Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

Kini mengirim lamaran kerja dapat dilakukan langsung melalui email. Apalagi dengan adanya Android, mengirim email lamaran kerja jadi semakin mudah.

Jadi, buat teman-teman yang sedang mencari pekerjaan dan sering mengirim email lamaran tidak perlu sering-sering ke warnet.

Cukup gunakan saja HP Android kamu, itu semua sudah lebih dari cukup. Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Antara lain adalah dokumen-dokumen pendukung yang harus kamu kirim saat melamar. Antara lain:

  • Surat lamaran kerja dalam format Docx/PDF
  • CV
  • Scan ijazah, KTP, dan dokumen penting lainnya
  • Pas foto terbaru

Jika semua dokumen diatas sudah kamu siapkan, kamu bisa mengikuti tutorial cara mengirim email dibawah ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Email di Yahoo

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email di Android

1. Pertama buka aplikasi Gmail di HP Android kamu. Kemudian tulis email baru dengan cara klik tombol warna merah yang ada di pojok kanan bawah.

cara mengirim lamaran lewat email di hp

2. Berikutnya, silahkan isi kolom Kepada dengan email alamat perusahaan yang kamu lamar. Lalu pada Subjek tuliskan judul email, contohnya: Lamaran kerja. Lebih bagus lagi subjeknya dilengkapi dengan posisi pekerjaan yang kamu lamara. Di isi email, berikan kata-kata lamaran yang intinya adalah kamu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Contohnya bisa kamu lihat seperti dibawah ini:

cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar

3. Setelah semua kolom di isi pada langkah nomor 2, selanjutnya adalah melampirkan file seperti CV, Lamaran.docx, Sertifikat, Ijazah, dan dokumen pendukung lainnya. Caranya klik tombol lampiran yang ada di atas aplikasi Gmail.

4. Setelah itu akan muncul dua pilihan. Kamu pilih Lampirkan file.

contoh body email lamaran kerja

5. Berikutnya silahkan pilih dokumen-dokumen yang ingin kamu pilih. Seperti Lamaran.docx, CV, foto, ijazah, dan lainnya.

cara mengirim cv lewat email

6. Kalau semua file sudah kamu pilih, sekarang email sudah bisa dikirim. Caranya adalah klik tombol kirim berlogo segitiga yang ada diatas. Terlihat seperti screenshot dibawah ini.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Di Android

7. Kemudian kamu akan melihat ada tulisan Terkirim yang muncul dibawah aplikasi Gmail. Itu artinya email sudah berhasil terkirim.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Di Android

8. Untuk memastikan apakah email lamaran kerja kamu sudah terkirim atau belum, kamu bisa klik menu Terkirim yang terletak disamping.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Di Android

9. Jika email lamaran kerja kamu ada di daftar email terkirim, itu tandanya email kamu memang sudah berhasil terkirim. Terlihat seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email Di Android

Selesai.

Itu dia tadi tata cara mengirim email lamaran kerja yang baik dan benar. Tentu itu hanyalah contoh. Kamu bebas berkreasi. Terutama pada bagian kalimat isi email.

Silahkan berikan kata-kata kamu sendiri yang bagus, sehingga HRD yang menerima email kamu akan mempertimbangkan lamaran kamu.

Meskipun terlihat mudah dan praktis, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar surat lamaranmu dapat tersampaikan dengan baik dan membuat perusahaan tertarik untuk memanggilmu ke tahap selanjutnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah memilih alamat email yang tepat, menyesuaikan format surat lamaran dengan email, dan memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar. Selain itu, pastikan juga bahwa CV dan portofolio yang kamu kirimkan terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari

Tinggalkan komentar