Cara Menggunakan Sushiswap dengan MetaMask di Android dan iPhone

Jika kalian memiliki token di MetaMask, misalnya ApeCoin, dan kalian ingin mengubahnya menjadi USDT, maka ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan exchange seperti Indodax, Tokocrypto ataupun Binance.

Namun kalian perlu mengirimkan ApeCoin kalian ke exchange tersebut terlebih dahulu. Ini, selain membutuhkan waktu, juga membutuhkan biaya gas Ethereum yang tidak sedikit.

Cara kedua kalian dapat menggunakan decentralized exchange seperti Sushiswap. Untuk cara yang ini, kalian tidak perlu mentransfer token kalian.

Konsep DEX seperti Sushiswap ini juga berbeda dengan exchange seperti Binanance, karena Sushiswap tidak memegang token kamu.

Token kamu tetap berada di MetaMask kamu, begitu juga setelah menukarkannya, token hasil swap akan tetap berada di MetaMask kamu.

Baca juga: Cara Menggunakan Uniswap dengan MetaMask di Android dan iPhone

Siapkan Ether yang Cukup di MetaMask Kalian

Sushiswap merupakan decentralized exchange (DEX), atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut sebagai pertukaran terdesentralisasi.

Advertisements

Dengan menggunakan DEX seperti Sushiswap ini, kita dapat menukar token-token berbasis Ethereum (ERC20) menjadi Ether atau token-token ERC20 lainnya.

Kelebihan dari menggunakan DEX seperti Sushiswap ini adalah kita tidak perlu melakukan registrasi menggunakan alamat email dan juga verifikasi KYC seperti pada exchange seperti Binance, Indodax atau Tokocrypto.

Yang kalian perlukan hanyalah sebuah aplikasi dompet Ethereum yang mendukung fitur untuk mengakses DEX ini, salah satunya adalah MetaMask.

Kemudian nanti kita dapat menggunakan Ethereum untuk terhubung ke layanan Sushiswa.

Kita dapat langsung menukarkan seluruh token yang kita miliki di MetaMask menjadi token lainnya yang kita inginkan.

Kemudian token hasil swap yang kita lakukan juga akan secara otomatis tersimpan di MetaMask kita.

Untuk dapat melakukan pertukaran atau swap token di Uniswap, kamu harus memiliki sejumlah Ether di MetaMask.

Advertisements

Ether diperlukan sebagai biaya gas untuk semua transaksi yang kita lakukan di Sushiswap. Tanpa adanya Ether di MetaMask kita, maka kita tidak dapat melakukan swap.

Jadi jika Sobat Androbuntu ingin mengikuti tutorial dibawah ini, pastikan kalian juga memiliki Ether di MetaMask kalian ya.

Cara Menggunakan Sushiswap dengan MetaMask di Android dan iPhone

Langkah pertama, buka aplikasi MetaMask kalian. Baik itu di Android ataupun di iPhone, langkah-langkahnya akan sama saja.

Setelah MetaMask terbuka, ketuk tombol burger. Tombol ini posisinya berada di sisi kiri atas aplikasi MetaMask.

Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 1

Kemudian ketuk menu Browser. Menu ini letaknya berada diatas menu Wallet. Perhatikan gambar dibawah ini agar Sobat Androbuntu lebih mudah menemukannya:

Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 2

Browser bawaan MetaMask kemudian akan terbuka dan kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Pada kolom pencarian, ketik dengan kata kunci Sushiswap.

Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 3

Browser kemudian akan menampilkan hasil pencarian. Silahkan ketuk hasil pencarian pertama yang mengarah ke url https://app.sushi.com. Selain hasil pencarian tersebut, jangan di klik.

Advertisements
Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 4

Situs Sushiswap kemudian akan segera terbuka dan meminta untuk terhubung dengan dompet MetaMask. Ketuk tombol Connect untuk melanjutkan proses ini.

Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 5

Setelah itu kalian dapat langsung menggunakan Sushwap untuk menukarkan Ether kalian menjadi token lainnya, ataupun sebaliknya.

Cara Menggunakan Sushiswap by Androbuntu 6

Untuk melakukan swap atau penukaran, kalian tinggal pilih saja token apa yang ingin di swap menjadi token lainnya.

Kemudian pilih juga token yang ingin kalian dapatkan. Setelah itu masukkan jumlah token yang ingin di swap.

Kalian akan mendapatkan informasi berapa token yang akan kalian dapatkan. Kemudian untuk menginisiasi proses swap, klik tombol biru yang ada dibawah situs Sushiswap.

Akan muncul sebuah jendela kecil dari MetaMask yang akan menanyakan kamu apakah kamu benar-benar ingin mengizinkan transaksi ini atau tidak. Ketuk tombol Izinkan untuk melanjutkan.

Dan jangan lupa, pastikan kalian memiliki Ether yang cukup sebagai biaya gas setiap kali swap token di Sushiswap.

Advertisements

Toxic bitcoin maximalist.