FreeTube: Aplikasi Pemutar YouTube yang Ramah Privasi untuk macOS, Linux dan Windows

Pengguna perangkat mobile seperti Android dan iOS dapat menggunakan aplikasi YouTube resmi yang tersedia di masing-masing platform. Keduanya dikelola dan dikembangkan secara langsung oleh pihak Google.

Tidak hanya itu saja, bahkan untuk pengguna Android, tersedia lebih banyak aplikasi YouTube pihak ketiga yang dapat digunakan, contohnya adalah NewPipe.

Berbeda dengan para pengguna perangkat mobile, para pengguna komputer tidak memiliki pilihan untuk menggunakan YouTube di aplikasi resmi. Karena hingga artikel ini terbit, pihak Google belum mengembangkan aplikasi YouTube untuk desktop.

Satu-satunya cara bagi para pengguna komputer untuk menikmati YouTube adalah dengan mengunjungi situsnya menggunakan browser.

Namun ada beberapa aplikasi YouTube pihak ketiga untuk komputer, salah satu yang saya rekomendasikan adalah FreeTube.

Baca juga: Cara Menggunakan YouTube dalam Mode Incognito

Fitur-fitur FreeTube

Aplikasi FreeTube by Androbuntu 2

FreeTube dilengkapi dengan banyak fitur khusus yang tidak ada pada situs YouTube resmi. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah daapat memutar video dan audio dari YouTube, dapat mengunduh video, hingga melindungi privasi kamu.

Untuk penjelasan lengkap dari masing-masing fitur yang tersedia, Sobat Androbuntu dapat membacanya dibawah ini.

Advertisements

Memutar Video atau Audio YouTube

Saat ini YouTube belum memiliki aplikasi resmi untuk desktop, jadi kita hanya dapat menikmati YouTube di desktop dengan cara menggunakan browser.

Aplikasi FreeTube bekerja seperti layaknya sebuah aplikasi di Android atau iOS.

Kamu dapat memutar video YouTube langsung dari aplikasi FreeTube.

Tidak hanya memutar video saja, tersedia juga pilihan untuk memutar audio, yang artinya, ini akan menghemat bandwith ketika kamu mendengarkan sebuah lagu.

Mengunduh Video YouTube

Tidak hanya dapat digunakan untuk memutar video dan audio saja, Sobat Androbuntu juga dapat mengunduhnya jika mau.

Ini sangat cocok digunakan jika kamu hobi mengunduh video-video yang ada di YouTube.

Dengan menggunakan aplikasi FreeTube, kamu tidak perlu lagi membuka tab baru kemudian membuka situs pengunduh video YouTube secara terus menerus.

Advertisements

Cukup buka aplikasi FreeTube, cari video yang ingin kamu unduh, kemudian klik tombol Download untuk menyimpan video tersebut.

Mengikuti Channel YouTube Tanpa Akun

Kamu dapat menggunakan aplikasi FreeTube untuk menonton seluruh video yang tersedia di YouTube tanpa akun.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat berlangganan (subscribe) kanal YouTube favorit kamu tanpa perlu login. Keren bukan?

Melindungi Privasi Kamu

Ini merupakan salah satu fitur andalan yang ditawarkan oleh FreeTube, yaitu privasi.

Dengan menggunakan FreeTube, maka pihak Google tidak tahu video apa saja yang sudah kamu tonton di platform miliknya tersebut.

Sehingga pihak Google tidak dapat menampilkan iklan tertarget yang sesuai dengan minat kamu.

Bagi sebagian orang, ini mungkin tidak begitu penting. Namun bagi sebagian orang lain yang menghargai privasinya di internet, ini adalah sesuatu yang sangat penting.

Advertisements

Cara Mengunduh FreeTube

Kamu dapat menggunakan FreeTube di Linux, macOS dan Windows. Berikut ini adalah cara untuk memasangnya berdasarkan pada sistem operasi yang kamu gunakan di komputer:

macOS

Jika kamu menggunakana macOS, maka kamu dapat menggunakan Homebrew untuk menginstal FreeTube dengan mudah di Mac kamu. Caranya dengan menggunakan perintah terminal dibawah ini:

brew install –cask freetube

Tunggu hingga FreeTube terpasang di Mac kamu, kemudian jalankan aplikasi FreeTube.

Linux

FreeTube untuk Linux tersedia dalam beberapa format, mulai dari .deb, .rpm, hingga Flatpak dan AppImage. Silahkan kunjungi situs FreeTube lalu download sesuai dengan Distro Linux yang kamu gunakan.

Advertisements

Windows

Kunjungi situs FreeTube, kemudian download FreeTube untuk Windows berformat exe. Setelah klik dua kali pada file instalasi tersebut dan ikuti langkah-langkah selanjutnya, maka FreeTube akan terpasang di laptop Windows kamu.

Gamer paruh waktu.