Tips Ampuh Menaikkan Loading Website Anda

Apakah Anda merasa kesal saat mengakses sebuah website dan ternyata loading sangat lama? Tentu hal ini bakal merugikan tidak hanya pengunjung tapi juga pengelola situs. Apalagi kalau situs itu sangat penting dalam kebutuhan bisnis, mau tak mau Anda harus mulai mencari tahu tips menaikan loading website.

Loading website sendiri adalah kecepatan berupa waktu yang dibutuhkan sebuah halaman website selesai dimuat dalam peramban. Dalam setiap loading, website melakukan pengiriman file dari server, browser merespon file dan akhirnya mengolahnya hingga termuat dalam halaman website.

Lantas apa yang membuat loading sebuah website menjadi sangat lambat? Ternyata ada banyak sekali faktornya seperti memilih penyedia layanan hosting yang buruk, pakai tema website yang berat, terlalu banyak pasang iklan, plugin hingga database terlalu besar.

5 Tips Menaikkan Loading Website dengan Efektif

Dalam riset yang dilakukan ahli SEO Geoff Kenyon, terungkap bahwa kecepatan loading website tertinggi sebesar 0.8 detik yang artinya 94% lebih baik daripada website pada umumnya. Sementara terendah adalah loading 5 detik, cuma 25% lebih baik daripada website lain. Hanya saja loading website dalam waktu 5 detik sebetulnya sudah sangat baik, tapi apakah itu cukup?

Nah, untuk membuat website bisa berjalan dengan kecepatan maksimal sehingga memberikan banyak keuntungan bagi si pemilik situs, 5 tips menaikkan loading website berikut ini bisa dipertimbangkan:

1. Bijak Pasang Plugin

Langkah pertama dalam tips menaikkan loading website adalah memasang plugin dengan bijaksana. Anda bisa menghapus plugin yang tidak diperlukan dan tetap memasang yang punya efek baik ke website. Pilih plugin yang tidak banyak memuat script sehingga tak menambah beban ke database. Salah satu plugin yang wajib ada adalah plugin caching supaya loading makin cepat.

2. Optimasi Gambar

Gambar merupakan salah satu hal penting dalam website tapi juga bisa buat kecepatannya menurun. Untuk itu usahakan mengunggah gambar dengan ukuran maksimal 1MB. Gambar atau bahkan media yang lebih besar akan membuat loading melambat. Jika memang gambar terlalu besar, Anda bisa memakai Imagify atau Smush untuk memperkecil ukuran pixel pada gambar.

Advertisements

3. Optimasi Database Website

Supaya database website dapat bekerja maksimal, jangan malas melakukan optimasi. Tak perlu ribet mempelajari baris coding, saat ini ada plugin yang bisa membantu untuk memaksimalkan kemampuan server website. Bentuk tindakan optimasi database lainnya bisa lewat memperkecil ukuran gambar, melakukan translate konten, blokir komentar spam hingga revisi konten.

4. Pilih Tema yang Ringan

Siapapun ingin website-nya punya tampilan menarik. Hanya saja kadang semakin menarik tema secara visual, loading-nya cukup berat. Untuk itulah ada baiknya bijaksana dalam memilih tema website dan usahakan yang sudah mendukung kebutuhan SEO, serta dapat diakses optimal lewat berbagai gawai.

5. Pilih Hosting Berkualitas

Dan inilah tips menaikkan loading website yang terakhir dan bisa dibilang terpenting yakni memilih hosting berkualitas. Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia, misalkan saja shared hosting untuk keperluan pribadi dan layanan VPS bagi website bisnis. Penyedia hosting berkualitas jelas memilih opsi layanan berbeda dan sesuai kebutuhan konsumen.

Niagahoster Solusi Hosting Berkualitas

Sesuai dengan anjuran hosting yang berkualitas bisa mempercepat loading website, maka itulah yang ditawarkan Niagahoster. Sebagai penyedia layanan hosting yang sudah berpengalaman, Niagahoster punya banyak opsi hosting sesuai kebutuhan konsumen.

Bahkan Niagahoster juga menawarkan hosting gratis yang sudah memenuhi sejumlah tips menaikkan loading website. Karena bagi Niagahoster, semua orang bisa memiliki website berkualitas.

Pemikir, cowok rumahan.