Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Laptop untuk Kamu Para Mahasiswa

Laptop menjadi kebutuhan penting bagi para mahasiswa untuk menunjang proses belajar dan perkuliahan. Tak hanya untuk mengerjakan tugas, kegiatan belajar melalui video call pun bisa dengan mudah dilakukan melalui laptop.

Dengan kebutuhan laptop yang esensial tersebut, mahasiswa mau tak mau harus memiliki laptop sendiri. Namun, kira-kira bagaimana cara memilih laptop agar tak salah pilih, ya? Berikut 6 tips mudah yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk kamu para mahasiswa.

1. Cari Laptop yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kebutuhan setiap kalangan memang berbeda-beda sehingga saat ini laptop tersedia dalam berbagai spesifikasi, baik dari segi prosesor dan RAM untuk memenuhi semua kebutuhan. Untuk kamu mahasiswa, laptop dengan RAM 4GB sudah dapat memenuhi kebutuhan belajarmu. Mengerjakan tugas di Microsoft Office, menonton film, mendengarkan musik, dan aplikasi edit foto masih bisa kamu nikmati dengan kapasitas RAM 4GB ini.

Selanjutnya, jika kamu butuh aplikasi editing yang lebih berat atau bahkan untuk gaming, kamu bisa memilih laptop dengan minimal RAM 8GB yang memungkinkan kamu untuk bisa menggunakan berbagai aplikasi yang kamu inginkan. Pikirkan dan tentukan dulu kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk mendukung keperluanmu yang beragam, laptop ASUS bisa kamu jadikan referensi pilihanmu.

2. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Setelah mengetahui tipe laptop apa yang kamu butuhkan, sekarang kamu bisa memperhitungkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan.

Baiknya saat memilih laptop kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki atau jika masih kurang juga kamu bisa mengundur waktunya sedikit lagi untuk mengumpulkan uang lebih banyak. Jika mendesak, kamu bisa mencari laptop bekas yang masih layak pakai serta sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Pastikan Software di Dalamnya Kompatibel

Setelah memilih laptop mana yang cocok, kamu bisa cek dulu software bawaan yang ada di dalamnya. Pastikan di dalam laptop sudah terinstal sistem operasi seperti Windows yang merupakan komponen paling penting untuk menunjang kebutuhan belajarmu.

Advertisements

Saat membeli laptop, biasanya petugas dari outlet tersebut sudah melakukan pre-installed Windows ke dalam laptop untuk kenyamanan konsumen dan terhindar dari aktivasi Windows bajakan.

Jika belum ada, maka mintalah pada petugas untuk memasang Microsoft Windows orisinal di laptopmu. Hal ini bisa jadi keuntungan karena jika mengunduhnya sendiri, kamu akan dikenai biaya penggunaan sistem Windows yang terbilang cukup mahal.

Setelah proses pengunduhan selesai, cobalah cek kembali apakah performa laptop tetap baik dan dapat terintegrasi dengan baik dengan berbagai aplikasi tersebut. Laptop dengan kemampuan multitasking dan performa yang baik tentu akan sangat membantumu dalam melakukan banyak aktivitas.

4. Pilih Laptop dengan Desain yang Menarik

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membeli Laptop untuk Kamu Para Mahasiswa_Hero image
Sumber: nathapath

Laptop saat ini dihadirkan dengan desain yang menarik, mulai dari laptop tipis dan ringan, warna laptop yang menarik, dan bahkan kemampuan dilipat. Hal ini menjadi poin tersendiri yang dapat menambah minat konsumen untuk membelinya. Termasuk kamu pastinya, pintar-pintarlah dalam memilih model dan model laptop.

Tampilan laptop dengan warna klasik atau netral biasanya tak akan lekang oleh waktu. Hal ini membuat tampilan laptopmu terlihat selalu menarik dan tidak ketinggalan zaman.

5. Pastikan Membeli Laptop Bergaransi

Saat membeli laptop pastikan kamu membeli laptop bergaransi. Hal ini untuk mengantisipasi ketika suatu saat terjadi sesuatu pada laptopmu, entah itu tergores atau ada masalah pada software, bisa kamu bawa langsung ke outlet tempat kamu membeli laptop.

Biasanya untuk garansi software waktu garansinya sekitar 1 minggu, sedangkan garansi hardware bisa 1-2 tahun tergantung ketentuan dari masing-masing outlet. Pastikan kamu menyimpan dengan baik kartu garansi dan bukti pembayaran sah saat melakukan transaksi supaya saat digunakan untuk perbaikan dapat berjalan dengan lancar.

Advertisements

6. Membeli Laptop di Outlet Resmi

Tips terakhir yang tak kalah penting yaitu pemilihan outlet atau tempat membeli laptop itu sendiri. Sangat disarankan untuk membeli laptop di outlet resmi agar terjamin keasliannya. Walaupun begitu, kamu juga bisa membelinya dari distributor untuk melihat lebih banyak pilihan laptop dari berbagai merek.

Ada banyak outlet resmi maupun distributor yang bisa kamu temukan di mall maupun via online. Jika kamu berencana membelinya di online shop, kamu bisa membelinya dari brand official-nya langsung agar terjamin kualitas dan keaslian produk itu sendiri.

Nah, setelah menyimak beberapa tips di atas semoga kamu mendapatkan pencerahan sebelum membeli laptop, ya. Produk elektronik satu ini bisa dikategorikan sebagai barang penting untuk menunjang seluruh aktivitas pembelajaran yang kita lakukan. Ketelitian dan pemilihan laptop yang tepat pastinya harus diutamakan. Yuk, terpakan cara di atas supaya kamu tak salah pilih saat membelinya!

Pemikir, cowok rumahan.