Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang

Google Docs tidak hanya memungkinkan kita untuk membuat dokumen, tapi juga mengedit dokumen tersebut bersama dengan banyak orang sekaligus dalam satu dokumen.

Ini sangat cocok dimanfaatkan untuk orang-orang yang bekerja dalam tim yang mengharuskan mereka untuk membuat dokumen secara bersama-sama dalam waktu yang sama pula.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot untuk menulis dokumen secara terpisah kemudian menggabungkannya secara manual.

Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya agar Google Docs dapat diakses semua orang sehingga nantinya bisa mengedit bersama, coba ikuti tutorial dibawah ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Docs Menjadi PDF

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang

Cara ini dapat dilakukan di Google Docs baik itu di browser pada komputer ataupun melalui aplikasi resminya pada ponsel Android ataupun iPhone.

Namun dalam tutorial kali ini saya akan mencontohkannya menggunakan komputer.

Pertama, buka browser lalu kunjungi situs docs.googole.com. Login menggunakan akun Google milik Sobat Androbuntu.

Advertisements

Jika sudah, buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada. Dalam contoh kali ini saya akan membuat dokumen baru, jadi saya akan klik tombol Blank.

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang by Androbuntu 1

Langkah berikutnya yang harus kita lakukan setelah membuat dokumen baru ialah memberi nama dokumen tersebut agar nantinya mudah untuk kita cari dikemudian hari.

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang by Androbuntu 2

Kemudian isi dokumen tersebut dengan apapun yang ingin kamu masukkan. Entah itu laporan keungan, artikel, atau yang lainnya.

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang by Androbuntu 3

Berikutnya kita masuk pada bagian terpenting dalam tutorial ini, yaitu agar dokumen ini dapat diedit oleh siapa saja yang memiliki link atau tautan ke dokumen cara.

Caranya, klik tombol Share > Change to anyone with the link.

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang by Androbuntu 4

Pada bagian Anyone on the internet with this ubah menjadi Editor, itu artinya kita mengizinkan siapa saja yang memiliki tautan ke dokumen ini untuk mengeditnya. Jika sudah diganti, berikutnya kita salin tautan dari dokumen ini dengan caara klik Copy link.

Cara Agar Google Docs dapat Diakses Semua Orang by Androbuntu 5

Sekarang bagikan tautan Google Docs tersebut ke orang-orang yang ingin Sobat Androbuntu undang untuk mengedit dokumen tersebut. Entah itu reken kerja, teman satu kelompok di sekolah, dosen pembimbing kamu di kampus, atau mungkin pacar kamu.

Advertisements

Satu hal yang perlu diingat adalah kita sudah mengedit agar semua orang yang memiliki tautan ke dokumen ini dapat mengedit nya.

Itu artinya, orang yang memiliki tautan ke dokumen tersebut dapat menambahkan kalimat, menghapus isi dokumen, atau bahkan mengubah izinnya agar dokumen tersebut tidak dapat dilihat oleh siapapun kecuali dirinya.

Jadi pastikan kamu memberikan tautan dokumen tersebut kepada orang-orang yang memang kamu inginkan. Jangan sampai tautan dokumen tersebut jatuh ke orang asing, karena bisa saja nanti dia iseng menghapus dokumen kamu.

Kamu dapat menggunakan aplikasi apa saja untuk membagikan tautan dokumen tersebut, misalnya WhatsApp, Telegram, hingga email.

Gamer paruh waktu.