Cara Mengatur Akun Favorit di Beranda Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini paling banyak digemari oleh anak-anak muda.

Fiturnya yang terus mengalami perkembangan dari awal mulai aplikasi ini berdiri, menjadikannya terus berada di urutan teratas 5 aplikasi sosial media paling banyak digunakan.

Di urutan lain, kamu mungkin akan menemukan aplikasi sosial media lain, seperti WhatsApp, Facebook, TikTok, Telegram atau Youtube.

Baca juga: Cara Mendapatkan Canva Pro Menggunakan Email Kampus

Sekilas Tentang Instagram

Uniknya, Instagram memiliki nilai sejarah yang jauh dari aplikasi berbagi video dan foto seperti sekarang ini.

Pengembang sekaligus Founder dari Instagram saat itu, Kevin Systrom, lebih memusatkan Instagram sebagai aplikasi check-in.

Adapun nama aplikasi itu adalah burbn. Nama yang nantinya bakal menjadi Instagram. Fitur check-in sebagai fitur utama pada aplikasi justru kalah saing dengan fitur lain yang juga ada di dalam aplikasi tersebut.

Ya, fitur tersebut adalah fitur berbagi foto dan video. Wajarnya, karena biasanya pengunjung hotel/sejenisnya senang berbagi foto dan video kegiatan mereka selama berada di sana.

Advertisements

Melihat peluang ini, Kevin Systrom bersama dengan koleganya yakni Mike Krieger merubah fokus bisnis burbn ke fitur tersebut.

Dan pada tanggal 10 Oktober 2010, burbn lahir kembali dengan nama Instagram. Aplikasi ini terus berkembang hingga sampailah pada Instagram yang sekarang, yang penuh dengan fitur-fitur yang top.

Fitur Favorit

Setelah Instagram diakuisisi perusahaan teknologi sosial media terbesar di dunia, yakni Facebook.inc (sekarang Metaverse), ada banyak fitur yang bisa kita gunakan.

Fitur-fitur yang memudahkan untuk mendapatkan asupan-asupan konten berkualitas.

Mulai dari Private, IG TV, Reels, Stories, Instagram Remix, dan juga fitur yang baru-baru ini muncul, yakni fitur Favorit.

Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mengatur akun apa saja yang bakal atau akan sering tampil di bagian Beranda Instagram pribadi.

Fitur ini tentunya akan membantu memfilter konten-konten yang sekiranya diperlukan dan yang tidak.

Advertisements

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur tersebut?

Cara Mengatur Akun Favorit di Feed Instagram

1. Langkah pertama, dan sudah sangat jelas adalah kamu wajib download dan install Instagram. Penulis berasumsi saja bahwa kamu, pembaca setia Androbuntu pastinya sudah punya Instagram. Jika sudah punya, maka kamu hanya cukup lakukan update pada aplikasi ini.

Update Instagram.jpg

2. Setelah itu buka aplikasi Instagram, dan perhatikan baik-baik bagian dari Instagram pada pojok kiri atas aplikasi.

Tampilan Instagram.jpg

3. Akses fitur  Favorit di sana dengan cara menekan tombol tanda panah ke bawah. Terdapat dua pilihan, pilih bagian Favorit.

Akses Menu Favorit.jpg

4. Ini tampilan aplikasi setelah fitur ini diakses. Keterangan yang ada memberikan kamu petunjunk untuk penggunaan fitur ini. Pilih Tambah Favorit.

Fitur Favorit Diakses.jpg

5. Inilah daftar favorit yang sebelumnya ada dalam beranda penulis. Gunakan icon Plus di sudut pojok kanan atas aplikasi atau fitur Cari yang ada demi menambahkan akun favorit.

Akun-Akun Favorit.jpg

6. Melalui fitur pencarian ini, kamu bisa mencari akun apa saja yang ingin kamu prioritas kontennya muncul di beranda kamu.

Advertisements
Mencari Akun Favorit.jpg

7. Inilah akun-akun yang sudah masuk ke dalam fitur Favorit milik beranda Instagram penulis.

Hasil Penambahan Akun Favorit.jpg

Kesimpulan

Fitur favorit dari Instagram ini sangat membantu kita mendapatkan konten-konten yang memang kita ingin prioritaskan tampil di beranda sendiri.

Artinya, kita akan sangat jarang melihat konten-konten yang memang tidak diperlukan.

Belum lagi fakta, bahwa memang konten-konten yang berada di bagian beranda Instagram milik kita adalah hasil follow akun mereka.

Tetapi mungkin dari sekian banyak akun yang di follow, kamu hanya ingin beranda kamu menampilkan akun-akun yang informatif ketimbang hanya melihat foto-foto atau video liburan dari akun teman yang difollow.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Advertisements

Menulis adalah healing terbaik.