Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android

Apakah paket data kalian cepat habis padahal kalian jarang menggunakan YouTube atau mengunduh file dari internet?

Bisa jadi itu adalah “ulah” dari aplikasi-aplikasi sistem yang berjalan di latar belakang. Beberapa dari aplikasi tersebut menggunakna internet tanpa sepengetahuan kita.

Tapi ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal tersebut sebenarnya, yaitu dengan membatasi atau menonaktifkan akses internet dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Caranya bisa kalian lihat pada tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Install Aplikasi Android dari F-droid

Tujuan Menonaktifkan Akses Internet Aplikasi Android

Tujuan utama kenapa kalian harus membatasi akses internet dari sebuah aplikasi adalah untuk menghemat paket data internet yang kalian miliki.

Ketika kalian di rumah dan menggunakan koneksi wifi, mungkin tidak jadi masalah sebanyak apapun aplikasi yang menggunakan internet kalian.

Namun ketika kalian berada di luar rumah dan harus menggunakan internet dari operator yang kalian gunakan, ini tentu menjadi masalah.

Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini belum ada operator yang benar-benar menawarkan paket data unlimited.

Jika dibiarkan, maka paket data internet kalian akan cepat habis, terutama oleh aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kalian mungkin tidak merasa telah menggunakan internet, namun karena banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang yang menggunakan internet, maka paket data kalian tetap habis tanpa kalian gunakan.

Selain untuk menghemat paket data, dengan menonaktifkan akses internet untuk aplikasi, maka Sobat Androbuntu juga dapat menghemat baterai HP Android.

Sehingga kalian dapat menggunakannya lebih lama. Ini sangat cocok ketika kalian sedang dalam perjalanan yang mana kalian akan sulit mengisi daya HP Android kalian.

Menggunakan Fitur Bawaan

Perlu dicatat bahwa fitur bawaan HP Android ini sangat terbatas dan tidak dapat digunakan untuk memblokir akses internet untuk sebagian besar aplikasi di HP Android kalian.

Namun tidak ada salahnya dicoba. Jika kalian ingin mencegah lebih banyak aplikasi untuk menggunakan internet, maka kalian dapat mencoba cara kedua yang ada dibawah artikel ini.

Jadi masuk saja ke menu Pengaturan lalu ketuk Koneksi.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 1

Selanjutnya pilih opsi Penggunaan data.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 2

Kemudian pilih Penggunaan data seluler.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 3

Disini kalian akan diperlihatkan semua aplikasi yang dapat dicegah penggunaan internetnya. Namun hanya sedikit saja, tidak termasuk aplikasi sistem.

Silahkan pilih salah satu aplikasi yang diinginkan.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 4

Kemudian nonaktifkan opsi Izinkan penggunaan data latar belakang.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 5

Setelah opsi diatas dinonaktifkan, maka aplikasi tersebut tidak dapat menggunakan data internet di latar belakang.

Namun begitu, aplikasi tersebut tetap dapat menggunakan internet ketika kalian membuka aplikasinya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Fitur bawaan di HP Android memang belum begitu kompleks, hanya dapat digunakan untuk memblokir akses beberapa aplikasi tertentu saja.

Kalian tidak dapat memblokir akses internet dari aplikasi sistem. Padahal, sebagian besar aplikasi sistem (terutama bawaan pabrikan) menggunakan cukup banyak internet.

Karenanya jika kalian ingin memblokir akses internet lebih banyak aplikasi (termasuk aplikasi sistem), kalian dapat menggunakan aplikasi bernama NetGuard. Silahkan unduh aplikasinya di Play Store atau ketuk tombol dibawah ini:

NetGuard adalah aplikasi gratis (terdapat beberapa fitur berbayar didalamnya) yang memungkinkan kita untuk memblokir aplikasi untuk mengakses internet.

Secara garis besar, semua fitur bawaannya sudah cukup untuk memblokir akses internet, beberapa fitur premiumnya hanyalah fitur tambahan yang mungkin tidak begitu kalian butuhkan.

Walaupun dapat memblokir akses internet untuk aplikasi sistem, NetGuard tidak membutuhkan akses root.

Jadi jika HP Android kalian belum di root, maka kalian tetap dapat menggunakan aplikasi ini secara penuh.

Untuk menggunakannya pun sangat mudah. Cukup buka saja NetGuard setelah dipasang di HP Android kalian.

Kemudian aktifkan aplikasi ini dengan cara menggeser slider yang ada dibagian atas aplikasi.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 6

Berikutnya setelah aplikasi ini diaktifkan, kalian tinggal pilih saja aplikasi apa saja yang tidak kalian izinkan untuk mengakses internet.

Carnaya dengan mengetuk tombol wifi dan data yang ada disamping nama aplikasi.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 7

Kalian dapat memberikan izin aplikasi tersebut untuk mengakses wifi, tapi disaat yang bersamaan mencabut izin untuk menggunakan paket data.

Ini cocok untuk menghemat paket data internet di HP Android kalian. Dan jika HP Android kalian sedang terhubung ke internet, maka aplikasi tersebut diperbolehkan untuk mengakses internet.

Dan berikut ini adalah beberapa aplikasi (termasuk aplikasi sistem) yang saya nonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Akses Internet untuk Aplikasi Tertentu di Android by Androbuntu 8

Opsi kedua menggunakan NetGuard ini menurut saya jauh lebih baik dibandingkan dengan memanfaatkan fitur bawaan di HP Android.

Salah satu alasannya adalah karena kita dapat menonaktifkan penggunaan internet untuk semua aplikasi, bahkan aplikasi sistem.

Dengan menonaktifkan internet di sebagian besar aplikasi maka paket data kalian tidak akan cepat habis, begitu juga dengan baterai HP Android kalian.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari