Mengenal Aplikasi Early Access dan Beta di Google Play

aplikasi emoji android

Jika kamu perhatikan, maka beberapa bulan ini ada cukup banyak aplikasi dan game dengan label “Early Access” dan “Beta”.

Pada beberapa aplikasi dan game bahkan kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum dirilis. Contohnya adalah game Super Mario Run.

Tapi apakah kamu tau apa itu aplikasi “Early Access” dan “Beta” sebenarnya?

Jika belum tahu, berikut ini adalah penjelasannya.

Aplikasi Early Access

Dalam dunia pengembangan software, Early Acces adalah istilah untuk software yang masih dalam tahap pengembangan awal.

Aplikasi ini sebenarnya belum siap untuk dirilis dan digunakan. Tapi, pengembang membutuhkan para pengguna untuk mencoba dan menguji aplikasi buatan mereka.

Nah, kira-kira aplikasi dengan label Early Access di Google Play juga memiliki pengertian yang sama, yaitu aplikasi yang belum siap rilis, tapi pengembang membutuhkan kita sebagai penguji.

Karena aplikasi dengan label Early Acces memang belum siap rilis, maka akan ada beberapa peringatan dari pihak pengembang.

Peringatan tersebut biasanya berbunyi bahwa aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan awal, sehingga mungkin akan ditemukan banyak sekali bugs dan juga ketidakstabilan.

Untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi Early Access di Google Play, jangan kaget jika nanti aplikasi tersebut akan ada banyak bugs dan tidak stabil. Itu wajar.

Jangan gunakan aplikasi Early Access sebagai aplikasi produktivitas utama. Karena mungkin kamu tidak akan nyaman.

Gunakan aplikasi Early Access untuk testing saja.

Tapi, dari pengalaman saya, aplikasi Early Access di Google Play sangat sedikit sekali bugs. Contohnya adalah Files Go buatan Google yang juga masih pada tahap Early Access.

Files Go dapat berjalan dengan mulus, hampir tidak ada bugs sama sekali. Padahal aplikasi ini masih berlabel Early Access.

Baca juga:

Aplikasi Beta

Sedangkan aplikasi beta adalah aplikasi yang sudah lebih baik dibandingkan Early Access.

Jika Early Access adalah aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan awal, maka aplikasi Beta adalah aplikasi yang sudah lebih stabil.

Di sebut Beta karena si pengembang menguji coba fitur-fitur baru dalam aplikasi tersebut. Fitur baru tersebut belum dirilis di aplikasi versi stabil.

Aplikasi Beta ini sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan fitur baru lebih dulu dari orang lain.

Ada cukup banyak aplikasi Beta yang bisa kamu download di Google Play, antara lain adalah WhatsApp Beta, SwiftKey Keyboard Beta, Dropbox Beta, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia pengertian serta perbedaan aplikasi Early Access dan Beta.

Saya sendiri sangat suka dengan aplikasi Beta. Beberapa aplikasi Beta yang saya gunakan antara lain adalah WhatsApp, SwiftKey, dan juga Evernote.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba aplikasi Early Acces & Beta.