Cara Mengetahui Jumlah Uang yang Ada pada Sebuah Alamat Dompet Bitcoin

Saat mengirim dan menerima dana menggunakan Bitcoin, orang-orang mungkin tidak akan tahu siapa nama kamu, namun orang-orang akan tahu berapa jumlah Bitcoin yang ada di dompet kamu.

Itu dikarenakan semua transaksi yang tercatat di blockchain Bitcoin tersedia secara umum untuk dilihat oleh semua orang di dunia.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk mengetahui jumlah Bitcoin yang ada di sebuah wallet Bitcoin.

Menariknya, untuk dapat melakukan ini kalian tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, kita dapat menggunakan situs-situs gratis yang banyak tersedia di internet.

Baca juga: Apa itu Bitcoin Lightning Network?

Cara Mengetahui Jumlah Uang yang Dimiliki oleh Sebuah Alamat Dompet Bitcoin

Ada banyak situs yang dapat kita gunakan untuk mengecek jumlah Bitcoin yang dimiliki di sebuah alamat dompet. Namun salah satu favorit saya adalah Mempool.

Situs ini sangat ringan untuk diakses. Situs ini juga open source.

Jadi untuk menggunakan situs ini, silahkan kunjungi mempool.space menggunakan browser favorit kalian.

Advertisements

Kemudian tempelkan alamat Bitcoin pada kolom yang ada pada situs tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini:

Cara Mengetahui Jumlah Bitcoin Sebuah Dompet by Androbuntu 1

Situs Mempool kemudian akan menampilkan informasi mengenal alamat dompet Bitcoin tersebut.

Di bagian atas, Sobat Androbuntu dapat melihat informasi total Bitcoin yang pernah masuk ke alamat tersebut, total Bitcoin yang pernah dikirimkan, hingga Bitcoin yang ada di wallet tersebut saat ini.

Selain dapat melihat jumlah Bitcoin yang dimiliki, kalian juga dapat melihat perkiraan jumlahnya dalam satuan Dolar Amerika.

Cara Mengetahui Jumlah Bitcoin Sebuah Dompet by Androbuntu 2

Jika kalian gulir ke bawah, maka kalian akan melihat total transaksi dan juga daftar transaksi yang dilakukan oleh alamat dompet Bitcoin ini.

Mulai dari transaksi masuk dan juga transaksi terima Bitcoin. Kalian juga dapat melihat alamat dompet Bitcoin pengirim dan penerima.

Cara Mengetahui Jumlah Bitcoin Sebuah Dompet by Androbuntu 3

Selain dapat digunakan untuk melihat informasi mengenai alamat dompet Bitcoin milik orang lain, cara diatas juga sangat berguna untuk melihat informasi alamat dompet Bitcoin milik kita sendiri.

Advertisements

Jadi misalnya Sobat Androbuntu memiliki hardware wallet dan ingin memonitor apakah ada dana masuk ke wallet tersebut atau tidak, maua kamu cukup menggunakan cara diatas.

Kamu tidak perlu lagi menghubungkan hardware wallet ke komputer hanya untuk mengecek apakah ada Bitcoin masuk atau tidak.

Hal yang sama pun dapat dilakukan oleh orang lain, yaitu mengecek jumlah Bitcoin yang kamu miliki.

Karenanya sangat penting untuk menjaga agar alamat dompet Bitcoin kamu tidak diketahui oleh orang lain selain dari orang yang memang benar-benar ingin mengirimkan kamu Bitcoin.

Solusi lainnya adalah kamu bisa menggunakan wallet yang memiliki fitur untuk membuat wallet baru setiap kali kamu ingin menerima Bitcoin.

Dengan begitu orang-orang tidak akan tahu pasti berapa Bitcoin yang kamu miliki.

Advertisements

Toxic bitcoin maximalist.