Cara Mengembalikan Akun MetaMask

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa 12 Frasa Pemulihan Rahasia atau Secret Recovery Phrase yang ada di aplikasi MetaMask kamu adalah hal yang sangat rahasia dan tidak boleh ada seorangpun yang tahu selain diri kamu sendiri.

Karena jika sampai ada yang mengetahui Frasa Pemulihan Rahasia tersebut, maka dia akan dapat akses ke akun MetaMask kamu dan memindahkan seluruh aset ke dompet miliknya. Mulai dari Ethereum, Token ERC-20, hingga NFT, semuanya dapat dipindahkan olehnya.

Selain menjaganya agar tidak sampai diketahui oleh orang lain, kamu juga harus menjaga 12 Frasa Pemulihan Rahasia agar tidak hilang.

Karena jika sampai hilang, maka kamu tidak akan dapat memulihkan atau mengembalikan akun MetaMask kamu lagi untuk selamanya.

Sehingga seluruh Ethereum yang ada didalam akun MetaMask tersebut akan hilang secara permanen.

Berbeda lagi ceritanya jika kamu memiliki backup untuk 12 Frasa Pemulihan Rahasia tersebut, kamu dapat mengembalikan akun MetaMask kamu kapanpun kamu inginkan.

Contohnya, jika komputer kamu rusak, kamu dapat memasang MetaMask di komputer lain dan mengembalikan akun sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat mengembalikannya di HP Android dan iPhone.

Baca juga: Cara Menghapus Akun MetaMask

Table of Contents

Cara Mengembalikan Akun MetaMask

Catatan: Untuk mengikuti tutorial ini, kamu harus memiliki 12 Frasa Pemulihan Rahasia MetaMask kamu.

Jika sebelumnya kamu belum menyimpan Frasa Pemulihan Rahasia, maka kamu tidak dapat mengikuti tutorial ini.

Untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan Frasa Pemulihan Rahasia di MetaMask, ikuti tutorial ini.

Jika sudah, ikuti lanjutkan ikuti tutorial dibawah:

Buka aplikasi MetaMask di HP Android atau iPhone kamu. Kemudian ketuk tombol Persiapan.

Berikutnya, ada dua pilihan yaitu Impor menggunakan Frasa Pemulihan Rahasia dan Buat dompet baru. Pilih yang pertama, yaitu Impor menggunakan Frasa Pemulihan Rahasia.

Pada langkah berikutnya, Sobat Androbuntu bebas memilih apakah ingin membagikan beberapa data ke MetaMask atau tidak. Dalam tutorial kali ini saya memilih Tidak, Terima Kasih.

Masukkan 12 Frasa Pemulihan Rahasia akun MetaMask kamu ke kotak yang disediakan. Lalu buat password baru.

Jika 12 Frasa Pemulihan Rahasia yang kamu masukkan sudah benar, maka nanti kamu akan langsung masuk ke akun tersebut.

Jika sebelumnya kamu memiliki Ethereum atau Token ERC-20, maka akan langsung muncul di MetaMask. Begitu juga jika kamu memiliki NFT, itu semua akan langsung muncul.

Kesimpulan

Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa 12 Frasa Pemulihan Rahasia yang ada di MetaMask merupakan “kunci” untuk membuka dan mengakses seluruh Ethereum yang kamu simpan.

Jadi, sekali lagi saya ingatkan untuk menjaga baik-baik Frasa Pemulihan Rahasia kamu, jangan pernah sekali-kali untuk memberikannya kepada orang lain.

Jika ada orang asing yang mengirimkan kamu pesan di Telegram, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya dan meminta ke 12 Frasa Pemulihan Rahasia kamu, jangan pernah memberikannya.

Biasanya penipu-penipu itu akan berpura-pura bahwa mereka adalah dari pihak MetaMask.

Jangan pernah mempercayai itu, karena bahkan pihak pengembang MetaMask pun tidak akan pernah meminta Frasa Pemulihan Rahasia kamu.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari