Cara Mengubah Website Atau Blog Menjadi Aplikasi Android (Tanpa Koding)

tema wordpress
Loading...

Beberapa website dan blog besar biasanya memiliki aplikasi androidnya sendiri. Dengan adanya aplikasi tersebut, akan mempermudah para pembaca setianya untuk terus mengikuti web tersebut.

Sebut saja Kompas, Detik, dan lainnya.

Keunggulan mengakses website dari aplikasi adalah lebih cepat. Simpel. Dan tidak perlu buka-buka browser.

Nah, untuk kamu para blogger, pasti pingin dong website atau blog kamu memiliki aplikasinya sendiri?

Kamu tidak bisa koding? Tidak masalah. Karena sekarang ada banyak sekali layanan untuk membuat aplikasi tanpa koding sedikitpun.

Salah satu yang akan saya gunakan pada tutorial kali ini adalah menggunakan website Web2APK.

Sama seperti namanya, aplikasi web ini akan mempermudah kita dalam mengubah website atau blog menjadi aplikasi.

Cara ini sudah saya coba untuk beberapa platform web dan blog. berikut ini adalah beberapa platform blog yang bisa kamu coba:

  • WordPress
  • Blogspot
  • Tumblr
  • Dan lain-lain

Untuk kamu yang tertarik, langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini.

Baca juga:

Cara Mengubah Website Menjadi Aplikasi Android (Tanpa Koding)

1. Pertama, buka browser kesayangan kamu. Kemudian kunjungi website Web2APK.

2. Kemudian ada 2 kolom yang wajib kamu isi. Kolom pertama adalah url website, isi menggunakan alamat blog atau website kamu, dan usahakan menggunakan alamat lengkap (pakai https://) Dan di kolm nomor 2 adalah nama dari aplikasi, bagusnya sih samakan dengan nama website kamu. Setelah itu pilih gambar untuk dijadikan ikon aplikasi, kamu bisa upload ikon buatan kamu sendiri.

Cara Mengubah Website Atau Blog Menjadi Aplikasi Android

3. Kamu juga bisa menambahkan beberapa pesan lainnya melalui tombol “Show Advanced Settings”. Beberap pesan yang bisa kamu tambahkan antara lain pesan selamat datang, peringatan koneksi internet dan konfirmasi keluar aplikasi. Silahkan isi sesuai dengan selera kamu.

Cara Mengubah Website Atau Blog Menjadi Aplikasi Android

4. Setelah semuanya terisi, klik tombol “Create My App”. Lalu tunggu hingga proses compile selesai. Setelah selesai, kamu bisa mendownload APK website/blog kamu dengan klik tombol “Download” yang ada dibawah.

Cara Mengubah Website Atau Blog Menjadi Aplikasi Android

5. Selesai. Sekarang copy file APK tersebut ke smartphone android kamu dan install. Dan selamat, sekarang blog/web kamu sudah ada aplikasi android nya.

Kesimpulan

Ini adalah salah satu cara termudah untuk mengubah website atau blog menjadi aplikasi. Kamu bahkan tidak perlu install android studio ataupun melakukan coding.

Cara ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengubah website atau blog menjadi APK tapi tidak punya waktu untuk belajar pemrograman Java.

Jika aplikasi ini berguna, sebarkan ke teman-teman sesama blogger lainnya ya.

Terima kasih.

Menarique
Loading...