Cara Membuat Dompet Bitcoin

Untuk dapat mengirim dan menerima Bitcoin, kita membutuhkan sebuah wallet atau dompet. Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk digunakan, dan sebagian besar gratis.

Namun bagi Sobat Androbuntu yang baru mengenal Bitcoin mungkin akan sedikit kebingungan bagaimana cara membuatnya.

Padahal sebenarnya membuat wallet untuk menyimpan dan menerima Bitcoin tidak sesulit yang dibayangkan.

Yang paling harus diperhatikan ialah bagaimana cara kita menyimpan “benih” yang kita gunakan untuk mengakses wallet tersebut.

Dan dalam artikel ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara membuat wallet Bitcoin dari awal hingga akhir, lengkap dengan gambar di tiap langkahnya.

Baca juga: Pengertian Bitcoin, Sejarah dan Fungsinya

Cara Membuat Dompet Bitcoin di Komputer

Ada beberapa aplikasi dompet Bitcoin populer yang dapat kamu gunakan di komputer, mulai dari Electrum, Exodus, Atomic Wallet, dan lain-lain. Namun dalam tutorial kali ini saya menggunakan Electrum.

Alasan saya merekomendasikan Electrum ialah karena aplikasi ini sudah ada sejak lama (tahun 2011) dan memiliki banyak fitur. Electrum juga merupakan aplikasi open source sehingga keamanannya dapat di audit oleh pihak ketiga.

Silahkan kunjungi situs resminya di electrum.org lalu unduh aplikasi Electrum. Aplikasi ini tersedia untuk Linux, macOS dan Windows. Silahkan pilih sesuai dengan OS yang kamu gunakan.

Jika sudah, install aplikasi ini. Kemudian buka Electrum dan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat wallet Bitcoin baru:

Tampilan awal Electrum saya mungkin sedikit berbeda dengan milik kamu karena saya sudah pernah membuat wallet sebelumnya. Klik tombol Buat Dompet Baru.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 1

Selanjutnya beri nama dompet baru yang akan Sobat Androbuntu buat. Kamu bebas memberinya nama apa saja. Jika sudah, klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 2

Ada beberapa pilihan tipe wallet, pilih yang pertama yaitu Standard wallet. Klik Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 3

Karena kita ingin membuat wallet baru, pilih Create a new seed lalu klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 4

Penting: Akan muncul 12 kata benih yang merupakan kunci untuk membuka wallet Bitcoin kamu. Simpan baik-baik ke-12 kata ini.

Jangan pernah membagikannya ke siapa pun karena orang yang mengetahui rangkaian kata ini dapat membuka wallet Bitcoin kamu dan memindahkannya. Silahkan catat dan simpan baik-baik ditempat paling aman.

Kemudian klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 5

Di jendela berikutnya Electrum akan meminta konfirmasi 12 benih yang tadi sebelumnya telah ditampilkan. Silahkan ketik kembali ke-12 kata yang sudah kamu catat tadi, lalu klik tombol Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 6

Berikutnya masukkan password dan ulangi sebanyak dua kali. Password ini diperlukan setiap kali kamu ingin mengakses wallet. Jika sudah, klik Berikutnya.

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 7

Selesai. Kini di jendela Electrum kamu akan melihat tampilan seperti dibawah:

Cara Membuat Dompet Bitcoin by Androbuntu 8

Itu artinya wallet Bitcoin milik Sobat Androbuntu sudah selesai dibuat. Tab default yang akan tampil adalah Riwayat. Namun karena ini merupakan wallet baru, riwayat masih kosong dan tidak menampilkan apa pun.

Untuk menerima Bitcoin, klik tab Terima lalu salin alamat Bitcoin kamu dan berikan pada orang yang ingin mengirimkan kamu Bitcoin.

Jika Bitcoin sudah terkirim, maka tab riwayat akan menampilkan transaksi tersebut. Sedangkan jika ingin mengirim Bitcoin, kamu tinggal klik saja tab Kirim.

Salah satu cara mendapatkan Bitcoin paling mudah ialah dengan membelinya. Kamu dapat mengikuti tahapan membeli Bitcoin di Binance menggunakan cara yang sudah pernah saya tulis disini.

Dimana saya harus menyimpan 12 kata benih yang diberikan Electrum?

Sebaiknya hindari menyimpan kata benih di perangkat digital seperti laptop, ponsel dan semacamnya. Terutama jika tidak dienkripsi. Simpanlah di kertas secara offline.

Ini akan memperkecil kemungkinan benih kamu diketahui oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang berujung pada hilangnya Bitcoin kamu.

Namun jika kamu ingin menyimpannya secara digital, gunakanlah aplikasi yang mengenkripsi data yang kita simpan. Contohnya adalah Bitwarden.

Bitwarden sebenarnya adalah aplikasi pengelola password. Namun dapat juga digunakan untuk menyimpan catatan secara aman.

Kamu dapat menggunakan fitur catatan tersebut untuk menyimpan benih kamu di aplikasi ini. Namun sekali lagi, saya menyarankan untuk menggunakan opsi pertama, yaitu menyimpannya secara offline di kertas (atau media sejenis lainnya).

Saya tidak sengaja menghapus Electrum, komputer saya hilang/rusak, bagaimana cara mengemblaikan Bitcoin saya?

Nah, ini dia fungsi dari 12 kata benih yang tadi kamu simpan. Unduh dan pasang kembali Electrum di laptop kamu, kemudian masukkan ke-12 kata benih di Electrum.

Maka, Electrum akan mengembalikan wallet Bitcoin kamu lengkap dengan Bitcoin yang ada didalamnya.

Jadi, sekali lagi, jangan sampai memberikan 12 kata benih tersebut ke orang lain. Karena ini merupakan cara untuk mengakses wallet kamu.

Kesimpulan

Itu dia panduan lengkap cara membuat wallet Bitcoin di komputer. Electrum juga tersedia untuk Android, jadi kamu dapat mengikuti tutorial diatas melalui Android.

Langkah-angkahnya kurang lebih sama, yang membedakan mungkin hanya antarmuka antara laptop dan Android.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.