Contoh Domain Populer Selain .COM Untuk Website Anda

Ketika hendak membuat website, salah satu hal yang paling penting adalah menyiapkan domain. Secara singkat, domain adalah nama yang digunakan untuk memudahkan pengunjung mengakses website yang Anda buat. Nah, ada cukup banyak contoh domain yang mungkin Anda sudah sangat familiar, seperti Google.com, Facebook.com, Twitter.com, ataupun lainnya.

Selain ragam nama domain sebagaimana contoh di atas, ada pula ragam ekstensi domain yang bisa Anda pilih. Ekstensi domain .com memang cenderung lebih terkenal, namun umumnya ekstensi ini memiliki harga yang lebih tinggi.

Namun, jika Anda ingin membuat website dengan budget yang lebih hemat, ada beberapa contoh ekstensi domain selain .com yang bisa dipilih. Apa saja opsi tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Ekstensi Domain Populer Selain .COM Untuk Pilihan

Sebagaimana disinggung di awal, ekstensi .com memang menjadi domain yang paling populer, namun umumnya memiliki harga tinggi. Jadi, ada baiknya jika Anda melihat ketersediaan ekstensi domain lainnya yang juga populer untuk pilihan website Anda.

Apa saja opsi ekstensi tersebut?

1) .id

Salah satu ekstensi domain murah yang populer dan juga banyak digunakan selain .com adalah .id. Ekstensi domain ini menarik karena selain populer, juga menjadi identitas website Indonesia. Ekstensi domain ini mulai muncul pada tahun 2014 yang lalu dan semakin banyak digunakan saat ini.

Banyak situs-situs besar yang menggunakan ekstensi .id untuk alamat website mereka. Beberapa contoh diantaranya adalah musica.id yang bergerak di label musik ataupun beritatagar.id yang menyediakan portal informasi.

2) .net

.net juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ekstensi pada website yang akan Anda buat. Pilihan ekstensi ini mulai banyak digunakan karena memiliki sisi menarik pada pemilihan penamaan domain yang digunakan.

Sekilas, .net memberikan kesan mewakili kata internet dan menunjukkan sisi keunggulan secara teknis. Namun, dalam dunia website, jenis ekstensi ini secara umum digunakan untuk perusahaan ataupun agency lain yang berbasis IT.

3) .org

Jika Anda ingin membuat website yang berhubungan dengan organisasi, maka ekstensi domain .org adalah pilihan yang paling tepat. Sesuai namanya, .org mewakili identitas dari website yang bermuatan beragam konten tentang dunia organisasi yang dijalankan.

Jika Anda membuat website organisasi dengan jenis ekstensi domain yang satu ini, maka akan ada citra yang lebih baik dan meningkat dari organisasi yang dikelola. Tentu saja, hal semacam ini sangat membantu beragam program dan kampanye yang diselenggarakan oleh organisasi.

4) .co

Sebenarnya, ekstensi domain .co merupakan identitas yang menunjukkan warga negara Colombia dalam website yang dikelola. Namun, Anda tetap saja bisa menggunakan ekstensi website ini untuk membuat aneka website yang berbeda, mulai dari website berita, perusahaan, portfolio dan lainnya.

Apa yang menarik dari ekstensi website ini adalah kemiripan nama ekstensi dengan .com. Tidak dimungkiri, kemiripan ini membuat ekstensi domain .co mulai banyak digunakan. Salah satu contoh domain yang menggunakan ekstensi ini dan cukup terkenal adalah asumsi.co.

5) .co.id

Berbeda dari beberapa ekstensi domain sebelumnya, ekstensi .co.id adalah pilihan ekstensi yang cenderung terbatas untuk digunakan. Tidak hanya itu, opsi ekstensi domain ini sangat menarik karena bisa diandalkan untuk menaikkan kredibilitas dari website yang Anda kelola. Hanya saja, ada beberapa persyaratan yang cukup rumit ketika Anda ingin menggunakannya.

Selain itu, perlu diketahui bahwa dalam beberapa hal, ekstensi .co.id cenderung memiliki pamor yang lebih terkenal dibandingkan dengan ekstensi .com sekalipun. Ada cukup banyak contoh website besar yang menggunakan ekstensi ini, seperti kaskus.co.id, klikbca.co.id dan lainnya.

6) .me

Ekstensi domain ini bisa dikatakan salah satu yang paling baru dibandingkan dengan jenis ekstensi lainnya. Kemunculan awal dari ekstensi domain ini adalah sekitar tahun 2016 yang lalu. Pada awalnya, ekstensi domain .me digunakan oleh para blogger sebagai sarana untuk memperkenalkan identitas mereka.

Nah, karena banyak digunakan, ekstensi domain ini semakin populer saat ini. Beberapa contoh domain dengan ekstensi .me yang cukup terkenal adalah keepo.me ataupun lintas.me.

Beberapa ekstensi domain di atas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tentu saja, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa aspek sebelum memilih ekstensi domain tersebut untuk website Anda.

Tips Memilih Nama Domain

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, domain akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda. Oleh karenanya, selain memilih ekstensi domain yang tepat, Anda juga harus memilih nama domain yang tepat pula.

Nah, untuk memilih nama domain, ada beberapa tips yang perlu diketahui. Salah satu tips penting adalah pilih nama yang tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. Pastikan jika nama domain tersebut berada di rentang 4 hingga 12 karakter.

Selain itu, hindari penggunaan angka atau kata sambung. Selain kurang simple, hal tersebut juga cukup menyusahkan pengguna untuk mengingatnya.

Dengan tips di atas, Anda bisa memilih nama domain dengan lebih mudah. Sebagai tambahan, cari informasi tentang aneka contoh domain untuk tambahan referensi.

Pemikir, cowok rumahan.