Apa itu Airdrop dalam Kriptokurensi?

Satu lagi istilah dalam dunia kriptokurensi yang pastinya sering kalian dengar, yaitu airdrop.

Apa itu airdrop? Bagaimana cara mengikutinya? Dan apakah ini aman untuk diikuti?

Kalian semua akan mendapatkan jawabannya dalam artikel ini.

Apa itu Airdrop?

Airdrop adalah kriptokurensi gratis yang diberikan oleh developer kepada orang-orang yang disebut sebagai pengadopsi awal (early adopters).

Para pengadopsi awal ini adalah orang-orang yang percaya bahwa nilai suatu kriptokurensi akan naik dan memiliki nilai yang tinggi di masa depan.

Dengan membagikan kriptokurensi secara gratis, maka minat serta keingintahuan orang-orang akan meningkat mengenai proyek kriptokurensi yang memberikan airdrop.

Ada beberapa jenis airdrop. Airdrop proaktif memberikan kriptokurensi gratis sejak awal sebuah token atau kriptokurensi diperkenalkan.

Advertisements

Para investor dapat menggunakan situs seperti airdrops.io untuk menemukan proyek yang memberikan kriptokurensi gratis.

Untuk mengikuti sebuah airdrop, biasanya kalian akan diminta untuk mengikuti beberapa persyaratan yang diberikan oleh developer.

Contohnya ialah kalian diharuskan untuk mengikuti akun Twitter mereka, mengikuti grup Telegram proyek kriptokurensi tersebut, hingga memasukkan informasi pribadi kalian seperti nama dan alamat email.

Setelah mengikuti melakukan semua persyaratan yang diminta, kalian akan mendapatkan kriptokurensi yang dijanjikan pada tanggal yang telah ditentukan.

Dengan memberikan kriptokurensi secara gratis kepada para pengguna yang tertarik, diharapkan proyek kriptokurensi tersebut mendapatkan minat yang cukup banyak dari para pengguna kriptokurensi lainnya. Kemudian diharapkan orang-orang akan membeli dan menggunakan kriptokurensi tersebut.

Ketika semakin banyak orang membeli dan menggunakannya, maka harga kriptokurensi tersebut akan meningkat.

Orang-orang yang mendapatkan kriptokurensi dari airdrop kemudian biasanya akan menjualnya untuk mengambil keuntungan. Atau bisa juga disimpan lebih lama sampai harga harganya menjadi lebih tinggi lagi.

Advertisements

Ada juga airdrop retroaktif, yaitu sebuah pembagian kriptokurensi yang terjadi secara tiba-tiba dan biasanya tidak diberitahukan jadwalnya.

Pengguna sebuah kriptokurensi bisa tiba-tiba bangun dengan melihat kriptokurensi baru muncul di wallet mereka.

Contoh yang paling terkenal dari retroaktif airdrop adalah yang dialami oleh para pemilik NFT Bored Ape Yacht Club.

Para pemilik NFT ini mendapatkan token Apecoin, karena pengembang NFT ini membagikannya secara gratis kepada mereka.

Menariknya lagi, token tersebut diberikan juga pada para pemegang NFT Bored Ape Yacht Club sebelumnya, walaupun mereka sudah menjualnya.

Ini mungkin adalah semacam tanda terima kasih dari pengembang NFT tersebut kepada mereka yang telah membantu mempopulerkan Bored Ape Yacht Club.

Omong-omong, apakah Sobat Androbuntu ada yang mendapatkan token Apecoin?

Advertisements

Hati-hati Dalam Mengikuti Airdrop

Mengikuti airdrop mungkin terdengar mudah dan menguntungkan. Karena kita hanya perlu mengikuti persyaratan yang diberikan, kemudian kita tinggal menunggu kiriman kriptokurensi dari developer.

Jika Sobat Androbuntu ingin mengikuti airdrop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan ini tidak membuang-buang waktu kalian.

Pastikan hanya mengikuti airdrop dengan persyaratan yang masuk akal untuk diikuti.

Persyaratan seperti mengikuti akun Twitter, bergabung ke grup Telegram, memasukkan alamat email dan semacamnya, itu semua masih tergolong masuk akal.

Namun jika ada airdrop yang meminta informasi pribadi yang sifatnya sensitif, seperti nama asli, alamat rumah hingga KTP dan foto wajah, jangan sekali-kali kalian mengikutinya.

Kemungkinan besar airdrop itu akan bermasalah di kemudian hari. Dalam artian developer tidak akan memberikan apa yang mereka janjikan, yaitu sebuah kriptokurensi gratis.

Dan yang paling parah adalah data-data pribadi kamu akan dijual di dark web.

Advertisements

Jika ingin mengikuti airdrop, saya juga menyarankan untuk menyiapkan satu email khusus. Jangan menggunakan alamat email utama kamu.

Karena setelah mendaftar di sebuah airdrop, biasanya kamu akan menerima banyak email spam dan promosi.

Agar tidak terlalu kecewa, kamu juga harus sadar bahwa airdrop yang kamu ikuti mungkin saja adalah penipuan dan kamu tidak akan mendapatkan apa-apa darinya.

Saran terakhir dari saya adalah, jika kamu kemudian mendapatkan kriptokurensi pada tanggal yang dijanjikan, segera jual kriptokurensi tersebut.

Kenapa? Karena pada dasarnya airdrop adalah cara untuk mempromosikan kriptokurensi dan agar prara investor tertarik untuk berinvestasi ke kriptokurensi tersebut.

Sudah ssering sekali terjadi beberapa saat setelah airdrop selesai, kriptokurensi tersebut harganya anjlok karena developer menjual semua kriptokurensi miliknya setelah ada cukup banyak investor yang membelinya.

Jual semua kriptokurensi yang kamu dapatkan dari airdrop, kemudian beli Bitcoin jika kamu ingin menyimpannya dalam jangka panjang. Itu adalah pilihan yang lebih cerdas dan masuk akal.

Advertisements

Toxic bitcoin maximalist.