Cara Membuka File RTF di Android dan Komputer

Ada banyak format berkas digital yang dapat kita gunakan. Mulai dari PDF, DOCX, PNG, TXT hingga RTF. Untuk format berkas populer seperti PDF dan DOCX, saya yakin kamu sudah cukup familiar dan tidak kesulitan untuk membukanya.

Namun, bagaimana dengan berkas berformat RTF? Apakah kamu sudah mengetahui format berkas yang satu ini?

Jika belum, silahkan baca penjelasannya dan bagaimana cara membukanya dibawah ini.

Baca juga: Cara Membuka File ISO

Apa itu File RTF?

RTF merupakan kepanjangan dari Rich Text Format, yaitu sebuah format file yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1980.

Tujuan dari pengembangan format file ini ialah agar komputer yang tidak memiliki aplikasi Microsoft Word tetap dapat membuka file yang ditulis dengan aplikasi ini.

RTF juga menjadi format file default untuk WordPad, sebuah aplikasi yang lebih ringan dari Microsoft Word.

Mirip seperti file DOCX, file RTF juga memiliki berbagai macam elemen tampilan di dalam dokumen, mulai dari gaya font, gambar, warna, dan masih banyak lagi.

Dulunya file bantuan Microsoft menggunakan format RTF, hingga akhirnya digantikan oleh HTML.

Microsoft telah menghentikan pengembangan RTF pada tahun 2008, namun hingga saat ini masih cukup banyak aplikasi yang menggunakannya.

Untuk kamu yang kebetulan mendapatkan sebuah file RTF, entah itu dari internet atau dari rekan kerja dan bingung bagaimana cara membukanya, kamu dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini tergantung dari platform yang kamu gunakan.

Menggunakan Aplikasi RTF Reader (Android)

Untuk Sobat Androbuntu pengguna HP Android, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin membuka berkas jenis ini. Karena di Play Store ada cukup banyak aplikasi yang tersedia untuk di unduh.

Buka saja Play Store, kemudian car dengan kata kunci “RTF Reader” lalu unduh salah satu aplikasi yang muncul.

Dengan aplikasi tersebut, kamu sudah dapat membuka berkas RTF yang ada di HP Android kamu.

Menggunakan Microsoft Word (Windows)

Berkas berformat RTF merupakan buatan Microsoft, jadi tidak heran jika beberapa aplikasi buatan perusahaan ini juga dapat membuka berkas ini, salah satunya adalah Microsoft Word.

Jadi, jika kamu adalah pengguna Windows, maka kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan jika ingin membuka berkas berformat RTF. Cukup gunakan saja Microsoft Word.

Cara Membuka File RTF di Android dan Komputer by Androbuntu 2

Seperti yang dapat kamu lihat, Microsoft Word akan membuka berkas RTF dalam mode kompatibilitas. Artinya, selain melihatnya, kamu juga dapat mengedit berkas RTF tersebut.

Menggunakan TextEdit (Mac)

macOS dilengkapi dengan aplikasi bawaan bernama TextEdit. Aplikasi ini sama seperti Notepad di Windows.

Fungsinya ialah untuk membuat dan mengedit berkas teks dalam berbagai format, salah satunya adalah RTF.

Untuk membuka berkas RTF di Mac caranya sangat mudah, ketuk kanan pada berkas berformat RTF lalu klik Buka Dengan > TextEdit.

Cara Membuka File RTF di Android dan Komputer by Androbuntu 1

Kemudian aplikasi TextEdit akan segera membuka berkas RTF tersebut. Tidak hanya untuk melihatnya saja, kamu juga dapat mengedit berkas tersebut di TextEdit.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.