di bagian atas menu Pengaturan.

Cara Melihat Sisa Penyimpanan iCloud by Androbuntu 1

Di menu ID Apple, Sobat Androbuntu kana melihat beberapa menu terkait dengan ID Apple kamu. Pilih iCloud.

Cara Melihat Sisa Penyimpanan iCloud by Androbuntu 2

Nah, ini dia yang kita cari. Seperti yang dapat Sobat Androbuntu lihat, akan ada semacam presentase penggunaan iCloud kamu. Contohnya seperti pada screenshot dibawah ini.

Cara Melihat Sisa Penyimpanan iCloud by Androbuntu 3

Berdasarkan screenshot diatas, iCloud saya sudah digunakan sebanyak 4,3 GB dari 5 GB.

Kamu juga dapat melihat terdapat warna-warna yang berbeda yang masing-masing warna mewakili jenis file yang tersimpan di iCloud, ada foto, dokumen, hingga cadangan aplikasi.

Apa yang Terjadi Jika iCloud Saya Penuh?

Kamu mungkin bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika iCloud kamu sudah penuh? Sebenarnya tidak ada sesuatu yang gawat yang akan terjadi.

Hanya saja, kamu tidak dapat menyimpan data-data tambahan ke iCloud kembali.

Foto-foto baru yang kamu ambil di iPhone dan iPad tidak akan dicadangkan di iCloud. Begitu juga dengan data-data aplikasi dan game yang baru kamu download.

Semuanya tidak akan dicadangkan ke iCloud hingga kamu mengosongkan sebagian penyimpanan iCloud atau membeli paket dengan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Tips Menghemat Ruang Penyimpanan iCloud

Untuk kamu yang hanya memanfaatkan ruang penyimpanan iCloud gratis yang diberikan Apple sebanyak 5GB, maka kamu harus pandai-pandai dalam menghematnya.

Usahakan untuk menyimpan berkas yang penting-penting saja di iCloud. Hapus berkas yang tidak penting dan sudah tidak digunakan kembali.

Begitu juga dengan foto dan video. Hanya simpan foto dan video yang sekiaranya penting.

Hapus foto-foto duplikat. Ini sangat sering kita lakukan ketika mengambil foto selfie. Kita sering mengambil foto dalam satu gaya namun jumlahnya banyak.

Ini dapat membuat ruang penyimpanan iCloud kamu cepat habis.

Jika memiliki video berukuran terlalu besar, maka pertimbangkan untuk menyimpannya di penyimpanan eksternal seperti flashdisk.

Dengan begitu, ruang penyimpanan iCloud milik Sobat Androbuntu tidak akan cepat penuh.

Jangan lupa, data aplikasi dan game juga dicadangkan di iCloud. Silahkan cek aplikasi dan game apa saja yang menggunakan banyak penyimpanan iCloud.

Jika aplikasi atau game tersebut tidak terlalu penting, maka kamu dapat menghapus datanya dari iCloud.

Kamu juga dapat menyimpan sebagian data kamu di aplikasi cloud storage lainnya seperti Dropbox, Google Drive dan Mega.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.