Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

Ketika siang hari, kita mungkin bisa menggunakan layar smartphone dengan nyaman. Jika terasa terlalu gelap, kita bisa mengatur agar kecerahannya dapat bertambah.

Tapi jika malam hari, beda lagi ceritanya. Karena jika diredupkan ke titik terendah pun, layar smartphone biasanya tetap menyilaukan untuk dipandang.

Apalagi jika Sobat Androbuntu menggunakan smartphone ditempat yang benar-benar minim cahaya. Mata pun jadi sakit dan mudah lelah.

Tapi sebenarnya ada satu fitur di smartphone Xiaomi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini.

Fitur tersebut adalah untuk mengatur kontras dan warna layar. Dengan fitur ini, kita dapat menggunakan layar smartphone dengan lebih nyaman, bahkan ketika malam hari. Dengan begitu mata kamu tidak mudah lelah.

Tertarik menggunakannya? Ikuti tutorial Androbuntu dibawah ini.

Baca juga: Cara Menjawab Panggilan Telepon Secara Otomatis Di Xiaomi

Cara Mengatur Kontras dan Warna Layar HP Xiaomi

Cara ini saya coba di HP Xiaomi Mi4i yang sudah menggunakan MIUI 9. Tapi seingat saya, fitur ini sudah ada sejak MIUI 8.

Advertisements

Jadi untuk kamu yang ingin mencoba fitur ini, pastikan bahwa HP Xiaomi kamu menggunakan MIUI 8 atau yang lebih baru. Tipe HP Xiaomi apa pun pasti sudah dilengkapi dengan fitur ini jika sudah menggunakan MIUI 8 atau yang lebih baru

1. Pertama, masuk ke menu Setelan di HP Xiaomi kamu. Kemudian pilih opsi “Tampilan”.

Cara Mengatur Kontras Dan Warna Layar Smartphone Xiaomi

2. Selanjutnya pilih opsi “Kontras & warna”. Opsi ini letaknya ada ditengah, diantara opsi yang lain.

Cara Mengatur Kontras Dan Warna Layar Smartphone Xiaomi

3. Nah, disini kamu bisa mengatur kontras dan warna layar HP Xiaomi. Di pilihan warna, ada 3 pilihan yang dapat kamu pilih, yaitu: Hangat, Standar dan Dingin. Saya sendiri menggunakan “Hangat” ketika malam hari. Karena pilihan ini akan membuat layar smartphone lebih kuning sehingga cocok digunakan dimalam hari. Sedangkan “Dingin” akan membuat layar smartphone menjadi terlihat lebih biru. Jadi cocok digunakan untuk siang hari, sama seperti “Standar”.

Cara Mengatur Kontras Dan Warna Layar Smartphone Xiaomi

4. Pilihlah pengaturan warna yang kamu inginkan. Setelah itu rasakan perbedaannya.

Kesimpulan

Pengaturan kontras dan warna ini menurut saya adalah fitur yang sangat berguna, tapi jarang dimanfaatkan para pengguna HP Xiaomi. Padahal, pengaturan dapat bisa membuat layar HP Xiaomi lebih nyaman diguanakan, tergantung dari waktu dan pilihan pengaturannya. Entah malam atau pun siang hari.

Mengapa di HP Xiaomi saya tidak ada pengaturan warna layar?

Advertisements

Kemungkinan kamu menggunakan HP Xiaomi yang masih menggunakan MIUI 7 atau yang lebih lama lagi. Sehingga fitur ini tidak tersedia di HP Xiaomi.

Saran saya, upgrade segera MIUI di HP kamu ke versi yang lebih baru.

Apakah fitur ini juga ada di HP Android selain Xiaomi?

Saya tidak tahu. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Beberap merk mungkin meletakan fitur ini di sub menu yang berbeda dengan Xiaomi.

Manfaatkan fitur pencarian yang ada di menu Pengaturan. Cari dengan kata kunci “Kontras”, “Warna”, “Layar” atau semacamnya

Terakhir diperbarui pada 5 Juni 2021.

Advertisements

Pemikir, cowok rumahan.