Cara Mengatasi Laptop Tidak Mengeluarkan Suara

Laptop yang speaker-nya tidak mengeluarkan suaranya tentu akan menjadi momok yang menyebalkan. Kita jadi tidak dapat lagi mendengarkan musik, menonton video, hingga melakukan beberapa pekerjaan produktif seperti mengedit video hingga merekam suara.

Untuk kamu yang hidupnya sangat tergantung dengan laptop, entah itu para pekerja kantoran, kreator konten atau mahasiwa, masalah ini tentu akan sangat merepotkan.

Namun jangan buru-buru panik. Coba lakukan beberapa hal dibawah ini jika speaker laptop kamu dirasa sedang bermasalah.

Baca juga: Cara Memperbaiki Touchpad yang Error pada Laptop

1. Periksa Pengaturan Speaker yang Digunakan Laptop

PC atau komputer biasanya tidak dilengkapi dengan internal speaker, sehingga kita harus menggunakan speaker tambahan agar dapat mendengarkan suara dari PC tersebut.

Berbeda dengan laptop yang sudah dibekali dengan internal speaker, sehingga kita dapat langsung menggunakannya untuk mendengarkan musik dan seluruh suara dari media yang sedang diputar.

Namun kita juga dapat menghubungkan speaker eksternal melalui bluetooth ataupun kabel.

Ini dapat kamu lakukan jika kamu memiliki speaker eksternal dengan kualitas yang lebih mumpuni sehingga dapat menghasilkan suara yang lebih jernih.

Advertisements

Dan ini dia yang mungkin menjadi permasalahan kenapa laptop kamu tidak mengeluarkan suara.

Speaker internal kamu tidak mengeluarkan suara karena mungkin laptop kamu masih terhubung dengan speaker eksternal, baik melalui kabel ataupun bluetooth.

Coba periksa kembali apakah laptop Sobat Androbuntu masih terhubung dengan speakter eksternal atau tidak.

Jika masih, maka wajar saja jika speaker internal laptop tidak mengeluarkan suara.

Putuskan terlebihi dahulu laptop kamu dengan speaker eksternal, lalu coba putar musik kembali dan lihat apakah speaker internal mengeluarkan suara atau tidak.

2. Install Ulang Driver Audio

Setiap perangkat keras yang ada di laptop dikendalikan oleh driver yang ada di laptop untuk dapat berfungsi, termasuk speaker.

Driver merupakan jembatan antara perangkat keras dengan program komputer yang memainkan suara, sehingga nantinya suara tersebut dapat keluar di speaker.

Advertisements

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows, maka menginstall driver adalah sebuah keharusan jika semua perangkat keras laptop kamu ingin berfungsi.

Terutama jika kamu membeli laptop dalam kondisi “kosongan”, yang artinya belum terinstall Windows.

Setelah menginstall Windows, maka langkah selanjutnya adalah menginstall seluruh driver yang dibutuhkan.

Berbeda lagi ceritanya jika kamu membeli laptop yang sudah terinstall Windows, maka biasanya seluruh driver-nya juga sudah terinstall secara default. Laptop sudah siap pakai.

Kamu dapat mencari di Google dengan menggunakan kata kunci “install driver + merk dan tipe laptop kamu”.

Maka biasanya Google akan menampilkan halaman resmi merk laptop yang kamu gunakan.

Perlu diingat bahwa setiap tipe laptop memiliki driver-nya sendiri, jadi driver-nya tidak boleh menggunakan driver milik tipe laptop lain.

Advertisements

3. Periksa Apakah Speaker Sedang di Mute atau Tidak

Untuk kamu yang belum familiar menggunakan laptop, Sobat Androbuntu juga mungkin belum mengerti dengan semua tombol yang ada di keyboard.

Ada beberapa tombol di keyboard yang berfungsi untuk mengontrol suara laptop, mulai dari menurunkan dan menaikan tingkat suara, hingga untuk membisukan suara laptop secara keseluruhan.

Tombol tersebut biasanya merupakan tombol F10, F11 dan F12. Setiap merk dan tipe laptop mungkin akan berbeda.

Jika kamu tidak sengaja menekan tombol mute pada keyboard, maka speaker laptop akan dibisukan hingga kamu menekan kembali tombol mute tersebut.

Karena itu, coba periksa di keyboard laptop kamu, lalu tekan tombol mute dan lihatlah apa yang terjadi, apakah suara laptop kamu kembali menyala atau tidak.

4. Install Ulang Laptop

Sistem operasi Windows yang ada di laptop kamu tersusun dari banyak file sistem nan kompleks. Jika ada salah satu file tersebut yang rusak, terhapus, atau dimodifikasi dengan salah, maka ada kemungkinan laptop kamu mengalami error.

Jika kamu tidak pernah mengganti atau menghapus file sistem di Windows, ada kemungkinan itu dilakukan oleh virus atau malware.

Advertisements

Virus atau malware tersebut dapat datang dari mana saja. Bisa jadi saat kamu menyalin komputer dari laptop teman kamu, ada virus dan malware yang menginfeksi flashdisk yang kamu gunakan.

Lalu ketika flashdisk tersebut kamu gunakan di laptop, mereka akan langsung menginfeksi laptop kamu.

Cara lain virus dan malware menginfeksi komputer kamu adalah melalui internet. Biasanya mereka datang bersama dengan file yang kamu unduh dari internet.

Jika kamu pernah mengunduh aplikasi bajakan dari internet, besar kemungkinan aplikasi tersebut telah diisi malware.

Jika ini adalah penyebab kenapa laptop kamu tidak mengeluarkan suara, maka cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah menginstall ulang sistem operasi di laptop kamu.

Selain untuk mengatasi masalah speaker, menginstall ulang juga akan menghapus semua virus dan malware yang ada di laptop kmau.

5. Bawa Laptop ke Service Center

Selain kerusakan secara software (virus, malware, driver, dan semacamnya), bisa jadi terjadi kerusakan secara hardware yang menyebabkan speaker laptop Sobat Androbuntu tidak berfungsi.

Advertisements

Ada banyak kemungkinan yang dapat terjadi. Bisa jadi ada salah satu kabel penghubung pada speaker internal yang terputus sehingga speaker tidak dapat mengeluarkan suara.

Untuk mengetaahui apa yang terjadi dan penanganan seperti apa yang tepat, ada baiknya kamu bawa laptop kamu ke Service Center.

Gamer paruh waktu.