Cara Cek Kesehatan Baterai Macbook

Baterai memiliki masa pakai yang terbatas. Sebaik apa pun kamu merawatnya, suatu saat baterai laptop harus tetap diganti karena masa pakainya sudah habis. Begitu juga dengan baterai Macbook.

Sobat Androbuntu dapat mengganti baterai Macbook sendiri di rumah, atau meminta teknisi untuk menggantinya. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kondisi baterai Macbook kamu apakah memang sudah perlu diganti atau belum.

Jangan sampai kamu mengganti baterai Macbook yang masih layak digunakan. Karena itu sama saja dengan buang-buang uang. Mengingat harga baterai Macbook sendiri tidak murah.

Baca juga: Cara Membuka Aplikasi dari Pengembang Tak Dikenal di Mac

Cara Cek Kesehatan Baterai Macbook

Buka Launchpad atau tekan tombol F4 di keyboard kamu. Kemudian cari aplikasi bernama Informasi Sistem atau System Information.

Cara Cek Kesehatan Baterai Mac by Androbuntu 1

Setelah jendela Informasi Sistem terbuka, kamu akan melihat ada banyak menu yang dapat di klik disamping aplikasi ini. Untuk menampilkan informasi mengenai baterai, ketuk menu Daya atau Power.

Cara Cek Kesehatan Baterai Mac by Androbuntu 2

Berikutnya kamu dapat melihat seluruh informasi mengenai baterai Mac kamu saat ini. Mulai dari informasi model, informasi pengisian, hingga informasi kesehatan baterai. Coba perhatikan screenshot dibawah ini:

Cara Cek Kesehatan Baterai Mac by Androbuntu 3

Baterai Mac yang saya gunakan memiliki angka Jumlah Sikus (Cycle Count) sebesar 479, yang mana itu berarti kondisinya masih sehat dan belum perlu diganti. Dibawah informasi Cycle Count juga ada informasi mengenai kondisi baterai.

Seperti yang dapat kamu lihat, kondisi baterai saya masih dinyatakan Normal. Jika baterai Mac kamu bermasalah, akan menampilkan informasi lain seperti “Service Battery” yang artinya baterai perlu segera diganti.

Mengapa Baterai Macbook Harus Diganti?

Setiap tahunnya, performa baterai Macbook kamu akan menurun. Ini adalah hal wajar. Karena semua baterai juga begitu adanya.

Semakin sering digunakan, baterai akan menampung lebih sedikit daya.

Saat pertama kali Macbook kamu beli, mungkin dapat digunakan hingga 10 jam pemakaian dalam sekali pengisian baterai. Hingga lambat laun akan semakin berkurang, mulai dari 9 jam, 8 jam, hingga akhirnya 1 jam.

Jika kamu adalah orang yang sering bekerja menggunakan Macbook ke tempat-tempat berbeda, maka memiliki baterai yang masih sehat adalah sebuah keharusan.

Karena jika sampai baterai Macbook habis padahal pekerjaan kamu belum selesai, ini akan menjadi masalah. Karenanya, kamu perlu mengganti baterai Macbook secara berkala.

Catatan: Tutorial diatas saya tulis menggunakan macOS Big Sur 11.1. Jika kamu menggunakan macOS versi lain, mungkin akan ada sedikit perbedaan tampilan menu dan juga tata letaknya.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.