Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan para pemula ketika pertama kali menggunakan MetaMask ialah tidak menyimpan Frasa Pemulihan Rahasia.

Alhasil, saya sering membaca pengalaman orang-orang kehilangan akses ke akun MetaMask mereka karena ponselnya hilang, atau aplikasi MetaMask tidak sengaja terhapus.

Jika itu sampai terjadi, maka semua aset yang kamu simpan di MetaMask akan hilang secara permanen, kamu tidak dapat mengembalikannya tanpa Frasa Pemulihan Rahasia.

Tidak ingin hal tersebut terjadi pada kamu bukan? Karenanya, pastikan kamu sudah menyimpan Frasa Pemulihan Rahasia yang ada di MetaMask.

Dengan begitu jika sewaktu-waktu ponsel kamu hilang, rusak, atau aplikasi MetaMask tidak sengaja terhapus, kamu masih tetap dapat mengembalikan akun lama kamu dan tidak kehilangan aset yang kamu simpan.

Baca juga: Cara Impor Akun MetaMask

Apa itu Frasa Pemulihan Rahasia?

Secret Recovery Phrase atau Frasa Pemulihan Rahasia adalah 12 frasa yang dibuat secara otomatis oleh MetaMask ketika kamu pertama kali membuat akun.

Ini digunakan untuk mengembalikan akun MetaMask kamu jika sewaktu-waktu kamu kehilangan perangkat atau tidak sengaja menghapus MetaMask.

Kamu juga dapat menggunakan Frasa Pemulihan Rahasia ini untuk memindahkan akun MetaMask dari satu perangkat ke perangkat lain (komputer ke ponsel, komputer ke komputer, ponsel ke komputer, atau sebaliknya).

Semua orang yang mengetahui Frasa Pemulihan Rahasia kamu dapat mengambil alih akun kamu, termasuk mentransfer semua Ethereum, Token dan juga NFT yang tersimpan di MetaMask.

Jadi, pastikan tidak ada satu orangpun yang mengetahui Frasa Pemulihan Rahasia MetaMask selain diri kamu sendiri.

Simpan 12 Frasa Pemulihan Rahasia ditempat yang aman dan tidak mudah ditemukan orang lain. Kamu dapat mencatatnya di secarik kertas, kemudian menyimpannya di lemari.

Atau untuk cara yang lebih mudah dan aman, kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola password.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask

Tutorial versi video

Buka MetaMask yang terpasang di Firefox atau Chromium pada komputer kamu. Kemudian pilih akun yang ingin disimpan Frasa Pemulihan Rahasia-nya, lalu klik menu Settings.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask by Androbuntu 1

Berikutnya Sobat Androbuntu pilih menu Security & Privacy.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask by Androbuntu 2

Berikutnya kamu dapat melihat ada tombol merah bertuliskan Reveal Secret recovery Phrase. Klik tombol tersebut untuk menampilkan Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia akun MetaMask kamu.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask by Androbuntu 3

Ketik password MetaMask, kemudian klik tombol Next.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask by Androbuntu 4

Maka seperti yang dapat Sobat Androbuntu lihat, MetaMask akan menampilkan 12 Frasa Pemulihan Rahasia akun kamu.

Klik tombol Copy to clipboard lalu salin ke aplikasi pengelola password atau aplikasi catatan yang memiliki fitur enkripsi.

Cara Melihat Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask by Androbuntu 5

Tips Menjaga Keamanan Frasa Pemulihan MetaMask

12 Frasa Pemulihan Rahasia merupakan hal yang paling penting di akun MetaMask kamu.

Karena dengan Frasa Pemulihan Rahasia, kamu tetap dapat memiliki akses ke akun MetaMask kamu yang berharga itu.

Jika sampai ada orang lain yang mengetahui Frasa Pemulihan Rahasia kamu, maka habis sudah semua aset yang kamu simpan di MetaMask.

Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi pada kamu, berikut ini adalah beberapa tips menjaga keamanan Frasa Pemulihan Rahasia agar tidak sampai ditangan orang-orang tidak bertanggung jawab:

Hanya unduh MetaMask dari situs resminya

MetaMask merupakan aplikasi dompet Ethereum yang sangat populer, tersedia untuk Chromium, Firefox, hingga Android dan iOS.

Karenanya, para peretas berupaya sedemikian rupa untuk mengambil alih akun para pengguna MetaMask dengan berbagai macam cara.

Salah satu cara yang paling sering digunakan ialah membuat aplikasi MetaMask palsu.

Jadi ketika kita memasukkan Frasa Pemulihan Rahasia ke MetaMask palsu tersebut, si pembuat MetaMask palsu memiliki Frasa Pemulihan Rahasia kita.

Maka dalam hitungan menit, seluruh aset milik Sobat Androbuntu akan hilang.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu mengunduh MetaMask yang asli. Selalu kunjungi situs metamask.io untuk mendapatkan MetaMask yang asli.

Jangan memasukkan Frasa Pemulihan Rahasia di situs manapun

Selain aplikasi MetaMask palsu, cara yang satu ini juga populer digunakan oleh para penipu untuk mengambil alih akun para pengguna MetaMask.

Biasanya, para penipu ini akan mengirimkan pesan kepada calon korban melalui Telegram, Facebook, Instagram atau media sosial lainnya.

Kemudian melalui pesan tersebut, ia akan memberikan iming-iming seperti melipatgandakan Ethereum yang kamu miliki dan kamu nantinya akan diberikan tautan situs.

Ketika di klik, situs tersebut akan meminta kamu untuk memasukkan Frasa Pemulihan Rahasia MetaMask.

Disinilah banyak orang yang tertipu karena iming-iming melipatgandakan Ethereum yang kamu miliki.

Padahal, dengan memasukkan Frasa Pemulihan Rahasia ke situs tersebut, itu akan membuat si penipu memiliki akses ke akun MetaMask kamu, dan seluruh aset yang kamu miliki di MetaMask akan lenyap dalam sekejap.

Jadi jika ada orang yang menghubungi kamu melalui media apapun dan mengirimkan tautan ke situs yang meminta Frasa Pemulihan Rahasia kamu, jangan pernah memberikannya.

Itu 100% penipuan.

Gunakan aplikasi pengelola password untuk mengamankan Frasa Pemulihan Rahasia

Banyak orang yang menggunakan aplikasi note atau catatan bawaan ponsel mereka. Padahal ini sangat berbahaya.

Aplikasi catatan bawaan biasanya tidak memiliki fitur enkripsi dan pengamanan ekstra.

Jadi, jika sewaktu-waktu ponsel kamu hilang dan ditemukan orang, ia akan dapat melihat Frasa Pemulihan Rahasia yang tersimpan di aplikasi catatan.

Dan tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola password seperti Bitwarden.

Ini jauh lebih aman, karena selain terlindungi oleh password, data yang kamu simpan di Bitwarden juga di enkripsi.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari