Cara Mendaftar di Tokocrypto dan Panduan Verifikasi KYC

Saat ini tersedia banyak sekali situs perdagangan kripto yang dapat kita gunakan, baik yang bermarkas di Indonesia maupun luar negeri.

Jika kamu mendaftar di situs perdagangan luar negeri, maka (biasanya) kamu akan kesulitan untuk melakukan setoran dan penarikan dana. Karena rata-rata situs perdagangan kripto tidak menerima deposit dari bank di Indonesia.

Untungnya saat ini sudah cukup banyak situs perdagangan kripto yang berbasis di Indonesia. Jadi Sobat Androbuntu yang ingin melakukan jual-beli aset kripto, terutama Bitcoin, dapat melakukannya dengan mudah.

Kamu dapat melakukan setoran dan penarikan langsung menggunakan akun bank yang ada di Indonesia. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah Tokocrypto.

Baca juga: Cara Deposit di Tokocrypto

Mengapa Harus Trading di Tokocrypto?

Tokocrypto terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Bahkan menjadi perusahaan perdagangan kripto pertama yang terdaftar di lembaga Kementerian Perdagangan itu.

Sebagai pengguna, ini menjadi semacam jaminan bahwa platform ini aman untuk digunakan. Karena untuk dapat terdaftar secara resmi di BAPPEBTI, ada banyak proses dan persyaratan yang harus dilalui oleh sebuah perusahaan perdagangan kripto.

Kelebihan lain yang saya suka dari Tokocrypto ialah biaya penarikan (withdrawal) yang murah, hanya Rp. 5000,- per penarikan. Tokocrypto tidak menggunakan biaya presentase.

Yang artinya, berapapun uang yang kamu tarik dari Tokocrypto, biayanya tetap sama, yaitu Rp. 5000,-.

Biaya trading di Tokocrypto juga termasuk rendah, hanya 0.2% untuk taker dan maker.

Untuk melakukan setoran, kamu dapat menggunakan virtual account atau Gopay. Jadi tidak perlu lagi mengunggah bukti transfer secara manual.

Setiap kali kamu selsai transfer uang ke virtual account, maka uang akan masuk ke akun Tokocrypto secara otomatis.

Tokocrypto juga terintegrasi dengan Binance. Kamu dapat mengirim dan menerima aset dari Binance ke Tokocrypto atau sebaliknya dengan biaya yang rendah.

Bahkan jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun Binance, kamu dapat menggunakannya untuk masuk ke Tokocrypto.

Namun dalam tutorial dibawah ini, saya akan asumsikan bahwa Sobat Androbuntu belum memiliki akun Binance. Jadi saya akan memberikan tutorial bagaimana mendaftar akun di Tokocrypto hingga melakukan KYC.

Cara Mendaftar di Tokocrypto

Untuk mendaftarkan sebuah akun di Tokocrypto sebenarnya tidak sulit, hampir sama seperti ketika mendaftar di situs lainnya. Yang membedakan ialah setelah mendaftar kita harus melakukan verifikasi KYC (Know Your Customer).

Proses ini memang wajib dan lumrah dilakukan di hampir semua situs dan layanan jual-beli cryptocurrency. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka browser pada komputer atau ponsel kamu, kemudian kunjungi situs Tokocrypto.com dan klik menu Daftar;
  2. Masukkan alamat email, dan pastikan alamat email tersebut masih aktif, lalu masukkan password sebanyak 2 kali (gunakan password yang berbeda dengan email), setelah itu klik tombol Daftar;
  3. Berikutnya cek email, kamu akan mendapatkan email dari Tokocrypto berisi kode verifikasi. Salin kode tersebut ke situs Tokocrpyto.

Setelah langkah diatas, maka akun Tokocrypto kamu sudah selesai dibuat. Namun status akun kamu masih belum terverifikasi.

Untuk melakukan verifikasi, klik menu Verifikasi di dashboard akun Tokocrypto. Lalu upload foto KTP kamu. Selain itu kamu juga akan diminta untuk berofoto selfie sambil memegang KTP.

Pastikan kamu mengisi nama dan alamat sama dengan informasi yang ada di KTP kamu. Dengan begitu akun kamu dapat diverifikasi dengan cepat.

Tips Melakukan Verifikasi KYC di Tokocrypto

Pastikan ruangan tempat kamu melakukan verifikasi mendapatkan asupan cahaya yang cukup. Dengan begitu foto yang dihasilkan terlihat jelas dan mempermudah proses verifikasi.

Jika perlu keluar rumah dan lakukan proses pemotretan diluar ruangan agar foto yang dihasilkan terlihat cerah.

Hindari menggunakan kacamata hitam, topi dan aksesoris lainnya guna menghindari KYC kamu di tolak.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.