10 HP Google Pixel Terbaik Serta Spesifikasi dan Harganya

Beberapa tahun belakangan ini, Google juga ikut meramaikan pasar ponsel dengan membuat perangkat mereka sendiri secara langsung melalui seri ponsel Pixel.

Google Pixel bahkan menjadi benchmark yang sering digunakan untuk membandingkan antara ponsel Android dengan iPhone.

Kelebihan Google Pixel dibandingkan dengan ponsel lainnya adalah, dalam setiap peluncurannya, perangkat ini akan membawa Android versi terbaru yang belum dirilis di perangkat lain.

Tidak hanya itu saja, dukungan update sistem operasi yang didapatkan juga relatif panjang jika dibandingkan dengan ponsel Android buatan pabrik lain.

Nah, untuk sobat Androbuntu yang ingin membeli Google Pixel namun masih bingung ingin membeli yang mana, bisa membaca rekomendasi kami dibawah ini.

Baca juga: Rekomendasi 10 HP Gaming Terbaik

1. Pixel 6 dan 6 Pro

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 1

Pixel 6 dan 6 Pro dirilis pada 28 Oktober 2021. Kedua ponsel ini ditenagai oleh Tensor, chip mobile custom pertama buatan Google.

Menurut Google, Tensor merupakan chip mobile yang aman, pintar, dan juga kencang.

Advertisements

Dua ponsel ini mneggunakan desain baru, salah satu yang paling mencolok adalah camera bar yang ada dibagian belakang ponsel.

Pada Pixel 6 Pro, di dalam camera bar tersebut terdapat tiga kamera utama dengan resolusi 50MP, 48MP, dan 12MP.

Sedangkan kamera selfie-nya mengusung resoslusi 11.1 MP dengan fitur panorama dan Auto-HDR.

Untuk varian Pixel 6 hanya membawa 2 kamera utama dengan resolusi 50MP dan 12MP, sedangkan kamera selfie-nya beresolusi 8MP.

Kedua ponsel ini juga mengusung layar yang berbeda. Pixel 6 menggunakan layar berukuran 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Sedangkan varian Pro menggunakan layar yang lebih lebar, yaitu 6.7 inci dengan resolusi 1440 x 3120 piksel.

Pixel 6 dibekali dengan RAM 8GB dan baterai sebesar 4614mAh, sedangkan 6 Pro dibekali dengan RAM 12GB serta beterai 5003mAh.

Advertisements

Pixel 6 tersedia dalam 2 varian penyimpanan, yaitu 126GB dan 256GB. Sedangkan 6 Pro tersedia dalam 3 varian penyimpanan yaitu 128GB, 256GB dan 512GB.

Menariknya, kedua ponsel ini menggunakan GPU yang sama, yaitu Mali-G78 MP20.

Sama seperti pada setiap peluncuran ponsel Google lainnya, Pixel 6 dan 6 Pro juga menggunakan Android versi terbaru, yaitu Android 12.

Di beberapa marketplace Indonesia, dua ponsel ini dijual dengan harga mulai dari 10 jutaan hingga 13 jutaan.

2. Pixel 5a 5G

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 2

Rekomendasi Google Pixel berikutnya merupakan seri 5a 5G yang dirilis pada 26 Agustus 2021. Ini merupakan varian yang berbeda dari Pixel 5 yang dirilis pada tahun sebelumnya.

Pixel 5a 5G mengusung layar 6.34 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel, dua kamera utama 12.2MP dan 16MP, serta kamera selfie 8MP.

Untuk mendukung multi-tasking, Google membekali ponsel ini dengan RAM 6GB. Performanya disokong oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765G 5G.

Advertisements

Uniknya, ponsel ini dibekali dengan baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, yaitu sebesar 4680mAh.

Ponsel ini dapat menggunakan Nano-SIM dan/atau eSIM. Sudah ada sertifikasi IP67 yang artinya Pixel 5a 5G tahan debu dan juga air dengan kedalaman 1M selama 30 menit.

Pixel 5a 5G hanya hadir dalam satu varian yaitu penyimpanan internal 128GB dan RAM sebesar 6GB. Tidak ada slot SD Card, namun ponsel ini masih membawa lubang jack 3.5mm.

Dengan begitu kamu masih di dapat menggunakan headphone favorit kamu bersama dengan ponsel ini untuk mendengarkan lagu, podcast, atau konten audio lainnya.

Harga Pixel 5a 5G masih terbilang tinggi. Berdasarkan pemantauan Tim Androbuntu, di beberapa marketplace ponsel ini dijual pada rentang harga Rp 8 jutaan hingga 10 jutaan.

3. Pixel 5

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 3

Berbeda dengan seri 5a 5G, Pixel 5 merupakan seri Pixel yang sudah dirilis lebih dahulu pada 15 Oktober 2020. Ponsel ini membawa layar yang lebih ringkas dibandingkan sebagian besar ponsel flagship di tahun tersebut, yaitu 6 inci.

