Cara Membuat Flashdisk Installasi Linux Menggunakan Etcher

cara membuat flashdisk linux dengan etcher

Cara Membuat Flashdisk Installasi Linux Menggunakan Etcher – Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat flashdisk installasi linux. Jika kamu suka cara yang simpel, maka menggunakan perintah terminal dd bisa menjadi pilihan. Namun cara tersebut sangat tidak dianjurkan jika kamu adalah seorang, oh, well… pemula.

Untuk cara yang lebih aman, kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis Graphical User Interface (GUI). Beberapa aplikasi terkenal seperti Unetbootin, Linux Live USB Creator, dan lain-lain.

Namun dari pengalaman saya, menggunakan Unetbootin dan Linux Live USB Creator sangat menyebalkan. Terkadang aplikasi tersebut berhenti ditengah-tengah proses penulison ISO ke dalam flashdisk.

Jujur saja, kamu yang pernah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut juga pernah mengalami hal tersebut bukan?

Karena itulah, Resin mengembangkan aplikasi bernama Etcher. Etcher adalah aplikasi untuk menulis file ISO ke dalam flashdisk dengan mudah dan cepat. Itulah yang membedakan Etcher dengan aplikasi sejenis lainnya.

Dan itu sudah saya buktikan dari pengalaman pribadi. Namun, jika kamu masih ragu, silahkan mencobanya sendiri.

Download Etcher

Etcher adalah aplikasi open source. Dikembangkan dengan menggunakan teknologi website. Tepatnya menggunakan framework Electron.

Etcher tersedia untuk tiga sistem operasi, yaitu Linux, macOS, dan Windows. Untuk mendapatkannya, silahkan kunjungi website resmi Etcher disini.

Lalu pilih file installasi sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Fitur-fitur Etcher

Sejauh ini, saya sudah mencoba banyak sekali aplikasi untuk membuat flashdisk installasi linux. Mulai dari Unetbootin, Linux Live USB Creator, LiLi USB Creator, dan masih banyak lagi.

Dan dari semua aplikasi yang pernah saya coba, Etcher adalah yang terbaik. Beberapa fitur Etcher antara lain adalah:

  • Validated Burning – Etcher akan memberitahu kamu jika flashdisk ternyata rusak (corrupt).
  • Ramah Hard Disk – Etcher akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang terhubung dengan laptop atau PC. Dan secara otomatis pula tidak akan membaca hard disk. Mengurangi resiko kesalahan.
  • Tampilan yang cantik.
  • Open Source – Dikembangkan menggunakan teknologi web seperti JavaScript, HTML, Node.js dan Electron. Jika kamu adalah seorang pengembang, kamu bisa ikut berkontribusi.
  • Cross Platform – Tidak peduli apapun sistem operasi yang kamu gunakan, Etcher siap melayani.
  • Dan lain-lain.

Cara Membuat Flashdisk Installasi Linux Menggunakan Etcher

Pertama, tentu saja jalankan aplikasi Etcher. Maka seperti yang saya katakan diawal, Etcher akan secara otomatis mendeteksi flashdisk yang terhubung ke laptop atau PC kamu.

cara membuat flashdisk linux dengan etcher

Kemudian klik tombol berwarna biru dengan tulisan “Select image”. Lalu pilihlah file ISO dari distro linux yang ingin kamu install.

cara membuat flashdisk linux dengan etcher

Jika file ISO sudah dipilih, klik tombol “Flash!”. Lalu tunggu sampai proses “pembakaran” selesai.

Sekarang kamu bisa menggunakan flashdisk tersebut untuk menginstall distro linux favorit.

Selain untuk membuat flashdisk installasi linux, Etcher juga bisa digunakan untuk membuat flashdisk installasi Windows, Remix OS atau sistem operasi lainnya.