Cara Install Google Chrome di Ubuntu Linux

Secara default, Ubuntu menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser bawaannya. Tidak ada yang salah dengan Firefox.

Firefox adalah browser yang hebat dan berfitur lengkap.

Namun sebagian orang mungkin lebih nyaman menggunakan Google Chrome dibandingkan Firefox.

Jadi, ketika setelah selsai memasang Ubuntu di laptop atau komputer miliknya, banyak orang yang kemudian mencari tahu bagaimana cara memasang Google Chrome di Ubuntu.

Untuk Sobat Androbuntu yang juga ingin melakukan hal sama namun tidak tahu caranya, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android di Ubuntu Linux

Cara Install Google Chrome di Ubuntu Linux Melalui GUI

Ubuntu merupakan Distro Linux turunan Ubuntu, karenanya mendukung penggunaan paket .deb. Untuk mendapatkan paket google-chrome.deb, silahkan kunjungi halaman download resmi Google Chrome.

Klik tombol Download Chrome. Lalu pilih “64 bit .deb (for Debian/Ubuntu)” kemudian klik “Accept and Install”. File .deb kemudian akan terunduh ke komputer kamu.

Biasanya file .deb tersebut akan tersimpan di folder Download, kecuali kamu menyimpannya di folder lain.

Klik dua kali pada file .deb tersebut, kemudian aplikasi Ubuntu Software akan terbuka dan menampilkan informasi mengenai Google Chrome. Klik tombol Install untuk memulai pemasangan.

Kamu akan diminta untuk memasukkan password Ubuntu. Ketik password lalu enter. Kemudian tunggu beberap detik hingga Google Chrome selesai dipasang di Ubuntu kamu.

Jika usdah, kamu dapat segera menggunakan Google Chrome ubuntu browsing.

Cara Install Google Chrome di Ubuntu Linux Melalui Terminal

Sebagai pengguna Linux, maka tentunya mau tidak mau kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan Terminal.

Salah satu yang dapat kamu lakukan dengan Terminal ialah memasang aplikasi Google Chrome di Ubuntu.

Sebenarnya proses yang terjadi sama saja, kita akan mengunguh file google-chrome.deb dari situs resminya, kemudian memasangnya. Bedanya, ini kita lakukan menggunakan Terminal.

Silahkan buka Terminal di laptop Sobat Androbuntu, kemudian masukkan perintah berikut ini:

wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb

Setelah itu kamu akan melihat progress bar berbasis teks yang menunjukkan sudah berapa persen file google-chrome.deb telah terunduh. Tunggu hingga mencapai 100%.

Setelah file .deb selesai di unduh, kita akan menggunakan perintah dpkg untuk memasangnya ke Ubuntu. Ikuti perintah berikut:

sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_amd64.deb

Seperti biasa, setiap kali ingin memasang dan menghapus aplikasi, Sobat Androbuntu harus mengetikkan password. Setelah itu, proses pemasangan akan dilakukan, ini akan terjadi dengan sangat cepat, tidak sampai 10 detik.

Ini jarang terjadi, namun mungkin saja dapat terjadi pada laptop kamu. Terkadang akan ada error karena tidak lengkapnya dependensi yang ada di Ubuntu kamu.

Gunakan perintah dibawah ini untuk memasang semua file pendukung yang diperlulan:

sudo apt -f install

Setelah Google Chrome terpasang di Ubuntu, maka secara otomatis repository resmi dari Google juga terpasang di Ubuntu kamu.

Itu artinya kamu dapat menggunakan perintah sudo apt dist-upgrade untuk memperbarui Google Chrome, seperti saat memperbarui aplikasi lainnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menggunakan Ubuntu Software Center untuk memperbarui Google Chrome melalui GUI. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak terbiasa menggunakan terminal.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Gamer paruh waktu.