Google Meet: Pengertian, Fungsi, dan Fitur-fiturnya

Apa itu Google Meet? Pandemi Covid-19 membuat berbagai aktivitas harus kita lakukan secara online.

Ini membuat banyak orang mau tidak mau harus memanfaatkan internet agar bisa berkomunikasi.

Kebijakan work from homte atau WFH dari pemerintah juga membuat aktivitas kita menjadi terbatas karena hampir semuanya harus kita lakukan secara daring.

Kondisi ini membuat banyak orang mulai memanfaatkan berbagai layanan video conference untuk berkomunikasi.

Salah satunya adalah Google Meet. Informasi seputar Google Meet akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian Google Meet

Google Meet merupakan layanan dar Google untuk melakuka video conference.

Layanan ini adalah perpaduan antara Google Hangouts dan Google Chat.

Layanan dari Google ini pertama kali hadir pada Februari 2017 namun hanya terbatas untuk iOS.

Sebulan setelahnya baru Google memperknalkan secara resmi yang kemudian bisa diakses oleh publik.

Mereka bisa mengaksesnya melalui Android maupun web browser.

Terdapat dua versi yang bisa kamu gunakan. Sobat Androbuntu bisa menggunakanan layanan versi gratis atau berbayar. Untuk versi gratis hanya menyediakan 100 peserta.

Sementara untuk versi berbayar menyediakan 100 sampai dengan 250 peserta. Selain itu, untuk bisa memanfaatkan layanan ini maka kamu harus memiliki akun Google.

Berkaitan dengan keamanan, host mempunyai akses secara penuh di dalam meeting. Host memiliki hak untuk menolak maupun pengguna yang bergabung dalam meeting.

Google juga sudah menambahkan fitur baru yang akan meredam suara bising. Namun fitur ini hanya tersedia untuk paket bisnis.

Manfaat dan Fitur-fiturnya

Google Meet hadir dengan berbagai macam fitur serta manfaat yang membantu pengguna melakukan pertemuan secara online. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengguna bisa bergabung di dalam sebuah meeting baik melalui aplikasi (Android atau iOS), dan web browser
  • Memungkinkan pengguna agar bisa berbagi layar atau shared screen yang biasanya bermanfaat untuk melakukan presentasi maupun spreadsheet
  • Sudah terintegrasi dengan Google Calendar sehingga mempermudah pengguna ketika ingin membuat jadwal rapat
  • Terdapat fitur Chat yang mempermudah pengguna ketika ingin mengirim pesan atau berdiskusi pada saat pertemuan sedang berlangsung
  • Host mempunyai akses secara penuh dimana dia bisa mengizinkan atau menolak pengguna untuk masuk ke meeting
  • Google Meet memiliki keamanan yang terjamin
  • Paket G Suite yang mempunyai akses ke berbagai fitur seperti attendance tracking, recording, cloud system lebih besar, serta retention

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Setiap aplikasi atau layanan online sudah tentu memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Tidak jauh berbeda dengan Google Meet yang juga terdapat beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan

  • Mudah Digunakan: meskipun ini pertama kali kamu menggunakan Google Meet, kamu tidak terlalu mengalami kesulitan. Yang terpenting kamu memiliki akun Google terlebih dahulu sebelum mulai mengaksesnya.
  • Mudah untuk Bergabung: untuk bergabung ke layanan ini, kamu cukup memiliki akun Google.
  • Durasi Pertemuan yang Panjang: berbeda dengan layanan video conference seperti Zoom Meeting, ternyata Google Meet menyediakan durasi pertemuan yang lebih panjang. Kamu bisa melakukan pertemuan selama 60 menit. Berbeda dengan aplikasi Zoom Meeting yang hanya menyediakan durasi pertemuan selama 40 menit.
  • Terintegrasi ke Layanan Google yang Lain: kelebihan yang lain adalah layanan ini sudha terintegrasi dengan beberapa layanan Google yang lainnya. Salah satunya yaitu Google Drive. Kamu bisa langsung menyimpan hasil rekaman atau dokumen yang kamu butuhkan.

2. Kekurangan

  • Versi Gratis Tidak Mendukung Recording: Google Meet memang menyediakan fitur untuk merekam atau recording. Namun fitur ini hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan versi yang bebayar. Untuk versi gratisnya tidak ada fitur tersebut.
  • Fitur Berbagi Layan yang Terkesan Lambat: ketika kamu ingin berbagi layar untuk kebutuhan presentasi, perangkat yang kamu gunakan terasa berat alias lemot. Kemungkinan fitur ini memerlukan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi sehingga fitur berbagi layar tersebut dapat kamu gunakan secara maksimal.
  • Tidak Bisa Mengubah Background: kita tahu bahwa Zoom Meeting menyediakan fitur di mana kamu bisa mengganti background. namun Google Meet tidak menyediakan fitur tersebut. Artinya, kamu tidak bisa berganti background untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.
  • Belum Tersdia Google Meet Dekstop: kekurangan selanjutnya adalah Google masih belum menyediakan layanan ini untuk versi dekstop. Jadi, ketika kamu ingin melakukan meeting maka kamu harus melakukannya melalui web browser.

Kesimpulan

Itulah penjelasan yang bisa kami berikan. Kesimpulannya, Google Meet merupakan sebuah layanan Google yang membuat kita bisa melakukan video conference dengan berbagai pengguna dari seluruh dunia.

Terdapat dua versi yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan versi gratis maupun berbayar. Untuk versi gratis hanya menyediakan batas peserta maksimal 100.

Pada versi berbayar, Google memberikan batasan jumlah peserta hingga mencapai 250. Sebuah layanan yang sangat efektif untuk membuatmu tetap berkomunikasi melalui video meskipun dari jarak yang jauh.