Cara Membuat Video 3D Zoom Effect di CapCut

Akhir-akhir ini sosial media Instagram maupun TikTok sedang viral dengan konsep video yang diberi efek 3D Zoom.

Efek ini sendiri adalah efek yang membuat foto atau gambar ada seolah-olah bergerak.

Yaps, efek ini sering digunakan untuk video-video meme atau video-video yang memperlihatkan “ketangguhan” orang di dalam gambar.

Untuk dapat membuat video ini sebenarnya tidaklah rumit. Kamu bisa membuatnya dengan mudah melalui aplikasi CapCut.

Ya, aplikasi yang di awal kemunculannya viral karena mampu merubah wajah seseorang seperti anime saat awal-awal tahun 2020.

Saat itu, aplikasi CapCut belum tersedia di PlayStore, dan masih di-download melalui situs mereka di Google.

Bahkan saat itu pula, bahasa operasi yang disediakan masih terbatas pada bahasa mandarin atau China.

Advertisements

Sekarang aplikasi editing CapCut ini bisa kamu temui dengan mudah di Play Store, dan tentu saja dengan bahasa operasi yang mudah kita mengerti yakni Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia.

Baca juga: Cara Menambahkan Stiker ke Video di CapCut

Aplikasi CapCut dan Fitur-Fiturnya

Aplikasi editing video yang diproduksi oleh Bytedance Pte. Ltd ini memang memiliki banyak fitur editing yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan editing sesuka hati.

Proses cut, reverse, dan pengaturan kecepatan di dalam aplikasi ini terbilang sangat mudah dioperasikan.

Hasil rendering yang dihasilkan dari aplikasi ini juga memiliki kualitas yang bagus.

CapCut juga dilengkapi dengan fitur musik library yang bebas Copyright dan bukan seperti musik biasa yang sering kita jumpai di Youtube, musik yang ada di dalam list adalah musik-musik yang hits.

Ada juga banyak efek dan filter yang bisa kamu gunakan dalam proses editing video. Dan salah satu dari efek tersebut adalah 3D Zoom Effect.

Cara Membuat Video 3D Zoom Effect dengan Mudah

1. Setelah mengetahui aplikasi apa yang akan kita gunakan, maka langkah pertama pastinya adalah dengan mengisntall CapCut di PlayStore. Apabila kamu sudah menginstall aplikasi ini sebelumnya, maka kamu bisa lakukan update.

Advertisements
Instal Aplikasi CapCut.jpg

2. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi. Saat pertama kali membuka aplikasi ini, maka kamu akan dihadapkan langsung pada pilihan Proyek Baru. Pilih menu tersebut untuk memulai proses editing.

Masukan Proyek Baru.jpg

3. Inilah gambar yang penulis pilih. Tekan menu Tambah untuk menambahkan foto ke dalam proyek. Masukan gambar yang sesuai dengan kehendak kamu yang ada di bagian Gallery masing-masing

Gambar Terpilih.jpg

4. Setelahnya gambar atau foto akan berhasil masuk ke dalam proyek. Tekan atau tap pada bagian thumbnail foto.

Memilih Efek.jpg

5. Geser ke samping kanan menu atau fitur yang ada di bagian bawah hingga terlihat fitur Gaya. Pilih fitur tersebut untuk akses efek 3D Zoom.

3D Zoom Effect.jpg

6. Pilih efek Perbesaran 3D, dan tunggu hingga proses akusisi efek berlangsung. Pastikan bahwa saat kamu mengakses efek ini, smartphone yang digunakan dalam keadaan online.

Proses 3D Zoom Effect.jpg

7. Efek berhasil dipasang pada foto. Selanjuttnya pilih tanda 1080P lalu pilih tanda panah ke bawah kecil, dan pilih resolusi video yang kamu inginkan.

Resolusi Video Export 3D Zoom Effect.jpg

Setelah resolusi video kamu pilih, tekan tombol Export bertanda panah ke atas, dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Advertisements

Video sudah siap untuk dibagiakn ke jejaring sosial media kamu. Lamanya proses export ini bergantung pada resolusi dan ukuran file yang kamu edit.

Kesimpulan

Itulah cara membuat video 3D Zoom Effect dengan mudah. Hanya dengan menggunakan fitur 3D Zoom dari aplikasi CapCut, kamu dapat dengan mudah memperoleh video yang diberikan dengan efek 3D Zoom.

Sebuah efek yang menbuat gambar seolah-olah bergerak. Tentunya, kamu juga bisa menambah efek lain di dalam video 3D Zoom kamu, seperti menambahkan efek bling, kilau bersinar, dan juga warna-warna.

Jelajahi fitur-fitur yang ada di dalam CapCut sepuasnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Menulis adalah healing terbaik.