Cara Buat Akun Google Play Store Developer Indonesia

Seperti yang telah diketahui jika membuat sebuah aplikasi berbasis Android bisa dikembangkan siapa saja.

Hal ini dikarenakan aplikasi Android jenisnya open source.

Artinya pengembangan aplikasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan bisa mendapatkan sumbernya secara legal.

Maka dari itu, banyak pengembang aplikasi lebih nyaman di Android.

Untuk kamu yang juga seorang pengembangan aplikasi Android dan ingin memasarkannya di Google Play Store maka harus melalui Google Developer Indonesia.

Nah, menggunakan Play Store Developer Indonesia tentu saja harus menggunakan akun khusus pengembang.

Jika kamu tidak tahu bagaimana membuat akun Google Play Store Developer, berikut ulasannya.

Baca juga:

Cara Daftar Akun Google Play Developer

  1. Silakan masuk ke dalam halaman khusus Google Developer di https://play.google.com/apps/publish. Jika kamu sudah memiliki akun Google sebelumnya, bisa menggunakannya untuk akses login. Namun ada yang harus diperhatikan, yakni pastikan akun tersebut Sobat Androbuntu ingat-ingat. Sebab, saat akan masuk ke Google Developer hanya bisa dilakukan pada akun Google yang sudah didaftarkan.
  2. Jika sudah masuk, selanjutnya kamu harus menyetujui sebuah perjanjian pengembang yang telah disediakan. Biasanya hal ini sering ditemukan ketika pertama kali bergabung. Saat kamu sudah setuju, silakan klik lanjutkan untuk melakukan pembayaran. Sekadar informasi bahwa untuk menjadi pengembang di Google Play, pengguna harus melakukan pembayaran untuk berlangganan atau akun premium.
  3. Saat kamu sudah melakukan pembayaran bisa itu melalui kartu kredit atau debit, jangan terlalu khawatir dengan mata uang yang digunakan. Sebab, meskipun mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika, namun nantinya akan dikonversikan ke Rupiah. Silakan kamu tunggu hingga proses pembayarannya selesai.
  4. Jika sudah terkonfirmasi, nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi yang masuk ke bagian email. Silakan kamu cek isi email di Gmail.
  5. Saat kamu melihat isi email yang terbaru ada dua buah. Email yang pertama adalah rincian pembayaran yang telah kamu lakukan sebelumnya. sedangkan email yang kedua adalah melakkan verifikasi lanjutan. Pada email ini, kamu harus mengeklik “Lanjutkan Pendaftaran”. Silakan kamu melakukan pendaftaran tambahan untuk melengkapinya.
  6. Jika kamu mengekliknya, maka secara otomatis akan masuk ke dalam halaman verifiaksi lanjutan.Isilah form yang ada sesuai dengan label yang telah ditunjukan. Beberapa kolom yang memiliki tanda bintang maksudnya adalah wajib diisi. Apabila semua form sudah diisi, maka secara otomatis kamu akan masuk ke halaman beranda.

Sebenarnya pada tahapan ini akun Google Play Store Developer sudah berhasil dibuat.

Namun, berdasarkan aturan baru dari Google, kamu harus melakukan verifikasi dengan identitas asli seperti KTP, SIM, paspor dan lain-lain.

Jika kamu tidak melakukan verifikasi ini, maka pendaftaran sebelumnya dianggap batal.

Oleh sebab itu, proses ini juga sangat penting. Untuk cara verifikasinya bisa disimak dibawah ini.

Cara Verifikasi Identitas Akun Google Play

  1. Pada saat kamu selesai mendaftar sebelumnya, maka akan muncul sebuah notifikasi untuk melakukan verifikasi identitas. Silakan klik link di dalamnya.
  2. Setelah itu, kamu akan diarahkan pada form verifikasi untuk upload foto KTP, SIM, atau Paspor. Klik “Unggah” dan silakan pilih foto sesuai yang sudah disebutkan.
  3. Selanjutnya kamu klik saja tombol “Kirim” dan secara otomatis foto tadi akan dikirimkan ke Google.
  4. Nantinya kamu akan diarahkan kembali ke halaman utama. cek bagian notifikasi di atas bahwa verifikasi paling cepat dua hari kerja.
  5. Jika setelah dua hari kamu sudah mendapatkan email tentang verifikasi Google Developer, maka kamu sudah bisa menggunakannya.

Apabila verifikasi gagal, biasanya ada beberapa faktor yang cukup berpengaruh.

Misalnya saja foto yang di upload buram atau adanya pelanggaran data identitas. Silakan Sobat Androbuntu coba kembali jika gagal.

Itulah cara membuat akun Google Play Store Developer Indonesia.

Meskipun prosesnya sedikit lebih rumit, namun hal tersebut dilakukan untuk melindungi data penguna itu sendiri.

Maka dari itu silakan kamu coba dan semoga artikel ini bermanfaat.   


Video terbaru dari channel resmi Androbuntu:



Join Grup Telegram Androbuntu, Yuk!

Di grup ini kamu bisa berdiskusi dengan pembaca Androbuntu lainnya yang juga memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi.

Gabung Grup Telegram

Tinggalkan komentar