Amazon Fire 7 – Spesifikasi, Harga dan Review

0
3
amazon fire 7 tablet

Amazon Fire 7 – Spesifikasi, Harga dan Review – Amazon Fire 7 adalah tablet yang di desain khusus untuk kamu yang hobi menikmati konten-konten digital Amazon. Seperti membacac ebook, menonton video, mendengarkan musik, dan sebagainya. Amazon Fire 7 Tablet sangat tidak cocok digunakan sebagai tablet produktivitas.

Namun dibalik semua itu, ada satu kelebihan yang dimiliki oleh Amazon Fire 7, yaitu harganya yang murah. Memang spesifikasi Amazon Fire 7 bisa dikatakan cukup rendah jika dibandingkan dengan tablet masa kini yang sudah bisa digunakan untuk memainkan game-game berat.

Tapi sekali lagi, Amazon Fire 7 bukanlah tablet yang dibuat dengan tujuan tersebut. Melainkan untuk kamu yang membutuhkan tablet hanya sekedar untuk membaca ebook, website, berita, mendengarkan musik, serta menonton video dan film.

Di tahun 2017 ini, Amazon mengupgrade Fire 7 Tablet dengan beberapa fitur baru. Salah satu fitur andalannya adalah integrasi denga Alexa, yang memungkinkan kamu untuk mengontrol Alexa menggunakan tablet ini.

Desain Amazon Fire 7

 amazon fire 7 tablet
Gambar: Amazon Fire 7 (laptopmag.com)

Amazon Fire 7 di merupakan tablet dengan desain “balok”. Tidak ada sisi yang terlalu melengkungdi tablet ini. Menjadikannya enak untuk dipandang maupun digunakan.

Karena desainnya ini, Amazon Fire 7 tablet tetap nyaman digenggam baik menggunakan dua ataupun satu tangan. Bobotnya pun sangat ringan, yaitu hanya 0.29 Kg saja. Sedangkan luas layarnya cukup pas, yaitu 7 inci.

Secara keseluruhan, Amazon mendesain Fire 7 ini dengan sangat baik. Antara material satu dengan yang lainnya “merekat” dengan begitu erat tanpa ada celah sedikitpun. Sehingga menjadikan tablet ini cukup kuat untuk digunakan sehari-hari.

Di bagian belakang Amazon Fire 7, terdapat cover berupa plastik yang sangat kuat. Tidak mudah pecah ataupun retak. Amazon bahkan mengklaim bahwa tablet terbarunya ini dua kali lebih tahan banting jika dibandingkan dengan iPad mini 4.

Berdasarkan informasi yang Androbuntu.com himpun dari berbagai sumber, Amazon Fire 7 tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu hitam, kuning, biru, dan merah. Jadi kamu bisa membelinya dengan warna yang kamu suka.

Di bagian depan terdapat sebuah kamera yang terletak di tengah. Kamera terssebut adalah kamera VGA yang bisa kamu gunakan untuk melakukan panggilan vide. Namun jika digunakan untuk selfie, kamu harus bersiap untuk mendapatkan foto seadanya.

Layar Amazon Fire 7

 amazon fire 7 tablet
Gambar: Amazon Fire 7 (laptopmag.com)

Layar Amazon Fire 7 Tablet bisa dikatakan cukup baik untuk ukuran sebuah tablet murah. Namun, jangan coba-coba membandingkannya dengan tablet-tablet kelas atas seperti milik Samsung ataupun Apple. Karena tentu saja Amazon Fire 7 akan kalah jauh.

Layar perangkat ini memiliki resolusi 1.024 x 600 pixel, sama seperti generasi sebelumnya. Dengan layar seperti itu, Amazon Fire 7 adalah perangkat yang sempurna untuk membaca ebook ataupun membaca website favorit kamu seperti Androbuntu.com.

Speaker Amazon Fire 7

Amazon Fire 7 hanya dibekali dengan satu buah speaker. Karenanya, tidak mengherankan jika kualitas suara yang dihasilkan tablet ini tidak begitu baik. Jika kamu mendengarkan musik dengan mengeraskan suaranya, maka suara yang timbul akan sedikit pecah.

Saran saya, gunakanlah handsfree ataupun speaker eksternal jika kamu ingin merasakan suara yang lebih baik. Terdapat sebuah lubang jack 3.5mm untuk kamu menghubungkan tablet ini dengan handsfree.

Tampilan dan Fire OS

 amazon fire 7 tablet
Gambar: Amazon Fire 7 (laptopmag.com)

Seperti biasanya, Amazon selalu membekali perangkat tablet buatannya dengan OS Android hasil modifikasinya sendiri yang disebut Fire OS. Fire OS yang disematkan pada perangkat ini adalah versi 5.4.0.

Di bagian home screen, kamu akan melihat deretan aplikasi, folder dan juga widget yang bisa kamu tambahkan sendiri secara manual.

Jika kamu menggeser ke bagian kanan, Fire OS juga akan menampilkan berbagai macam produk Amazon berdasarkan kategorinya, mulai dari ebook, video, game, dan musik.

Sedangkan jika kamu menggeser ke bagian kiri, maka kamu akan melihat daftar aplikasi yang baru saja di kamu buka. Fire OS memang di desain untuk menampilkan konten-konten dari Amazon. Tidak banyak pilihan kustomisasi yang bisa kamu lakukan.

Terdapat juga bilah notifikasi dibagian atas seperti sistem operasi android pada umumnya. Namun sayangnya, Fire OS tidak memiliki fitur-fitur penting seperti split-screen multitasking. Padahal fitur tersebut cukup digemari oleh para pengguna android.

Performa Amazon Fire 7

Di bekali dengan prosesor quad-core yang mampu berlari hingga 1.3 GHz dan RAM sebesar 1GB, Amazon Fire 7 tidak cocok digunakan untuk bermultitasking. Ketika digunakan untuk membuka satu ada dua aplikasi, memang masih terasa lancar dan mulus.

Namun ketika sudah membuka lebih dari 2 aplikasi, akan terasa sekali lag. Karenanya, kamu harus mengoptimalkan penggunaan RAM pada tablet ini agar tidak terasa lag.

Ketika digunakan untuk membaca artikel dari web dan ebook, perangkat ini terasa sangat nyaman. Mulai dari teks yang tamil dilayar sampai dengan pergeseran antar halaman, semuanya berjalan mulus.

Kesimpulan

Memang masih banyak tablet murah yang bisa kamu beli di pasaran. Namun rata-rata tablet tersebut dibuat oleh pabrikan yang tidak kamu ketahui kualitasnya.

Fire 7 Tablet bisa menjadi pilihan kamu untuk yang sedang mencari tablet murah untuk membaca ebook, mendengarkan musik, dan melakukan browsing.