Sebagian besar ponsel pada tahun 2020 membawa layar dengan lebar 6.5 inci. Ini menjadikan Google Pixel 5 sebagai ponsel berukuran cukup kecil namun dengan performa tinggi.

Advertisements

Dapur pacu Pixel 5 ditenagai oleh chipset Qualcomm SM7250 Snapdragon 765G 5G yang dipadukan dengan GPU Adreno 620. Hadir dengan 1 varian, yaitu penyimpanan internal 128GB dan RAM 8GB.

Lalu bagaimana dengan kameranya? Pixel 5 membawa setup dual camera dengan resolusi 12.2MP dan 16MP. Di bagian depan ada kamera 8MP yang dapat kamu gunakan untuk selfie atau melakukan panaggilan video.

Baterai berkapasitas 4080mAh-nya membuat kamu dapat menggunakan ponsel ini seharian penuh. Bahkan sudah ada fitur USD Power Delivery 2.0 yang memungkinkan Pixel 5 digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

Ada dua varian warna yang dapat kamu pilih, yaitu Just Black dan Sorta Sage. Kamu bisa mendapatkan Pixel 5 dengan harga mulai dari 8 jutaan.

4. Pixel 4a

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 4

Google Pixel 4a sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari ponsel dengan spesifikasi tinggi namun dengan layar dibawah 6 inci. Ya, ponsel ini memiliki layar berukuran dibawah 6 inci, lebih tepatnya 5.81 inci.

Dipersenjatai dengan chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G serta GPU Adreno 618, Pixel 4a masih sangat layak untuk dibeli di tahun ini. Apalagi mengingat ini merupakan ponsel buatan Google, maka akan mendapatkan update Android hingga beberapa versi kedepan.

Google Pixel seri ini juga hanya tersedia dalam satu varian penyimpanan internal, yaitu 128GB dengan RAM 8GB. Pixel 5 hanya dibekali dengan satu kamera utama dengan resolussi 12.2MP dan kamera selfie 8MP.

Advertisements

Kapasitas baterainya sebesar 3140mAh yang sudah didukung dengan teknologi fast charging 18W. Tersedia dalam dua varian warna yaitu Just Black dan Barely Blue.

Sensor sidik jari pada ponsel ini tertanam di layar, sehingga memudahkan kamu dalam membuka layar setiap kali ingin menggunakannya.

Bobot ponsel ini cukup ringan, hanya 143 g. Sehingga kamu dapat menggenggamnya dalam waktu lama tanpa takut kelelahan.

Pixel 4a merupakan salah satu seri Pixel yang dapat Sobat Androbuntu miliki dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 6 jutaan.

5. Pixel 4 XL

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 5

Jika kamu menginginkan ponsel Google Pixel dengan ukuran layar yang lebih besar, maka mungkin Pixel 4 XL mungkin bisa menjadi pilihan. Pasalnya, Pixel 4 XL menggunakan layar berukuran 6.3 inci, sesuai dengan namanya “XL”.

Layar tersebut memiliki resolusi 1440 x 3040 piksel dan sudah dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 5. Layar ini juga sudah dilengkapi dengan fitur always-on display.

Pixel 4 XL tersedia dalam dua varian penyimpanan internal, yaitu 64GB+6GB RAM dan 128GB+6GB. Penyimpanan internal yang digunakan merupakan UFS 2.1.

Advertisements

Tidak ada slot kartu SD, sehingga jika kamu ingin menyimpan data dalam jumlah besar, maka kami menyarankan untuk membeli varian tertinggi.

Ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan lubang jack audio, sehingga kamu harus membeli headphone bluetooth jika ingin mendengarkan musik di jalan, bus atau tempat umum lainnya.

Untuk mendukung performanya, Pixel 4 XL menggunakan chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 dan GPU Adreno 640. Perpaduan tersebut membuat ponsel ini masih sangat layak untuk digunakan dalam beberapa tahun ke depan.

Saat ini cukup sulit untuk mendapatkan Pixel 4 XL dalam kondisi baru. Namun di beberapa marketplace di Indonesia masih ada yang menjualnya dalam kondisi baru dengan kisaran harga Rp 4 jutaan.

6. Pixel 4

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 6

Dirilis pada 22 Oktober 2019, Google Pixel 4 juga menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin menggunakan Piksel di tahun ini dengan harga terjangkau.

Pixel 4 membawa layar 5.7 inci dengan resolusi 1080 x 2280 piksel berdimensi 147.1 x 68.8 x 8.2 mm. Tipe layar yang digunakan adah P-OLED 90Hz.

Perangkat ini menggunakan sistem operasi bawaan Android 10 yang dapat di upgrade ke Android versi terbaru. Pixel 4 juga akan mendapatkan upgrade untuk jangka waktu yang panjang (sama seperti perangkat Pixel lainnya).

