Seorang Pengguna Trezor Kehilangan Bitcoin Senilai £55.000

Seorang pengguna Reddit dengan nama MrChaBuDuo membagikan pengalaman pahitnya di subreddit Bitcoin. Total Bitcoin yang hilang dari wallet-nya adalah senilai £55.000, itu senilai dengan sekitar Rp 865.000.000 (kurs 15.700).

MrChaBuDuo kehilangan Bitcoin yang ia miliki, padahal ia menyimpannya di hardware wallet Trezor. Seperti yang kita ketahui, hardware wallet merupakan cara paling aman untuk menyimpan Bitcoin.

Lantas, apakah ini berarti hardware wallet tidak lagi aman? Tentu saja tidak, hardware wallet masih tetap cara teraman untuk menyimpan Bitcoin.

MrChaBuDuo bercerita bahwa ia terkena phising. Ia mengunduh software Trezor Suite dari situs palsu yang menyerupai situs Trezor asli.

Alhasil, Trezor Suite yang ia unduh bukan merupakan Trezor Suite asli dari pihak Trezor, melainkan software palsu buatan si hacker.

Dalam postingan tersebut, MrChaBuDuo juga menambahkan bahwa Trezor Suite palsu yang ia unduh benar-benar terlihat identik dengan Trezor Suite yang asli sehingga ia tidak menyadarinya.

Ia memasukkan frasa pemulihannya ke dalam Trezor Suite tersebut, kemudian dalam beberapa menit seluruh Bitcoin yang sudah ia kumpulkan selama 7 tahun raib begitu saja tanpa sisa.

Advertisements

Ia juga menambahkan bahwa saat itu ia sedang beradu argumen (bertengkar) dengan pacarnya di ponsel, sehingga konsentrasinya terpecah.

Dalam postingan tersebut banyak pengguna Reddit lain yang sangat menyayangkan kejadian ini dan memberi semangat pada MrChaBuDuo.

Seorang pengguna bernama guryfitze bertanya “Bisa dijelaskan lebih lanjut bagaimana cara kerja penipuan ini sehingga kami para pemula dapat menghindarinya?“.

Seorang pengguna bernama magneticman245 kemudian menjawab: “Hacker mengirim email yang berpura-pura mereka adalah dari pihak Trezor dan mengklaim bahwa kripto anda dalam risiko, dan meminta anda untuk mengunduh wallet software terbaru untuk melindungi dana anda. Di dalam email ada tautan ke software Trezor palsu, dan ketika anda mengunduhnya, software tersebut akan menanyakan seed phrase untuk memulihkan wallet. Ketika kamu melakukannya, hacker mendapatkan kiriman seed phrase milik kamu dan menggunakannya untuk mengambil seluruh kripto kamu ke wallet miliknya sendiri“.

Jadi sebenarnya dalam kejadian ini tidak ada hubungannya dengan keamanan hardware wallet Trezor. Yang terjadi disini benar-benar murni kelalaian si korban.

Semoga ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua agar terhindar dari kejadian serupa.

Untuk kamu para pengguna Trezor, atau hardware wallet merk lainnya, pastikan cek baik-baik ketika mengunjungi situs resmi pabrikan hardware wallet.

Advertisements

Juga jangan mudah percaya dengan email yang mengatasnamakan perusahaan pembuat hardware wallet.

Jika kamu mengikuti grup-grup kripto di Telegram, kamu juga akan mendapatkan banyak pesan dari orang random yang mengatasnamakan perusahaan kripto tertentu.

Jangan pernah percayai itu dan jangan pernah memberikan seed phrase kamu kepada siapapun.

Toxic bitcoin maximalist.