Cara Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi Al-Qur’an Indonesia. Membaca Al-Qur’an bagi umat Muslim sangatlah dianjurkan. Untuk menunjang aktivitas ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Al-Qur’an Indonesia yang sudah rilis sejak tahun 2014 lalu.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari membaca Al-Qur’an, seperti mendapatkan pahala dan kebaikan. Kemudian kecerdasan otak juga bisa meningkat, terhindar dari sesat dan neraka.

Bahkan selain dipercaya mampu memberikan ketenangan dan penyejuk jiwa, membaca ayat-ayat tersebut, juga bisa membantu mengobat berbagai penyakit fisik juga mental.

Selain itu, rutin membaca Al-Qur’an juga bisa membantu meningkatkan iman pembacanya. Sehingga aktivitas membaca Al-Qur’an ini, tidak saja dianjurkan bagi mereka yang telah dewasa, namun juga anak-anak, bahkan balita sekalipun.

Tidak hanya menggunakan Al-Qur’an dalam bentuk buku, Anda juga bisa menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang bisa diunduh di ponsel.

Salah satunya yang bisa Anda pilih adalah aplikasi Al-Qur’an Indonesia.

Aplikasi ini, ditawarkan oleh Andi Unpam yang merupakan seorang developer, yang menawarkan aplikasi-aplikasi yang desainnya sangat ramah pengguna.

Aplikasi membaca Al-Qur’an yang diciptakannya pun, saat ini sudah dibuat dalam versi 2.7.05.

Terakhir kali update pada 9 Oktober 2021 lalu, aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play Store ini, juga telah digunakan dan diunduh lebih dari 10 juta kali unduhan.

Dengan adanya aplikasi sebesar 68.56MB ini, Anda tentunya bisa lebih mudah lagi untuk membaca Al-Qur’an. Karena cukup diunduh melalui ponsel, aplikasi ini bisa dibuka dan digunakan kapanpun juga.

Fitur Aplikasi Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi membaca Al-Quran buatan anak bangsa ini memiliki sejumlah fitur yang juga mudah untuk dioperasikan, di antaranya:

  1. Baca Al-Qur’an
  2. Terakhir Baca
  3. Pencarian
  4. Jadwal Sholat
  5. Pengaturan

Cara Menggunakan Aplikasi

Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi Al-Qur’an.Pada halaman dashboard aplikasi, Anda bisa mendapati sejumlah fitur di atas. Tentukan apa yang akan Anda lakukan dengan mengetuk tombol fitur tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an Indonesia 1

Jika ingin membaca Al-Qur’an maka ketuk saja tombol Baca Al-Qur’an. Berikutnya Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan daftar nama surat-surat yang terdapat di dalam Al-Qur’an, yaitu sebanyak 114 surat.

Di fitur ini, Anda bisa juga langsung mencari bacaan ayat suci berdasarkan Juz-nya. Mulai dari Juz-1 hingga Juz-30 tentunya bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Masih di fitur yang sama, Anda juga bisa menandai bacaan yang terakhir Anda buka. Sehingga Anda bisa membuka kembali dengan mudah tanpa harus melakukan pencarian.

Cara Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an Indonesia 2

Jika Anda mengetuk ikon panah dua seperti yang ditunjukkan pada gambar, maka Al-Qur’an yang tengah Anda Baca bisa berjalan tanpa harus Anda scroll. Hanya saja fitur ini akan cukup mengganggu bila Anda tidak cepat membacanya.

Cara Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an Indonesia 3

Aplikasi Al-Qur’an Indonesia juga bisa didengarkan atau murrotal-nya. Namun yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh surat yang ingin Anda dengar terlebih dahulu. Setelah itu, suara orang mengaji pun bisa Anda dengar kapan saja.

Pada fitur pencarian, Anda bisa mencari kata yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Semisal, Anda mencari kata surga, tidak perlu waktu lama, aplikasi akan membantu Anda menemukan kata surga yang terdapat diberbagai surat.

Sementara untuk Anda yang ingin menggunakan fitur Jadwal Sholat, aplikasi membaca Al-Quran ini akan meminta izin untuk mengakses lokasi dan waktu di mana Anda berada. Bahkan Aplikasi juga akan menunjukkan arah kiblat yang bisa Anda gunakan saat akan melaksanakan sholat.

Bolehkah Membaca Al-Qur’an di Ponsel?

Namun apakah boleh membaca Al-Qur’an melalui gadget, seperti tablet, ponsel atau komputer?

Pada dasarnya banyak ulama yang berpendapat bahwa membaca Al-Qur’an di gadget diperbolehkan atau mubah. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengunduh aplikasi membaca Al-Qur’an seperti ini.

Kemudian apakah seorang yang membaca Al-Qur’an di gadget harus juga melakukan wudhu sebagaimana mestinya dilakukan bila membaca Al-Qur’an?

Untuk pertanyaan yang satu ini pun dijawab oleh banyak ulama, bahwa sebaiknya siapapun Dan bentuk apapun Al-Qur’an dibaca, sebaiknya tetap berwudhu.

Nah, itu dia cara membaca surat-surat Al-Qur’an melalui aplikasi Al-Qur’an Indonesia. Aplikasi ini akan sangat membantu Anda, terutama ketika sedang tidak bisa membuka Al-Qur’an dalam bentuk fisik. Semoga bermanfaat!