Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram

Instagram memiliki banyak sekali fitur, yang terkadang beberapa diantaranya bahkan tidak diketahui oleh sebagian penggunanya.

Fitur-fitur tersebut juga dibagi ke dalam dua kategori, yaitu fitur yang dapat digunakan oleh pengguna biasa dan fitur untuk profil bisnis.

Fitur yang dapat digunakan pengguna biasa adalah fitur umum dan dapat digunakan oleh semua jenis akun Instagram.

Sedangkan fitur khusus bisnis ialah fitur yang dikembangkan khusus untuk akun Instagram dengan profil bisnis.

Salah satu fitur yang dikembangkan khusus untuk bisnis ialah tombol tindakan.

Baca juga: Cara Upload Foto dan Video ke Instagram Melalui Komputer

Apa itu Tombol Tindakan?

Tombol Tindakan adalah sebuah tombol tambahan yang ada di profil Instagram kamu, letaknya berada disamping tombol Ikuti dan Pesan.

Ini merupakan salah satu fitur baru dari Instagram yang dapat dimanfaatkan untuk para pelaku bisnis, seperti restoran, kafe, atau bahkan perorangan yang memiliki usaha di beberapa bidang.

Intinya, fungsi dari tombol ini ialah memudahkan para pengunjung profil Instagram kita untuk melakukan pemesanan terhadap usaha atau bisnis yang kita jalani.

Contohnya, jika kamu adalah pemilik restoran, maka kamu dapat menambahkan tombol tindakan “Pesan Sekarang”.

Saat pengguna Instagram mengetuk tombol tersebut dari profil kamu, maka ia akan langsung diarahkan ke aplikasi GoFood atau Grab untuk segera melakukan pemesanan.

Berikut ini adalah penampakan dari tombol yang sedang kita bicarakan:

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 7
Tombol tindakan

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram

Catatan: Setahu saya fitur ini hanya tersedia di profil Instagram Bisnis, jadi jika kamu menggunakan akun Instagram biasa, jangan heran jika fitur ini tidak dapat kamu gunakan.

Jika kamu tetap ingin menggunakannya, terlebih dahulu kamu harus mengubah akun ke profil bisnis. Jika sudah, langsung ikuti tutorial dibawah:

Buka aplikasi Instagram kamu. Kemudian masuk ke tab Profil. Setelah itu ketuk tombol Edit Profil.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 1

Gulir ke bawah sampai kamu menemukan menu Tombol Tindakan, lalu ketuk menu tersebut. Kamu dapat melihat bahwa secara default tombol ini masih belum aktif.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 2

Ada beberapa jenis tombol yang dapat kamu pilih, dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan tombol Pesan Makanan. Kamu bebas menggunakan yang mana saja.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 4

Nah, berikutnya kamu tinggal pilih saja layanan pengantaran makanan yang kamu gunakan. Saat ini tersedia 4 layanan, yaitu GoFood, Goomer, Grab dan ZZGate.

Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan GoFood. Sekali lagi, kamu bebas menggunakan yang mana saja.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 5

Sekarang, ambil tautan GoFood milik restoran kamu. Setelah itu salin ke kolom yang telah disediakan di aplikasi Instagram. Jangan lupa ketuk tombol Selesai.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 6

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, sekarang lihatlah profil Instagram kamu. Sekarang sudah ada tombol baru disamping tombol Ikuti dan Pesan, yaitu tombol Pesan Makanan.

Cara Menambahkan Tombol Tindakan di Instagram by Androbuntu 7

Seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot diatas, terdapat tombol Pesan Makanan pada profil Instagram milik Androbuntu. Itu adalah tombol tindakan yang barusan saya tambahkan.

Suka teknologi? Jangan lupa follow Instagram Androbuntu untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia teknologi dan gadget.

Pemikir, cowok rumahan.