5 Cara Mengatasi Aplikasi Picsart Error di Android

Saat sedang mengedit foto di Picsart, pernahkah kamu mengalami aplikasi tersebut melambat, berhenti tiba-tiba atau errorsejenis lainnya?

Jika iya, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Karena pada artikel kali ini, saya akan memberikan panduan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Langsung saja baca panduannya dibawah ini.

Baca juga: Cara Blur Foto Wajah Menggunakan Picsart

Cara Mengatasi Aplikasi Picsart Eror di Android

Jika saat ini aplikasi Picsart yang ada di HP Android milik Sobat Androbuntu sering mengalami error, berhenti sendiri, berjalan lambat dan semacamnya, coba lakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasinya.

1. Restart HP Android Kamu

Saat ada salah satu aplikasi atau game yang tiba-tiba error di HP Android kamu, sebenarnya ada satu cara yang wajib kamu coba untuk mengatasinya, yaitu dengan me-restart HP Android.

Cara ini terbukti berhasil di banyak aplikasi dan game yang mengalami error.

Kamu juga dapat mencoba cara ini jika sewaktu-waktu aplikasi Picsart yang ada di HP Android tiba-tiba berhenti atau tidak bisa digunakan.

Cara ini saya rasa cukup mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan penjelasan lagi.

Cukup restart HP Android kamu, kemudian coba gunakan aplikasi Picsart kembali seperti biasanya.

Jiak tidak berhasil, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

2. Perbarui Aplikasi Picsart

Cara kedua akan efektif jika kamu sudah lama tidak memperbarui Picsart yang terpasang di HP Android kamu.

Karena jika suatu aplikasi sudah lama tidak diperbarui, maka biasanya aplikasi tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar seperti biasanya.

Itu dikarenakan versi aplikasi dengan versi Android yang berjalan di HP kamu memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Misalnya seperti ini, Picsart versi lama kamu dibuat untuk berjalan di Android versi 10, sedangkan kini HP Android kamu menjalankan Android versi 11.

Itu akan membuat Picsart mengalami error saat digunakannya.

Cara mengatasi hal ini ialah dengan memperbarui Picsart melalui Google Play Store.

3. Hapus Data Aplikasi Picsart

Cara berikutnya yang bisa Sobat Androbuntu coba ketika Picsart mengalami masalah di HP Android ialah dengan menghapus datanya.

Untuk kamu yang belum tahu, aplikasi dan game yang berjalan di Android akan menyimpan data seiring dengan semakin seringnya aplikasi atau game tersebut digunakan.

Jika aplikasi Picsart di HP Android tidak berjalan seperti bagaimana mestinya, kamu dapat menghapus datanya sebagai salah satu langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya ialah seperti dibawah ini;

  • Buka menu Pengaturan;
  • Pilih menu Aplikasi & Game;
  • Kemudian pilih aplikasi Picsart;
  • Ketuk tombol Hapus Data;
  • Setelah itu ketuk tombol Hapus Cache;
  • Buka aplikasi Picsart dan gunakan seperti biasa.

Perlu diingat bahwa menghapus data Picsart seperti pada cara diatas tidak akan menghapus foto-foto yang pernah kamu buat menggunakan Picsart.

Seluruh foto yang kamu edit menggunakan Picsart tetap tersimpan aman di galeri kamu, kecuali yang masih dalam draft. Jadi, pastikan kamu sudah menyimpan seluruh foto yang kamu edit di Picsart ya.

4. Pasang Ulang Aplikasi Picsart

Jika kamu sudah memperbarui aplikasi Picsart melalui Play Store dan juga menghapus datanya tapi masih sering error juga, coba cara ke-empat ini, yaitu dengna memasang ulang aplikasi Picsart.

Pertama, Sobat Androbuntu perlu menghapus Picsart dari HP Android, kemudian mengunduhnya kembali dari Google Play Store.

Jika sebelumnya kamu sudah membeli Picsart Premium, maka tidak perlu takut kehilangan Picsart Premium, selama kamu masih menggunakan Akun Google yang saama, maka Picsart yang kamu download akan tetap premium.

5. Bersihkan RAM HP Android

Sama seperti aplikasi edit foto lainnya, Picsart juga membutuhkan RAM yang cukup besar untuk berjalan dengan lancar di HP Android.

Karenanya, jika kamu sedang membuka banyak aplikasi, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk membuka Picsart, salah satunya aplikasi ini akan berjalan dengan lambat.

Itu dikarenakan Picsart tidak mendapatkan jumlah RAM yang seharusnya.

Untuk mengatasi hal ini, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan RAM HP Android terlebih dahulu sebelum membuka Picsart.

Dengan begitu Picsart dapat dibuka dan digunakan tanpa kendala.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari