Cara Memperbaiki Kamera HP Vivo yang Error dan Tidak Bisa Digunakan

Salah satu alasan kenapa orang-orang memilih HP Vivo dibandingkan dengan brand lainnya ialah kameranya. HP Vivo memiliki kamera yang sangat cocok digunakan untuk mengambil foto selfie atau video-video pendek untuk di unggah ke sosial media.

Karenanya, tidak heran kalau sebagian besar pengguna brand ini ialah dari kalangan anak-anak muda. Namun apa jadinya jika tiba-tiba kamera di HP Vivo kamu tidak bisa digunakan.

Tentu kamu tidak akan bisa posting ke sosial media lagi. Namun tenang saja Sobat Androbuntu, jangan langsung panik karena ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di HP Vivo

1. Restart Ponsel Vivo Kamu

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP Vivo error yaitu dengan me-restart ponsel. Walaupun terbilang sederhana, namun cara ini terbukti berhasil untuk mengatasi banyak error ringan yang biasa terjadi di HP Vivo.

Kamu bisa mencobanya, caranya juga cukup mudah yaitu dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Nanti kamu akan melihat ada beberapa tombol melayang yang keluar di layar.

Pilih Restart dan tunggu hingga ponsel kamu mati kemudian hidup lagi dengan sendirinya. Setelah HP Vivo kamu hidup kembali, coba gunakan kembali kamera untuk mengambil gambar dan video.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi Kamera

Sama seperti aplikasi lainnya yang terpasang di HP Vivo kamu, aplikasi kamera juga akan menghasilkan cache yang menyimpan data setting dan konfigurasi kamera.

Cache tersebut dapat kamu hapus jika terjadi error atau kamera HP Vivo kamu tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Langkah-langkah:

  • Buka menu Pengaturan di ponsel Vivo milik Sobat Androbuntu
  • Masuk ke menu Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi
  • Klik Pilih Semua, berikutnya cari aplikasi Kamera
  • Klik tombol Paksa Berhenti, lanjutkan dengan klik opsi Hapus Data

Tenang saja, ini tidak akan menghapus foto-foto dan video-video yang sudah kamu ambil. Ini hanya akan mengembalikan aplikasi kamera ke pengaturan pabrik, jadi hanya beberapa settingan kamera yang berubah.

Selebihnya kamu bisa mengatur settingan tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan kembali.

3. Gunakan Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika cara-cara diatas sudah kamu lakukan namun aplikasi kamera tetap tidak dapat digunakan, ada cara lain yaitu dengan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat kamu download di Google Play Store, ada yang gratis ada juga yang berbayar.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi kamera yang saya rekomendasikan:

Saya juga pernah mereview 10 aplikasi kamera terbaik untuk Android, selengkapnya bisa kamu baca disini. Selain ada kemungkinan kamera HP kamu dapat digunakan kembali, menggunakan aplikasi pihak ketiga juga memiliki beberapa keuntungan.

Beberapa diantaranya yaitu aplikasi kamera pihak ketiga dilengkpai dengan fitur-fitur tambahan yang tidak ada di aplikasi kamera bawaan. Selain itu, pilihannya juga beragam jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

4. Update OS Jika Tersedia

Coba cek di menu Pengaturan, apakah ada notifikasi untuk melakukan pembaruan perangkat lunak? Jika ada, maka jangan pikir panjang, langsung saja update OS yang ada di HP Vivo kamu.

Update OS ini biasanya akan memberikan perbaikan pada bugs yang ada di OS versi sebelumnya. Bisa saja aplikasi kamera HP Vivo yang mengalami error merupakan bugs.

Sebagai bonusnya, dengan update OS Sobat Androbuntu akan mendapatkan fitur-fitur baru.

5. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Bisa dikatakan ini mungkin langkah terakhir yang bisa kamu lakukan selain pergi ke service center. Namun ingat, ini hanyalah langkah yang harus kamu lakukan jika semua cara diatas tidak mempan untuk mengatasi error ini.

Cara ini cukup sederhana, yaitu dengan mengembalikan HP Vivo ke pengaturan pabrik. Dengan begitu semua error akan hilang, termasuk error yang terjadi pada kamera.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik
  • Lalu pilih Recover Mode > Wipe Cache Partition
  • Tunggu proses penghapusan selesai, lalu pilih menu Reboot System Now untuk kembali masuk ke menu utama Android

Itu dia tadi beberapa cara yang bisa Sobat Androbuntu lakukan untuk mengatasi error yang terjadi pada HP Vivo, terutama dari sisi kamera. Semoga dengan melakukan beberapa tutorial diatas, kamera di HP Vivo kamu dapat digunakan kembali.

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari