Arti Emoji Tengkorak dan Cara Tepat Menggunakannya

Emoji bergambar tengkorak mungkin merupakan salah satu emoji yang paling sering kalian lihat bertebaran di media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp, Telegram hingga OnlyFans.

Namun, tahukah kamu apa makna atau arti emoji ini serta kapan waktu yang tepat menggunakannya dalam percakapan?

Nah, agar kalian tidak bingung dan salah dalam menggunakan emoji ini, pastikan kalian menonton video ini sampai habis ya.

Karena dalam video ini, Androbuntu Media akan membahas secara detail mengenai emoji Tengkorak ini.

Emoji ini menampilkan tengkorak berwarna putih, di beberapa platform emoji ini ditampilkan dengan warna keabu-abuan, dengan lubang mata yang besar berwarna hitam.

Apple, WhatsApp dan Facebook menampilkan emoji ini lengkap dengan rahang bagian atas dan bawah.

Sedangkan di beberapa platform lain seperti Google, Microsoft, Samsung dan Twitter emoji ini ditampilkan tanpa rahang bagian bawah.

Advertisements

Emoji tengkorak berada dalam kategori Wajah & Orang.

Baca juga: Ini Dia Arti Emoji Paling Lengkap di Dunia

Arti Emoji Tengkorak

Biasanya emoji ini digunakan bersama dengan berbagai kalimat atau kata yang berhubungan dengan kematian, seperti meninggal, mati, dan semacamnya.

Atau dapat juga diartikan sebagai tengkorak secara harfiah, yaitu bagian tubuh manusia yang melindungi otak.

Emoji ini telah disetujui menjadi bagian dari unicode 6.0 pada tahun 2010 dan ditambahkan ke Emoji 1.0 pada 2015.

Nama emoji ini dalam bahasa inggris adalah skull. Emoji ini juga biasanya disebut sebagai death, grey skull, atau skeleton.

Emoji tengkorak memiliki codepoint U+1f40 dan shortcodes :skull:.

Menurut Ismail bin Mail (Co-Founder Androbuntu sekaligus pengamat kebijakan publik asal Bekasi), Codepoint adalah sebuah kode yang merujuk pada emoji tertentu, sehingga walaupun gambarnya sedikit berbeda di berbagai platform, namun jika codepint-nya sama, maka kita bisa memastikan bahwa semuanya itu merujuk pada satu emoji yang sama.

Advertisements

Ibaratnya seperti Burung Kutilang. Di daerah tertentu, burung ini disebut sebagai ketilang, orang-orang di daerah tertentu lainnya menyebutnya sebagai cucak kutilang.

Orang-orang di negara barat menyebutnya sebagai sooty headed bulbul.

Namun semuanya itu merujuk pada satu spesies burung yang sama, yaitu Pycnonotus aurigaster.

Contoh Penggunaan Emoji Tengkorak

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana emoji tengkorak digunakan dalam obrolan di aplikasi pesan instan atau media sosial:

  • Tahun ini kita akan merayakan halloween bersama nenek, apakah kalian sudah siap mengenakan kostum tengkorak yang kita beli kemarin?
  • Tempat itu sangat angker, temanku pernah melihat tengkorak melayang didalam rumah itu.
  • Tempat bersejarah itu dipenuhi dengan tengkorak manusia, konon katanya tempat itu dulunya adalah tempat pemakaman massal.

Untuk melihat bagaimana orang-orang menggunakan emoji ini di media sosial, kalian dapat mencarinya di Twitter, Facebook, Instagram atau media sosial lainnya dengan kata kunci emoji ini.

Emoji Tengkorak Lainnya

Ada satu emoji lain yang juga menampilkan gambar tengkorak, yaitu Tengkorak dan Tulang Bersilang.

Emoji tengkorak serta emoji Tengkorak dan Tulang Bersilang merupakan dua emoji yang berbeda, walaupun artinya kurang lebih sama dan dapat digunakan secara bersamaan.

Advertisements

Tengkorak dan Tulang Bersilang juga biasanya digunakan untuk merepresentasikan bajak laut karena pada jaman dahulu bajak laut menggunakan simbol ini pada bendera di kapal-kapal mereka.

Omong-omong soal bendera bajak laut, tahukah Sobat Androbuntu bahwa bendera bajak laut juga ada didalam daftar emoji?

Jika kalian tertarik mempelajari arti dari seluruh emoji yang ada dan kapan saat yang tepat menggunakannya, kalian dapat mengunjungi situs emojipedia.id.

Kemudian kalian tinggal ketikkan saja emoji apa yang ingin kalian ketahui arti atau maknanya pada kolom pencarian.

Emojipedia.ID kemudian akan menampilkan penjelasan lengkap mengenai emoji tersebut, mulai dari maknanya, hingga kapan saat yang tepat bagi kita menggunakan emoji tersebut di media sosial atau aplikasi pesan instan.

Dengan begitu Sobat Androbuntu tidak akan salah lagi dalam menggunakan sebuah emoji saat update status di WhatsApp, menulis caption di Instagram, berkomentar di YouTube, atau saat menggoda gebetan kalian di WhatsApp.

Advertisements

Pemikir, cowok rumahan.