Advertisements

Ada dua varian penyimpanan yang ditawarkan oleh Google pada Pixel kali ini, yaitu 64GB dan 128GB. Keduanya mengusung RAM 6GB.

Ada dua kamera utama yang terpasang pada perangkat ini dengan resolsusi 12.2MP dan 16MP. Kamu dapat merekam video 4K menggunakan dua kamera tersebut.

Sedangkan kamera depannya beresolusi 8MP. Selain dapat digunakan untuk selfie, kamera tersebut juga dapat digunakan sebagai sensor biometric.

Satu-satunya kelemahan ponsel ini mungkin adalah kapasitas baterainya yang “hanya” 2800mAh. Kamu mungkin butuh powerbank sebagai sumber daya cadangan jika bepergian membawa ponsel ini.

7. Pixel 3a XL

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 7

Pixel 3a XL dirilis 3 tahun lalu, tepatnya 15 Mei 2019 namun masih sangat layak untuk digunakan saat ini. Mengingat Pixel merupakan ponsel flagsship, sehingga komponen yang dibawanya tetap dapat menjalankan Android versi terbaru hingga 5 tahun kedepan setelah waktu perilisannya.

Menggunakan chipset Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 serta GPU Adreno 615, performa Pixel 3a XL masih sangat bisa diandalkan. Bahkan untuk bermain beberapa game berat pun perangkat ini masih sanggup.

Ponsel ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar, yaitu 3700mAh. Jadi kamu dapat bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Advertisements

Atau jika kamu ingin membawanya bepergian ke luar rumah, kamu tidak perlu takut baterainya cepat habis.

Secara keseluruhan, Pixel 3a XL memiliki perpaduan yang tepat antara mesin handal dengan baterai besar. Sehingga kita dapat menggunakannya dalam waktu lama.

8. Pixel 3a

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 8

Ponsel ini dirilis dalam waktu yang sama seperti Pixel 3a XL, yaitu 15 Mei 2019. Spesifikasi yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh, salah satu perbedaan utama terletak pada layarnya.

Pixel 3a mengusung layar yang lebih kecil, yaitu 5.6 inci beresolusi 1080 x 2220 piksel. Ini membuat bobotnya lebih ringan, hanya 147 gram.

Sedangkan tipe layar yang digunakan adalah OLED dengan perlindungan Asahi Dragontrail Glass. Secara default menggunakan Android 9.0 (Pie), namun dapat di upgrade ke Android versi terbaru.

Hanya tersedia satu varian, yaitu 64GB penyimpanan internal dan 4GB RAM. Tipe penyimpanan yang digunakan adalah eMMC 5.1.

Pixel 3a masih menggunakan setup single camera beresolusi 12.2MP dengan Dual-LED flash. Sedangkan kamera depan beresolusi 8MP.

Advertisements

Bagian mesin sama persis dengan Piksel 3a XL, yaitu menggunakan chipset Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 dan GPU Adreno 615.

9. Pixel 3 XL

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 9

Jangan tertukar dengan Pixel 3a XL. Pixel 3 XL merupakan Pixel yang dirilis paada 18 Oktober 2018, lebih dulu dibandingkan Pixel 3a XL.

Artinya, secara spesifikasi Pixel 3 XL membawa mesin yang lebih “usang” dibandingkan Pixel 3a XL. Namun jika hanya untuk pemakaian ringan, saya rasa Pixel 3 XL masih sangat layak untuk sebagian besar orang.

Perangkat ini menggunakan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 sebagai dapur pacunya dan dipadukan dengan GPU Adreno 630.

Ada dua varian penyimpanan internal yang dapat dipilih, yaitu 64GB dan 128GB. Keduanya sama-sama menggunakan RAM sebesar 4GB.

Ada satu kamera utama dengan resolusi 12.2MP serta kamera selfie 8MP. Ponsel ini sudah menggunakan USB Type-C 3.1.

Yang tidak kalah keren, walaupun dirilis pada 2018, namun Pixel 3 XL sudah menggunakan sensor fingerprint yang tertanam di layar.

Advertisements

10. Pixel 3

Rekomendasi Google Pixel by Androbuntu 10

Ini adalah Google Pixel dengan ukuran layar paling kecil dalam daftar ini, yaitu 5.5 inci. Dirilis pada 18 Oktober 2018, layar perangkat ini memiliki dimensi 145.6 x 68.2 x 7.9 mm.

Material yang digunakan untuk frame ponsel ini adalah aluminium, sehingga tidak terkesan murahan. Bagian luar layarnya juga sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Dapur pacunya mengandalkan perpaduan chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630. Tersedia penyimpanan internal 64GB dan 12GB, masing-masing dengan RAM 4GB.

Dari sissi kamera, dibagian belakang ponsel ini menggunakan single kamera 12.2MP dan kamera depan 8MP.

Berdasarkan pengujian yang dilaukan oleh GSMArena, Pixel 3 memiliki nilai AnTuTu sebesar 285044.

Pemikir, cowok rumahan.