Apa Itu GApps dan Fungsinya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Untuk kalian yang hobi mengganti-ganti Custom ROM pada HP Android, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “GApps”. Ini adalah istilah untuk seperangkat aplikasi buatan Google yang harus kita pasang secara terpisah setelah menginstal Custom ROM.

Memang GApps tidak wajib dipasang pada Custom ROM, namun ini akan sangat membantu kita untuk menggunakan HP Android dengan lebih maksimal.

Untuk kalian yang baru saja hobi mengoprek HP Android kalian, kalian wajib mengetahui apa itu GApps dan kenapa aplikasi ini penting. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Apa itu Custom ROM Android?

Apa itu GApps?

GApps adalah singkatan dari Google Apps, yaitu seperangkat aplikasi dasar buatan Google untuk HP Android. Beberapa diantaranya yaitu Gmail, Foto, Google Play, YouTube, Google Search dan lain-lain.

GApps terpasang secara default di hampir semua HP Android. Entah itu buatan Samsung, Xiaomi, Acer, OPPO, Vivo dan lainnya.

Namun jika kalian memasang Custom ROM di HP Android kalian, maka kalian tidak akan menemukan adanya GApps. Kalian harus memasangnya secara terpisah.

Aplikasi-aplikasi buatan Google merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Google. Jadi tidak sembarangan orang dapat menyertakannya dalam sebuah ROM.

Karenanya, para pengembang Custom ROM tidak dapat menyertakannya pada ROM buatan mereka.

Jadi kalian harus memasang GApps secara manual dan terpisah. Kalian dapat mengunduhnya di situs opengapps.org.

Apa Fungsi GApps?

GApps memungkinkan kamu untuk menggunakan layanan Google di HP Android yang menggunakan Custom ROM. Kamu dapat memasang Google Play Store dan menerima notifikasi push, sesuatu yang tidak kamu dapatkan secara default saat memasang Custom ROM.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menggunakan semua aplikasi buatan Google seperti Gmail, Drive, YouTube dan lain-lain.

Tanpa adanya GApps, kamu tidak dapat memasang aplikasi dan game dari Google Play Store. Kamu juga tidak dapat menerima notifikasi secara instan dari aplikasi-aplikasi tertentu.

Bahkan saat ini banyak aplikasi yang tidak dapat dipasang di HP Android yang tidak memiliki layanan Google. Jadi GApps wajib dipasang jika kamu tetap menginginkan kemudahan di Custom ROM.

Pilihan GApps

Pada situs opengapps.org, Sobat Androbuntu dapat mengunduh beberapa macam paket GApps yang berbeda tergantung kebutuhan.

Pertama, berdasarkan platform yang digunakan, yaitu mulai dari ARM, ARM64, x86, dan x86_64.

Kemudian pada versi Android, mulai dari 5.0 hingga Android versi terbaru.

Dan terakhir adalah berdasarkan varian, disini kamu dapat pilih aroma, stock, full, mini dan lain-lain.

Setiap varian memiliki jumlah GApps yang berbeda. Jadi, misalnya kamu hanya membutuhkan Google Play Store, kamu bisa pilih yang Mini.

Atau jika kamu butuh seluruh layanan Google, maka pilih yang varian Full.

Kesimpulannya adalah, GApps merupakan paket yang perlu di install setelah kamu menggunakan Custom ROM.

Walaupun tidak wajib, namun keberadaannya akan sangat membantu kamu, terutama untuk kamu yang sudah biasa menggunakan layanan-layanan milik Google.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari