Cara Mengembalikan Akun Trust Wallet

Salah satu momok yang paling mengerikan untuk para investor cryptocurrency adalah hilangnya Frasa Pemulihan Rahasia atau secret Recovery Phrase.

Kenapa? Karena Frasa Pemulihan Rahasia adalah semacam “kunci” yang kita gunakan untuk mengakses dompet cryptocurrency kita.

Frasa Pemulihan Rahasia biasanya terdiri dari 12 kata random yang dibuat secara otomatis dan unik hanya untuk kamu. Beberapa cryptocurrency, contohnya Bitcoin juga menyediakan pilihan Frasa Pemulihan Rahasia sebanyak 14 kata.

Tanpa 12 kata tersebut, kamu tidak dapat mengembalikan akun kamu kembali jika sewaktu-waktu kamu kehilangan akses ke aplikasi dompet cryptocurrency yang kamu gunakan.

Nah, dalam tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan akun Trust Wallet menggunakan Frasa Pemulihan Rahasia.

Baca juga: Cara Membuat Akun di Trust Wallet

Pentingnya Menyimpan Salinan 12 Frasa Pemulihan Rahasia Trust Wallet

Untuk mengembalikan akun Trust Wallet yang sebelumnya pernah kamu buat dan gunakan, tidak semudah mengembalikan akun media sosial seperti Instagram atau Twitter.

Akun media sosial seperti Instagram memiliki server terpusat yang menyimpan segala informasi terkait dengan akun milik kita.

Advertisements

Dengan begitu ketika kita memiliki masalah terkait dengan akun, misalnya lupa password, maka kita hanya perlu mengetuk tombol Lupa Password, lalu memasukkan alamat email akun kita.

Karena server Instagram menyimpan informasi akun kita, maka ia akan mengirimkan email ke alamat email kita berisi tautan untuk mengganti password akun.

Dengan meng-klik tautan yang dikirim oleh Instagram ke alamat email kita, maka kita dapat mengganti password dan kembali login ke akun Instagram kita.

Kemudahan seperti itu tidak dapat Sobat Androbuntu dapatkan jika ingin mengembalikan akun Trust Wallet.

Kenapa? Karena pihak Trust Wallet tidak menyimpan informasi apapun terkait dengan akun kita.

Saat pertama kali membuat akun, tidak ada alamat email yang diminta oleh aplikasi Trust Wallet.

Kenapa begitu? Karena Trust Wallet merupakan aplikasi dompet cryptocurrency non-kustodian.

Advertisements

Artinya, kita diberikan akses penuh ke private key dari setiap cryptocurrency yang kita simpan di Trust Wallet.

Sebagai ganti dari akses penuh tersebut, maka kita sebagai pengguna juga wajib mengamankan akun kita sendiri karena Trust Wallet tidak ikut campur untuk mengamankan akun kamu.

Ingatkah kamu bahwa saat membuat akun Trust Wallet kita akan diberikan 12 Frasa Pemulihan Rahasia (Secret Recovery Phrase)?

Nah, itu adalah 12 frasa yang dapat kita gunakan untuk mengembalikan akun Trust Wallet beserta dengan seluruh cryptocurrency yang kita simpan didalamnya.

Jika kamu tidak menyimpan salinan 12 frasa tersebut dan kamu kehilangan akses ke akun tersebut, maka kamu tidak dapat menggunakan akun tersebut selamanya.

Semua cryptocurrency yang kamu simpan di akun tersebut juga akan hilang secara permanen.

Karenanya, pastikan kamu sudah menyimpan backup 12 Frasa Pemulihan Rahasia dari akun Trust Wallet kamu.

Advertisements

Dengan begitu, jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya ponsel kamu rusak, aplikasi Trust Wallet tidak sengaja terhapus, ponsel kamu hilang, dan semacamnya, kamu tetap dapat mengembalikan akun Trust Wallet beserta dengan seluruh cryptocurrency yang kamu miliki.

Cara Backup 12 Frasa Pemulihan Rahasia Trust Wallet

Buka Trust Wallet, pilih tab Pengaturan > Dompet.

Kemudian pilih dompet atau akun yang ingin di backup 12 Frasa Pemulihan Rahasia-nya. Ketuk tombol i disamping nama akun tersebut.

Lalu ketuk menu Show Secret Phrase.

Salin ke-12 kata yang muncul di layar pada aplikasi catatan kamu, untuk lebih menjaga keamanan, ada baiknya menggunakan aplikasi catatan dengan fitur enkripsi.

Jaga baik-baik ke-12 kata tersebut, jangan berikan pada orang lain dan jangan sampai hilang.

Cara Mengembalikan Akun Trust Wallet

Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengganti ponsel, maka kamu hanya perlu mengunduh kembali aplikasi Trust Wallet.

Advertisements

Setelah itu ketuk tombol Saya sudah memiliki dompet.

Pilih Dompet Multi Koin.

Salin 12 Frasa Pemulihan Rahasia yang tadi kamu simpan pada aplikasi catatan, kemudian tempelkan ke kolom yang ada di aplikasi Trust Wallet kemudian tekan enter.

Trust Wallet kemudian akan menampilkan akun kamu beserta dengan seluruh cryptocurrency-nya.

Dan selamat, kamu baru saja berhasil mengembalikan akun Trust Wallet.

Pemikir, cowok rumahan.