Cara Mengetahui Penyakit Pada Tumbuhan Menggunakan Kamera HP Android

Salah satu bidang dalam ilmu biologi yang paling banyak pelajar sukai adalah bidang mempelajari tumbuhan.

Bidang ini juga bisa kita sebut dengan botani. Botani sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan, jamur, alga lengkap dengan mitologi dan fisiologinya. 

Ilmu ini memang sangat menyenangkan untuk dipelajari. Semasa berada di Sekolah Dasar, kita mungkin telah mempelajari bagian dari ilmu ini, yakni ketika kita mempelajari jenis-jenis dedaunan.

Di SMP kita mulai diajarkan lebih detail tentang nama-nama latin tumbuhan. Di SMA, terutama IPA pelajaran mengenai biologi akan semakin kompleks.

Apalagi jika sudah masuk jenjang yang lebih tinggi, yakni Universitas atau Institut. Tetapi, kita patut bersyukur, bahwa semakin tinggi ilmu pengetahuan juga diikuti dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi. 

Yaps, dengan adanya teknologi kita jadi lebih mudah untuk mempelajari ilmu tentang Botani.

Bahkan, kita dapat dengan mudah mengetahui nama latin serta nama penyakit dari tumbuhan yang ingin kita pelajari. 

Advertisements

Tentu saja, teknologi ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang dalam proses penelitian tumbuhan. Tentang apa yang harus dilakukan jika terdapat tanda-tanda penyakit dalam tumbuhan tersebut.

Hanya dengan menggunakan teknologi kamera smartphone melalui perantara sebuah aplikasi, kamu bisa mengetahui nama penyakit tersebut dengan mudah.

Lalu apakah nama aplikasi tersebut?

Nama aplikasi yang akan kita gunakan adalah PictureThis – Plant Identifier. Nama yang cukup panjang, namun sepadan dengan manfaat yang diberikan.

Baca juga: 10 Aplikasi Investasi Terbaik di Android

Apa itu Aplikasi PictureThis – PlantIdentifier?

Bisa penulis katakan bahwa aplikasi ini bisa menjadi kawan baik bagi Sobat Androbuntu yang ingin mempelajari apa itu Botani lebih dalam, dan lebih mudah.

Aplikasi ini memiliki perbendaharaan data tanaman yang berlimpah. Jadi tidak perlu khawatir, apakah tanaman yang akan ada pelajari tidak ada di dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini bahkan telah membantu mengidentifikasi lebih dari 70.000.000 tumbuhan, dari semua jenis, termasuk itu bunga, pohon, sukulen, kaktus dan masih banyak lagi.

Advertisements

Selain fitur identifikasi tersebut lengkap dengan info nama latin, kamu juga bisa temukan berbagai angle gambar yang menakjubkan dari tanaman yang ingin kamu pelajari.

Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang kiat-kiat merawat tanaman, dan kapan kamu harus menyiram tanaman tersebut.

Yang paling menyita perhatian penulis tentu saja kemampuan aplikasi ini dalam mendiagnosa penyakit yang sedang diidap oleh tumbuhan melalui gejala yang terlihat di daun atau bagian tumbuhan lainnya.

Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi PlantIdentifier untuk Mengetahui Penyakit Pada Tumbuhan Melalui Kamera

Cara Mengetahui Penyakit Pada Tumbuhan Menggunakan Kamera HP Android

1. Bagian pertama dan yang pasti kamu lakukan pertama kali adalah menginstal aplikasi ini. Aplikasi ini dapat kamu download di Play Store.

Aplikasi PictureThis Plant Identifier.jpg

2. Setelah aplikasi terinstal dengan baik, beralih ke laman utamanya. Untuk mempercepat proses login kamu pilih saja bagian Continue with Google. Tombol itu akan memudahkan kamu login dengan akun Google.

Continue with Google.jpg

3. Setelah proses login dengan akun Google selesai, kamu akan segera beralih ke laman utama aplikasi. Sebelumnya mungkin kamu akan mendapatkan informasi tentang mode pro dari aplikasi ini. Kamu bisa mengabaikan itu.

Advertisements
Tampilan Utama Aplikasi.jpg

4. Gambar di atas adalah gambar yang menjelaskan secara gamblang apa saja yang akan kamu dapatkan ketika menginstal aplikasi ini. 

5. Karena kita ingin mengetahui nama sebuah penyakit dari tumbuhan yang hendak kita pelajari, maka kita cukup akses menu Diagnosa saja. Tekan tombol Diagnosa Otomatis

Diagnosis Otomatis.jpg

6. Ini adalah laman diagnosa. Untuk dapat melakukan diagnosa, terlebih dahulu kamu harus mengambil foto dari tanaman tersebut, dan ini sudah jelas ya.

Laman Diagnosis Otomatis.jpg

7. Tekan icon add, dan apabila muncul peringatan, pilih Izinkan.

Izinkan Kamera.jpg

8. Aplikasi akan mengeluarkan Kiat Cepat sebagai petunjuk penggunaan fitur yang ada. Kamu bisa mengabaikan Kiat Cepat tersebut apabila sudah paham dengan menekan tombol Memproses.

Kiat Cepat.jpg

9. Setelah itu ambil foto tanaman yang ingin kamu diagnosa. Lakukan pengambilan sebanyak 3 kali, untuk memudahkan aplikasi melakukan diagnosa. Cari bagian tanaman yang mencurigakan.

Ambil Foto.jpg

10. Setelah proses pengambilan 3 foto tanaman dari berbagai sisi selesai, lakukan diagnosa dengan menekan tombol Mulai mendiagnosis. Tunggu proses diagnosa tersebut sampai benar-benar selesai.

Advertisements
Mulai Mendiagnosis Penyakit.jpg

11. Dan ini hasil analisa yang sebelumnya telah penulis lakukan. Diketahui bahwa tanaman ini mengalami penyakit bintik coklat. Hasil diagnosa tidak hanya memberikan keterangan nama penyakit, tapi juga tentang keterangan bagaimana cara menyembuhkan dan mencegah penyakit tersebut datang kembali.

Hasil Diagnosis Penyakit Tumbuhan.jpg

Kesimpulan

Perkembangan teknologi telah memudahkan kita untuk mempelajari banyak ilmu pengetahuan tidak terkecuali dengan ilmu botani.

Cabang dari ilmu Biologi yang membahas tumbuh-tumbuhan, jamur, alga lengkap dengan mitologi dan fisiologinya.

Dan dengan bantuan aplikasi PlantIdentifier yang ada di dalam artikel ini, kamu jadi lebih mudah memahami ilmu ini.

Terutama untuk mengetahui info-info detail tentang tumbuhan yang akan dipelajari dan bahkan juga tentang penyakit yang sedang diidapnya.

Menulis adalah healing terbaik.