Cara Mengganti Username Snapchat

Username adalah sebuah rangkaian huruf dan angka unik yang terhubung dengan akun kita.

Di media sosial seperti Twitter dan Instagram, username digunakan untuk mengidentifikasi seorang pengguna.

Satu username hanya akan dapat digunakan oleh satu pengguna, karenanya ketika kita memention seseorang, misalnya @androbuntuco di Twitter, maka hanya pengguna dengan username tersebut yang akan mendapatkan notifikasi telah kita tag.

Selain Twitter dan Instagram, ada juga media sosial lain yang memiliki fitur username yaitu Snapchat.

Namun berbeda dengan Instagram dan Twitter yang memperbolehkan kita untuk mengganti username, Snapchat tidak memperbolehkan hal tersebut.

Sampai saat ini saya juga tidak tahu alasan kenapa pihak Snapchat tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengganti username.

Namun ada satu trik yang dapat kamu gunakan jika benar-benar ingin mengganti username di Snapchat.

Baca juga: Cara Menyimpan Foto dari Snapchat ke Galeri

Cara Menghapus Akun Snapchat Lama

Akun Snapchat tidak dapat dihapus dari aplikasi, kamu harus membuka browser dan mengunjungi situs Snapchat, lalu login menggunakan akun yang ingin dihapus.

Cara lengkapnya silahkan kamu ikuti dibawah ini.

Buka browser kemudian kunjungi situs https://accoounts.snapchat.com/accounts/ lalu masukkan username dan akta sandi Snapchat milik Sobat Androbuntu.

Setelah masuk, kamu akan melihat ada banyak menu yang dapat dipilih, pilih menu HAPUS AKUN SAYA.

Situs Snapchat tersebut kemudian akan menampilkan dua kolom, yaitu kolom username dan password, silahkan masukkan keduanya dan klik tombol LANJUTKAN.

Selesai. Kini akun kamu dalam proses penghapusan. Sebelum 30 hari, kamu masih bisa mengembalikan akun kamu tersebut dengan cara login menggunakan username dan password yang sama.

Ya, benar. Sobat Androbuntu harus menunggu hingga 30 hari agar akun Snapchat lama kamu benar-benar terhapus secara permanen.

Cara Membuat Akun Snapchat Baru

Jika akun kamu sudah benar-benar terhapus dari Snapchat, kini kamu dapat menggunakan nomor ponsel atau email yang sama yang digunakan pada akun lama.

Untuk cara mendaftar akun Snapchat baru, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Snapchat, kemudian ketuk tombol SIGN UP;
  • Isi nama dengan dan nama belakang kamu;
  • Berikutnya ketuk tombol Sign Up & Accept;
  • Berikutnya ketik username yang ingin kamu gunakan, pastikan berbeda dengan yang pertama, karena ini adalah kesempatan kamu untuk mengganti username Snapchat;
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan alamat email yang ingin digunakan untuk akun ini, pastikan alamat email yang digunakan masih aktif ya;
  • Langkah beirkutnya izinkan Snapchat untuk mengakses kontak kamu dan menampilkan teman-teman kamu yang sudah menggunakan Snapchat sehingga kamu dapat menambahkan mereka semua ke daftar teman;
  • Sekarang akun Snapchat baru kamu telah berhasil dibuat dengan memiliki username baru, selamat.

Saat ini, cara diatas merupakan yang termudah yang dapat Sobat Androbuntu lakukan jika ingin mengubah username Snapchat.

Memang terlihat ribet jika dibandingkan dengan mengganti username pada Twitter atau Instagram.

Namun mau bagaimana lagi? Sampai saat ini Snapchat belum mengizinkan penggunanya untuk mengubah username secara langsung.

Cara Alternatif

Ada cara lain yang dapat kamu gunakan, namun tidak jauh berbeda dengan cara diatas.

Kamu tidak perlu menghapus akun lama kamu, namun kamu harus memiliki email atau nomor ponsel yang belum pernah kamu gunakan untuk mendaftar Snapchat.

Gunakan email atau nomor ponsel tersebut untuk mendaftar akun di Snapchat, lalu gunakan username yang kamu inginkan.

Bagaimana? Mudah bukan?

Gabung Channel WhatsApp Androbuntu dan dapatkan info teknologi terbaru setiap hari