5 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Password adalah “kata sakti” yang sangat penting bagi banyak orang. Terutama mereka yang sering beraktifitas dan keluyuran di dunia maya.

Password adalah kata kunci yang digunakan untuk masuk ke suatu akun. Entah itu akun sosial media, email, atau yang lainnya.

Kita mungkin bisa membuat password yang sama untuk banyak akun. Tapi menggunakan satu password yang sama untuk banyak akun tidaklah aman.

Jika ada satu akun saja milik kamu yang ketahuan password-nya, maka akun kamu yang lain juga dapat diakses dengan menggunakan password yang sama.

Karenanya, menggunakan password yang berbeda-beda adalah wajib hukumnya untuk meningkatkan keamanan setiap akun yang kamu miliki.

Tapi, menggunakan akun yang berbeda-beda terkadang akan membuat kamu pusing. Pusing untuk mengingat semua password yang berbeda-beda itu.

Hal inilah yang juga menjadi alasan kenapa banyak orang masih menggunakan satu password yang sama untuk banyak akun.

Tapi, tenang saja…

Dengan 5 aplikasi Android ini kamu tidak akan pernah lagi lupa password, walaupun kamu punya 1000 akun dengan password yang berbeda.

Baca juga: 5 Aplikasi Catatan Terbaik di Android

1. Bitwarden

pengalaman menggunakan bitwarden

Ucapkan selamat tinggal pada sticky notes untuk mencatat semua password yang Sobat Androbuntu miliki.

Karena sekarang ada aplikasi Bitwarden. Ini adalah aplikasi password manager yang open source dan gratis.

Mulai dari password Friendster, Email, Facebook, Instagram, hingga Youtube.

Bitwarden memiliki fitur Security Audit. Keeper akan memberi tahu kamu jika ada akun yang membutuhkan pembaruan password.

Jadi, akun kamu akan semakin aman dengan memperbarui password secara rutin.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur 2FA, jadi kamu tidak perlu mengunduh Google Authenticator lagi untuk menggunakan fitur 2FA yang ada di suatu situs atau aplikasi.

2. Dashlane

Anti Lupa! Ini 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menyimpan Semua Password Kamu

Aplikasi pengelola password berikutnya yang saya rekomendaasikan adalah Dashlane. Dashlane sudah sangat terkenal dan memiliki banyak pengguna. Itu karena Dashlane sudah mengudara cukup lama.

Dashlane bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan password saja, tapi juga nomor kartu kredit, pin, dan masih banyak lagi. Semuanya akan berada di satu tempat, yaitu Dashlane.

Jadi kamu tidak akan bingung lagi ketika lupa password. Cukup buka Dashlane kemudian cari akun apa yang kamu ingin tahu password-nya.

Dan yang paling saya sukai dari Dashlane adalah tampilannya. Dashlane akan menampilkan ikon dari password akun yang kamu simpan.

Mulai dari Facebook hingga Amazon, Dashlane mampu menampilkan ikon mereka semua dengan sangat baik.

3. Enpass Password Manajer

Anti Lupa! Ini 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menyimpan Semua Password Kamu

Enpass adalah aplikasi manajer password yang bisa kamu akses dari mana saja. Mulai dari komputer, tablet, laptop hingga komputer.

Tersedia aplikasi untuk Android, iphone, hingga ada versi browser-nya.

Kelebihan Enpass dibandingkan manajer password lainnya adalah, Enpass bisa digunakan sepenuhnya secara gratis.

Kerennya lagi Enpass bisa memuat password kamu secara otomatis ketika ingin login melalui Browser Chrome dan beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya.

Nah, untuk menambah keamanan, semua password dan informasi yang kamu simpan akan dienkripsi. Sehingga tidak ada orang lain yang bisa melihat password kamu.

4. LastPass

Anti Lupa! Ini 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menyimpan Semua Password Kamu

LastPass bukan hanya berguna untuk menyimpan semua password yang kamu punya, tapi juga berguna untuk membuat password baru.

Ya, benar. LastPass bisa kamu gunakan untuk membuat password yang kuat dan sangat sulit ditebak. Menggunakan perpaduan antara huruf, angka dan simbol.

Fitur tersebut sangat cocok digunakan untuk kamu yang masih suka bingung cari password.

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi menggunakan nama mantan sebagai password.

5. 1Password

Anti Lupa! Ini 5 Aplikasi Android Terbaik Untuk Menyimpan Semua Password Kamu

Ada banyak akun sosial media yang harus kamu asuh? Mulai dari akun online shop, hingga akun sosmed bodong untuk stalking mantan?

Bingung mengingat semua password-nya?

Tenang, gunakan saja aplikasi Android 1Password. Dengan 1Password, kamu bisa mengumpulkan semua password dalam satu tempat aman.

Jadi, tidak akan ada lagi istilah lupa password.

Kamu hanya perlu mengingat satu password, yaitu password untuk mengakses 1Password.

Dari aplikasi ini kamu bisa melihat semua password akun yang kamu simpan.

Kesimpulan

Menjaga kerahasian password adalah hal yang sangat penting. Selain itu, menggunakan password yang berbeda-beda untuk akun yang berbeda juga tidak kalah penting.

Dengan 5 aplikasi Android diatas, kamu tidak akan pernah lagi lupa password karena harus mengingat banyak password yang berbeda.

5 aplikasi diatas tentu wajib kamu install jika punya banyak password. Mulai dari email, Facebook, hingga Instagram.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar