Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi – Kamu yang berniat membeli smartphone Xiaomi mungkin sempat dibuat bingung dengan ROM MIUI yang digunakan. Memang, terdapat banyak jenis ROM MIUI yang digunakan di smartphone Xiaomi. Mulai dari ROM Stable atau Developer, dan juga ROM Global atau China. Apa perbedaan antara ROM tersebut?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ROM MIUI, ada baiknya kita mengetahui definisi dari ROM itu sendiri. ROM adalah kepanjangan dari Read Only Memory.

Apa itu ROM?

ROM atau Readd Only Memory dalam dunia komputer sendiri adalah memori yang sifatnya permanen dan tidak mudah hilang, walaupun aliran listrik dimatikan dari perangkat yang bersangkutan.

Sehingga data-data yang disimpan di dalam ROM tidak mudah hilang dan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Sepanjang ROM tersebut tidak di install ulang atau diganti dengan ROM lain.

Dalam dunia smartphone sendiri, ROM bisa kita artikan sebagai sisstem yang memungkinkan kita untuk menggunakan smartphone tersebut sebagaimana mestinya. Mulai dari mengirim dan menerima SMS, browsing, sampai dengan menelepon mantan.

ROM MIUI Di Smartphone Xiaomi

Seperti yang sudah saya bahas di paragraf pertama, ada beberapa jenis ROM yang biasanya digunakan di smartphone Xiaomi. Mulai dari ROM Stable – Dev, sampai dengan ROM Global – China.

Perbedaan ROM Global dan ROM China di Smartphone Xiaomi

Untuk memahami perbedaan antar ROM MIUI tersebut, ada baiknya kamu melihat gambar dibawah ini.

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, ROM MIUI Global dan China memiliki posisi yang sama. Perbedaan antara ROM Global dan China adalah dari penggunaan bahasa serta dukungan aplikasi Google di dalamnya.

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

ROM MIUI China dikembangkan untuk smartphone Xiaomi yang dijual khusus untuk negara China. Seperti yang kita ketahui, China adalah salah satu negara yang ketat akan peraturan.

Google dilarang beredar di sana. Sehingga mulai dari website sampai dengan aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan Google, dilarang nongol di produk apapun yang beredar di China.

Karenanya, Xiaomi mengembangkan ROM MIUI China ini. Yaitu ROM khusus untuk prangkat smartphone yang dijual di China. Tidak ada satupun aplikasi Google di dalam ROM MIUI China. Mulai dari Google Play Store, Gmail, YouTube, dan kawan-kawannya.

Kelebihan ROM MIUI China adalah pilihan tema yang lebih banyak dibandingkan dengan ROM MIUI Global. Mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar.

Selain memiliki kelebihan, tentu ROM MIUI China juga memiliki kekurangan. Untuk pilihan bahasa sendiri, kamu hanya bisa menggunakan dua bahasa di ROM MIUI China. Yaitu bahasa China dan Inggris.

Untuk fitur GPS, banyak yang mengeluhkan kurang akurat dan susah lock. Karena memang pada dasarnya ROM ini dimaksimalkan untuk regional China saja.

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

Sedangkan ROM MIUI Global adalah ROM yang dikembangkan Xiaomi khusus untuk smartphone yang mereka jual diluar negara China (Indonesia, India, dan negara-negara lainnya).

Apa kelebihan ROM MIUI Global? Tentu saja kelbihan utamanya adalah dari bahasa yang digunakan. Kamu bisa menggunakan bahasa lebih leluasa di ROM MIUI Global. Mulai dari bahasa Inggris, Vietnam, Malaysia, sampai dengan bahasa Indonesia.

Google Play juga terintegrasi secara penuh di ROM MIUI Global. Jadi kamu bisa mendownload game dan apikasi dari Google Play. Aplikasi Google lainnya seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, dan YouTube juga bisa kamu gunakan dengan leluasa.

Sedangkan untuk kekurangan dari ROM MIUI Global adalah pilihan tema yang lebih sedikit. Tidak sebanyak yang ada di ROM MIUI China.

Perbedaan ROM Stable dan ROM Dev di Smartphone Xiaomi

Nah, sekarang kita akan membahas mengenai perbedaan antara ROM Stable dan ROM Dev. ROM MIUI Global dan China sendiri masing-masing memiliki dua cabang, yaitu Stable dan Dev.

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

ROM Dev atau Beta adalah ROM yang dikembangkan oleh para developer MIUI resmi. ROM ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga sangat wajar jika masih terdapat banyak celah dan bugs.

Salah satu kelebihan dari ROM Dev adalah updatenya yang rutin, yaitu setiap hari jumat. Kamu yang menggunakan ROM ini dipastikan akan mendapatkan fitur-fitur baru lebih dulu dibandingkan teman-teman kamu yang menggunakan ROM Stable.

ROM Dev sangat cocok untuk kamu yang hobi ngoprek smartphone. Sudah dalam kondisi root, jadi kamu bisa ngoprek dengan lebih mudah. Mulai dari melakukan modifikasi sistem sampai dengan mengutak atik tampilannya.

Dari ROM Dev, maka para pengembang MIUI akan tahu laporan-laporan bugs dari para pengguna. Sehingga mereka bisa segera menambalnya dan mengaplikasikannya pada ROM Stable.

Perbedaan ROM MIUI Global, China, Dev dan Stable Pada Smartphone Xiaomi

ROM MIUI Stable adalah ROM yang dirilis untuk semua pengguna di seluruh dunia. ROM ini telah melalui berbagai pengujian pada ROM Dev, sehingga kinerjanya lebih stabil dan minim bugs.

ROM ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari dan untuk kamu yang tidak terlalu suka ngoprek. Kamu bisa menggunakan smartphone Xiaomi dengan ROM Stable untuk SMS, Telepon, dan Chatting bersama mantan dengan nyaman tanpa ada bugs.

Saya sendiri saat ini menggunakan ROM MIUI Global Stable. Namun sudah saya root dan modifikasi seadanya untuk meningkatkan produktivitas.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ‘kan perbedaan antara ROM MIUI mulai dari Stabel, Dev, China, sampai dengan Global. ROM apakah yang kamu gunakan di smartphone Xiaomi kamu?

Gambar dan referensi: http://c.mi.com/thread-198406-1-0.html